×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal apa itu desibel dan 9 macam suara yang mengganggu telingamu

View Image

0

BRILIO » Life

Mengenal apa itu desibel dan 9 macam suara yang mengganggu telingamu

Kamu pasti sering menemukan tulisan desibel (dB) di kardus earphone atau headphone yang kamu beli.

06 / 05 / 2015

Brilio.net - Sebagai indera pendengaran, telinga harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah menghindari sumber suara yang membuat telinga kamu rusak atau menganggu konsentrasi kamu.

Nah, kamu harus paham kalau ternyata banyak sumber suara yang bisa menganggu pendengaran mulai dari level rendah hingga tinggi. Apa aja emangnya?

Pada dasarnya, setiap suara yang kamu dengar pasti punya frekuensi masing-masing. Biasanya satuan ukuran untuk mengukur kerasnya suara atau satuan ukuran untuk mengukur ketajaman pendengaran disebut desibel (dB). Kamu pasti sering menemukan tulisan ini di kardus earphone atau headphone yang kamu beli.

Berikut adalah 9 suara yang bisa menganggu pendengaran, dikutip brilio.net dari Deutsche Welle, Rabu (6/5):

1. Bisikan

Loading...

Meskipun suara bisikan ini berkekuatan antara 30 hingga 40 dB, tetapi cukup menganggu. Bahkan kamu bisa terbangun dari tidur kamu gara-gara bisikan. Meskipun levelnya tidak bahaya, tapi bisikan bisa menganggu kualitas tidur kamu.

2. Keributan di kantor

Jika kamu sudah bekerja di sebuah kantor, keributan tidak bisa dihindarkan. Biasanya fenomena ini berasal dari percakapan antar karyawan. Meskipun hanya sebuah percakapan, tapi keributan ini bisa mencapai 60 dB. Akibatnya kamu susah untuk berkonsetrasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

3. Lalu lintas kendaraan

Jalanan yang terlalu ramai sangat tidak bagus untuk kendaraan. Bahkan suara yang dihasilkan dari kendaraan yang sedang melintas bisa mencapai 80 dB. Bahkan bisingnya kendaraan ini bisa menyebabkan kamu terkena penyakit jantung.

5. Peralatan kontraktor pembangunan

Jika kamu berada di dekat rumah atau gedung, kamu bisa mendengarkan deru mesin kontraktor yang sangat menganggu. Suara dari alat tukang bangunan bisa mencapai 100 dB. Risiko dari suara tersebut bisa mengakibatkan kamu kehilangan kemampuan pendengaran.

6. Vuvuzelas

Jika kamu suka dengan bola, pasti kamu ingat dengan alat ini. Terompet ini sempat menjadi ikon piala dunia di tahun 2010. Suara yang dihasilkan oleh terompet asal Afrika Selatan ini mampu mencapai 120 dB.

7. Desing pesawat

Suara dari pewasat bisa merusak pendengaran. Bahkan meskipun kamu berada dalam jarak 40 meter dari pesawat, suara ini bisa mencapai 140 dB.

8. Suara tembakan

Suara ini bisa jadi sangat menyakitkan karena kekuatannya mencapai 160 dB. Jadi, jika kamu sering bermain dengan senjata ini sebaiknya kamu menggunkan pelindung untuk telingamu.

9. Gesekan kapur di papan tulis

Dulu, ketika papan tulis masih berwarna hitam kamu pasti juga sering mendengar gesakan kapur di papan tulis. Hal ini sangat menganggu dan bikin risih kan? Bahkan suaranya bisa membuat telinga kamu berbunyi 'nging'. Bahkan suara gesekan ini bisa mencapai 5.000 Hertz.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    17%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    17%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more