Brilio.net - Kamu pasti tak asing lagi dengan buah ceri ya, guys. Atau kamu suka banget makan buah satu ini?

Usut punya usut, ceri bisa mengandung 77 kalori untuk ukuran satu cangkir, lho! Terus, apa ya, khasiatnya?

Dikutip brilio.net dari POPSUGAR, Senin (10/8), berikut penjelasannya.

- Mengurangi peradangan
Sebuah studi University of Vermont (Amerika Serikat) yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi ceri mengurangi beberapa biomarker yang terkait penyakit inflamasi (peradangan) kronis. Secara khusus, jus ceri dapat mengurangi peradangan sendi untuk orang yang menderita arthritis dan asam urat.

- Sumber vitamin C dan serat
Sebanyak satu cangkir ceri mengandung 25% vitamin C harian dan lebih dari dua gram serat, lho.

- Meningkatkan fungsi otak
Ceri dapat meningkatkan fungsi otak jangka panjang. Tak hanya itu, ceri juga bisa mengurangi gejala penyakit Alzheimer dan Huntington menurut penelitian.

- Mencegah kerusakan otot
Ceri mengurangi nyeri otot setelah olahraga, dan mencegah kerusakan otot yang lebih besar dalam jangka panjang. Sebab ceri mengandung anthocyanin, antioksidan kuat yang mengandung sifat anti-inflamasi dan menenangkan sakit otot.

- Melawan penyakit kardiovaskular
Anthocyanin yang memberikan ceri warna delima, juga dapat memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Peneliti dari University of Michigan Health menemukan bahwa ceri dapat mengubah faktor terkait dengan penyakit jantung dan diabetes.

- Membuatmu lebih mudah tidur
Ceri merupakan sumber alami melatonin, yaitu hormon yang membantu mengontrol tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa jus ceri memang bisa membantu orang insomnia untuk lebih mudah tidur.

Bagaimana, guys, siap mencobanya?