Brilio.net - Sebagai varian dari jus, alpukat masih menjadi buah favorit. Teksturnya yang lembut, bikin lidah ketagihan. Selain mengandung lemak bagus, ternyata alpukat mampu memerangi leukimia sebagaimana dikutip brilio.net dari jurnal Cancer Research, Kamis (18/6).

Studi tersebut mengonfirmasi bahwa molekul yang terkandung pada buah alpukat mampu melawan sel kanker leukemia, khususnya Acute Myelogenous Leukemia (AML). Kandungan lipid (senyawa) pada alpukat mampu melawan sel induk tanpa merusak sel yang sehat.

AML merupakan kanker darah yang ada hubungannya dengan sumsum tulang. Hal ini terjadi karena sel berkembang di dalam sumsum tulang yang rusak. Akibatnya, produksi sel darah tidak merata. Istilah acute atau akut dalam penyakit ini didasarkan bahwa kanker ini mempengaruhi sel darah yang belum matang dan berkembang dengan cepat.

AML merupakan jenis leukemia yang ekstrim. Kanker ini bisa menyebabkan kematian hingga 90% pada orang yang berumur lebih dari 65 tahun.

Studi ini dilakukan oleh 20 ahli dari universitas di Kanada dan Italia. Uniknya lagi, para ahli juga tidak berasal dari latar belakang yang sama. Mulai dari ilmu pertanian dan lingkungan, kedokteran, kinesiologi, kimia, dan ada juga dari berasal dari pusat studi kanker.

Tujuan dari riset ini adalah untuk menciptakan obat dari kandungan alpukat itu sendiri untuk leukemia. Meskipun begitu, obat dari ekstrak alpukat ini masih memerlukan perkembangan bertahun-tahun untuk diedarkan ke pasaran. Hingga saat ini tahapan yang sudah disiapkan adalah uji klinis tahap 1.

BACA JUGA:

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Nama 6 menu ini boleh saja seram tapi kelezatannya bikin ketagihan