Brilio.net - Tentunya kamu pernah mencoba tindakan mengangkat satu kaki selama beberapa detik. Ketika olahraga, benar?

Nah, penelitian terbaru yang tertulis dalam jurnal Stroke menyebutkan bahwa ada keterkaitan antara kemampuan kamu bertahan berdiri dengan satu kaki selama 20 detik (atau lebih) dengan kesehatan otakmu.

Seperti dikutip brilio.net dari laman Prevention, Minggu (21/6), para peneliti di Center for Genomic Medicine di Kyoto University, Jepang, meminta sekitar 1.400 orang (rata-rata berusia 67 tahun) untuk berdiri dengan satu kaki dingakat dan mata mereka terbuka sampai 60 detik lamanya. Semua orang mencobanya dua kali, yang merupakan waktu terbaik yang digunakan untuk menganalisa. Kemudian, dengan menggunakan MRI, para peneliti memindai otak semua partisipan.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang berjuang untuk menyeimbangkan tubuh selama 20 detik memiliki penyakit pembuluh kecil otak (small-vessel disease/ SVD), walaupun mereka tidak menunjukkan gejala klasik atau pada umumnya. SVD sendiri berhubungan dengan stroke, demensia, dan bahkan Parkinson. Selain itu, orang-orang dengan waktu keseimbangan terpendek umumnya memiliki skor kinerja mental terendah.

Lantas bagaimana penjelasan medis hubungan berdiri dengan satu kaki dengan kesehatan otak?

"Keseimbangan dicapai dan dikelola oleh tiga sirkuit sensorik utama (di otak). Seperti penglihatan, proprioception (rasa posisi tubuh), dan sistem vestibular seperti telinga dalam dan lain-lain," jelas Jose Biller, ketua neurologi di Loyola Medicine di Maywood, IL.

Secara sederhana, otak sebagai sistem saraf pusat, memang pengendali keseimbangan tubuh. Jadi, hilangnya koordinasi motorik, seperti ketidakmampuan untuk menyeimbangkan diri lebih lama saat berdiri dengan satu kaki, bisa menjadi pertanda ada masalah dengan otak.

Nah, mungkin kamu bisa mengetes diri sendiri, guys. Kalau ternyata kamu hanya bisa bertahan kurang dari 20 detik berdiri dengan satu kaki, kemungkinan ada masalah dengan otak dan kemampuan kognitifmu. Ada baiknya segera periksa ke dokter. Selalu jaga kesehatan ya, guys.

BACA JUGA:

VIDEO: Einstein menari hebohkan pengguna Facebook

Penjelasan ilmiah soal kecerdasan maksimal seseorang berdasarkan umur

Bukti kecerdasan otak, bisa bedakan mana ketawa asli apa palsu

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Hikmah si kakek tua buat gadis cerdas ber-IPK 3,7

Ladies, pria ingin pasangan hidup yang cerdas, bukan ukuran fisik saja

7 Hal menyedihkan yang hanya bisa dirasakan orang-orang cerdas