Brilio.net - Kata orang sih lebaran itu waktunya maaf-maafan. Entah itu sama orangtua, kakak, adik, teman-teman, atau kalau punya nyali sih minta maaf juga dong sama mantan. Berani?

Ah, terlepas dari tradisi saling maaf-maafan yang turun temurun dari lebaran zaman baheula, sebenarnya ada satu hal yang bisa bikin lebaran jadi kurang kerasa maknanya pas ditanya, "Kapan kawin?".

Tuh kan, bener kan? Kan? Kan? Kan? Pertanyaan (penting-penting) nggak penting kayak gini memang suka bikin syahdunya lebaran jadi hilang tiba-tiba kayak mantan dan kenangannya. Suka bikin nyesek, apalagi kalau datangnya sama keluarga doang, nggak ada gandengannya. Kegantengan atau kecantikan bisa-bisa turun 99,9 persen ke level paling bawah. Ih, bete!

Eciyeh yang galau, hahaha! Jangan bete lama-lama dong. Nih, 15 jawaban sakti yang bisa kamu gunakan kalau ditanya "Kapan kawin?" saat lebaran, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber:

1. Cuma Tuhan yang tahu

Loading...

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Entahlah, cuman Tuhan yang tahu... *sambil senyum tipis* *ngeloyor pergi*

Alasan: Biar kelihatan religius, kamu bisa jawab pakai jawaban ini, guys!

2. Mantu idaman tak perlu buru-buru menikah

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Nanti dulu deh, aku mau kerja keras dulu. Nanti aja mikirin kawinnya kalau udah punya rumah sendiri, mobil sendiri, perabotan sendiri, tabungan sendiri, motor sendiri, tempat tidur sendiri, televisi sendiri, ...., *lanjutin sampai kiamat*

Alasan: Kalau jawab kayak gini, orang bakal mikir kamu tipe orang yang well prepared, orang-orang berprospek besar. Calon mantu idaman banget kan?

3. Pertanyaan norak tak perlu ditanggapi

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Aaah tante, basa basinya nggak ganti-ganti nih tiap tahunnya. Norak deh! *kemudian ngeloyor*

Alasan: Nggak ada alesan sih, mungkin nanti si tante cuma bakalan diam bengong, takjub sama pertanyaan kamu! Kalau udah gini, mending kamu buru-buru kabur aja, keburu si tante sadar.

4. Sok idealis soal tipikal pasangan

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Duh gimana ya, belum ada yang beruntung dapetin hati aku nih!

Alasan: Jawaban kayak gini nunjukin sikap kamu banget, guys. Artinya kamu punya pride, kamu nggak sembarang menjatuhkan pilihan soal hati. Karena menurutmu lebih baik jomblo seumur hidup ketimbang udah kawin tapi cerai. *engg..* *nggak gitu juga sih* *kemudian salto*

5. Skakmat dari jomblo ke jomblo lainnya

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Udah deh, nggak usah nanya gue kapan kawin. Ntar kalau tiba-tiba ada undangan aja, lo bingung mau datang kondangan sama siapa?

Alasan: Ini jawaban bakalan skakmat siapapun yang nanya "Kapan kawin?" pas hari lebaran. Serius!

6. Merasa artis dan tak perlu buru-buru menikah

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Kalau udah mau nikah juga nanti teman-teman wartawan semua bakal dikasih tahu juga kok! *pasang senyum paling manis*

Alasan: Jawaban ini cuma bisa dipakai kalau kamu adalah seorang artis. Kalau bukan, ya itu artinya becandaan kamu telat 10 tahun. *ketahuan udah tua* *jones detected*

7. Tak usah dijawab pakai mulut, jawab aja lewat gestur tubuh kamu

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Siapa barusan bilang kawin??? Hahh? SIAPA??? *sambil ngacung-ngacungin garpu dan sendok*

Alasan: Nggak pakai alasan-alasan, yang kepo pasti bakalan kapok nanya-nanya ketimbang pulang nggak slamet.

8. Jawaban dahsyat khusus ke lawan jenis

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Nanti kalau aku buru-buru kawin kamu patah hati lagi.. *sambil pasang muka pede*

Alasan: Ini jawaban paling dahsyat apalagi kalau yang nanya lawan jenis. Catet ya, kalau yang nanya langsung gelagapan, itu artinya dia ... *isi sendiri aja deh! Nggak janji soalnya*

9. Selalu lontarkan jawaban seenaknya

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Masih lama lah, orang baru juga libur semesteran.

Alasan: Ini jawaban pasti bakal bikin orang males nanya-nanya lagi. Apalagi kalau tiap pertanyaan dijawab dengan jawaban yang sama. Ah, ini sih budek namanya!

10. Basa-basi mujarab buat yang masih jomblo juga

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Ah, aku mah apa atuh. Kakak duluan kawin aja dulu.

Alasan: Buat basa basi doang sih. Tapi inget, jawaban ini cuma boleh kamu tanyakan pada orang yang belum kawin. Kalau udah kawin, mending di skip aja jawaban ini. Kalau ngeyel, tetap jawab ini dan ketahuan istrinya, siap-siap masuk kuah opor deh!

11. Siapkan jawaban yang bikin orang lain prihatin sama kamu

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Pacar aja belum ada, ini udah ditanya kapan kawin. *kemudian nangis tersedu-sedu*

Alasan: Ini sih jujur banget ya? Tapi bagus juga lho, jawaban ini kalau ditambah akting meraung-raung di lantai. Orang jadi berhenti nanya-nanya lagi dan sibuk bikin kamu diem lagi.

12. Jawaban yang sering terjadi di kota-kota besar

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Kalau kamu kapan?

T: Hahaha, aku kan udah nikah lama?

J: Etapi, kok mukamu kayak nggak bahagia gitu sih?

T: *kemudian berhenti ketawa* *ada hening yang panjang*

Alasan: Nggak pakai alasan panjang, intinya biar berhenti kepo aja sih.

13. Mengalihkan perhatian si penanya dengan berbagai cara yang kamu bisa

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: Ih, kok nanyanya itu mulu sih. Mending kita... (alihkan perhatian)

Alasan: Ini kalau kamu udah mulai nggak nyaman ditanyain melulu pertanyaan kapan kawin. Apalagi kalau kamu alihkan perhatian yang menarik hati si tukang kepo itu. Nah, biar tahu dia sukanya apaan, kamu bisa coba observasi dulu selama tiga hari.

14. Galak dan bikin si penanya ciut tapi mau membantu kamu

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: KALAU BISA GUE JUGA MAU SEKARANG!! BRENGSEK!!

Alasan: Nah, jawaban ini bisa kam gunakan kalau kamu benar-benar udah siap untuk menikah tapi pasangan yang kamu tunggu-tunggu belum ada. Dengan begitu, si tukang kepo bakalan merasa bersalah dan berusaha untuk membantu mencarikan jodoh buat kamu.

15. Cara terakhir: Ajak berantem aja!

T: Hey Jones, kapan kawin?

J: NGAPAIN SIH LO NANYA BEGITUAN??? AARGGHHH..!! (kemudian tendang)

Alasan: Ini mah nggak pakai alasan-alasan lagi deh! Haayyooo.., masih ada yang berani nanya "kapan kawin?"?

HOT NEWS:

Cek STNK-mu, ada biaya SWDKLLJ, ini penjelasannya

Penampakan unik 14 benda yang dibelah menjadi dua

12 Foto perjalanan ke sekolah yang berbahaya dan memprihatinkan

10 Foto kocak ini diambil dengan angle yang pas, bikin ngakak!

15 Foto penyajian makanan yang unik, bikin sayang buat dimakan!

Sosok ibu RCTI Oke tahun 90-an kini jualan kue dan gorengan

Ada-ada saja, ini 15 foto kelakuan orang di ATM

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa