Brilio.net - Kamu yang baru hari pertama masuk di kantor baru, pasti pernah merasa canggung. Banyak hal yang kamu pikirkan di kepala akibat kekhawatiran bisa atau tidak beradaptasi dengan pekerjaan dan menghadapi tugas-tugasmu nanti.

Kira-kira apa saja sih yang kamu pusingkan saat pertama kali masuk di dalam pekerjaan baru? Dilansir brilio.net dari laman Cosmopolitan Philippines, Rabu (26/8), berikut 11 pertanyaan yang sering kali kamu lontarkan dalam hati kala canggung masuk kantor hari pertama:

1. Ah, kenapa aku pakai baju ini ya?

Ya, kamu pasti ingin menampilkan diri sebaik mungkin, terkesan dewasa dan profesional, namun sayangnya tanpa sadar kamu bisa memilih pakaian yang justru nggak banget.

2. Kenapa mereka ngelihatin aku?

Loading...

Karena kamu orang baru di tengah orang-orang yang sudah berkumpul lama, maka kamu terasa asing. Lebih-lebih merasa semua orang memperhatikan kamu.

3. Mas IT, bisa bantu aku?

Hari pertama masuk sudah kena masalah teknis komputer ngadat. Nah, lho, bikin kamu berurusan dengan orang IT tapi kamu masih kikuk harus menghampiri.

4. Apakah yang kulakukan sudah benar?

Sekalipun kamu memiliki kapabilitas sesuai standar perusahaan, tetap saja kalau di tempat baru kamu masih merasa perlu mengenal lebih dalam semuanya, baik teknik maupun lingkungan sosialnya. Jadi, kamu masih sering bertanya-tanya apakah semua yang kamu lakukan telah sesuai standar perusahaan.

5. Ngngng, tadi siapa ya namanya?

Namanya masuk lingkungan baru, 'mewajibkan' kamu kenal sama semua orang. Tapi tentu saja, dalam sehari kamu tak bisa menghapal seluruh pegawai yang ada. Makanya, lupa-lupa ingat dengan nama teman baru di kantor.

6. Toilet di mana sih?

Masa orientasi kantor memang perlu ya, termasuk tata letak setiap ruangan di kantor. Hari pertama akan sering kamu isi dengan bertanya letak-letak ruangan, salah satunya toilet.

7. Apakah aku bakal makan siang sendirian? Dan di mana?

Karena masih baru, makanya kamu belum punya teman dekat di kantor. Akibatnya, kamu merasa tak nyaman dan khawatir tentang hal sepele, termasuk makan siang sendirian dan bingung mau makan di mana.

8. Bisakah aku mendapatkan teman di sini?

Ya, pertanyaan ini pasti juga tak luput kamu lontarkan pada diri sendiri. Hakikat orang 'nyemplung' ke suatu komunitas, apa pun itu, pasti ingin dan memenuhi kebutuhan berinteraksinya. Begitu pun kamu di kantor, sama halnya kayak kamu berpikiran 'apakah aku akan mendapatkan teman' ketika di sekolah atau bangku kuliah dulu.

9. Bisakah aku langsung mengajak teman-teman bercanda?

Nah, saat bertemu orang baru, pasti kamu meraba-raba bagaimana cara berinteraksi dengan dia. Kamu berusaha mempelajari obrolan seperti apa yang pantas dan tak pantas untuk diutarakan, termasuk candaan.

10. Bisakah aku pulang sekarang?

Mengenal budaya baru, akan membuatmu banyak belajar. Tak terkecuali mengenai jam masuk dan pulang. Terkadang kamu bertanya-tanya, saat sudah ada aturan pulang kantor pukul sekian, namun nyatanya banyak kawan kantor masih betah di mejanya, kamu pun bertanya-tanya 'apakah aku sudah boleh pulang?' tapi kamu ragu hendak beranjak pergi.

11. Apakah besok aku bisa lebih baik lagi?

Setelah melewati hari pertama yang dipenuhi kecanggungan, akhirnya kamu harap-harap cemas untuk memberikan yang terbaik esok harinya. Nah, kekhawatiran timbul kembali, deh.

Bagaimana guys, apakah kamu setuju dengan poin-poin di atas? Namun apa pun yang kamu rasakan, berusahalah mengendalikan diri, misalnya dengan relaksasi sementara waktu supaya tidak tegang dan canggung. Dengan begitu, kamu akan memberikan kesan optimal mulai hari pertama. Siap? Tetap semangat di kantor barumu ya!