Brilio.net - Selain tema cinta, tema yang sering diangkat dalam sebuah film adalah keluarga dan persahabatan. Ada banyak film tentang persahabatan yang laris dan menarik untuk ditonton. Film-film dalam dan luar negeri yang mengangkat tema persahabatan nggak kalah seru lho guys. Ada banyak pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari film. Seperti 10 film tentang persahabatan berikut ini wajib kamu tonton bareng sahabatmu.

1. Laskar Pelangi (2008)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: http://www.yes24.co.id


Film yang diadaptasi dari novel Andrea Hirata yang juga merupakan kisah nyata ini memiliki nilai-nilai persahabatan yang layak ditiru. Di mana, film ini menceritakan 10 murid yang bertemu saat sama-sama menjadi murid SD Muhammadiyah, di sebuah desa terpencil di Belitung. Persahabatan mereka cukup unik dan menyentuh hati, karena sama-sama berasal dari keluarga tidak mampu. Namun mereka mendukung satu sama lain untuk mewujudkan mimpi masing-masing anak polos, asal desa ini.


2. Sang Pemimpi (2009)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: wikimedia.org

Film Sang Pemimpi merupakan lanjutan dari Film Laskar Pelangi. Sang pemimpi menceritakan kehidupan Ikal dan Arai semasa SMA hingga perjuangan mencari beasiswa kuliah. Film ini menceritakan kehidupan anak remaja khas di zamannya serta perjuangan keduanya harus tinggal merantau dan harus bekerja keras agar mendapat uang tambahan untuk biaya kuliah mereka.


3. Negeri 5 Menara (2012)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: athpoenya.files.wordpress.com


Film Negeri 5 Menara ini juga diangkat adri sebuah novel best seller karya Ahmad Fuadi. Film ini menceritakan kehidupan 6 orang sahabat yang berasal dari 6 daerah dan dipertemukan saat mereka sama-sama menimba ilmu di sebuah pesantren di Jawa Timur.  Film ini menceritakan bagaimana kehidupan mereka selama di pesantren, dan prestasi demi prestasi yang diraih 6 sekawan ini.


4. 5 Cm (2012)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: http://0.viki.io


Lagi,lagi film yang diangkat dari sebuah novel. 5 Cm adalah sebuah kisah persahabatan, cinta dan perjalanan. 5 cm menceritakan tentang persahabatan 5 orang yaitu Genta, Zafran, Arial, Ian dan Riani yang telah terjalin selama 10 tahun. Bahkan nggak pernah mereka melewatkan 1 weekend pun nggak sama-sama. 5 Cm menceritakan makna persahabatan dan arti sahabat dalam sebuah perjalanan mendaki gunung tertinggi di pulau Jawa, Gunung Semeru.


5. Laura And Marsha (2013)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: istimewa

Film ini dibintangi oleh Prisia Nasution dan Ardina Wirasti, 2 orang sahabat sejak SMA  yang melakukan perjalanan ke Eropa. Laura adalah tipe orang dengan persiapan matang sedangkan Marsha adalah tipe backpacker sejati. Persahabatan mereka pun diuji dalam perjalanan mengelilingi kota-kota di Eropa dengan berbagai konflik. Tapi, sahabat tetaplah sahabat Laura dan marsha tetap bersama sampai akhir perjalanan mereka di Venice.


6. 3 Idiots (2009)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: http://media1.santabanta.com

Film 3 Idiots berkisahkan mengenai tiga persahabatan yang bernama Farhan (R. Madavhan), Raju (Sharman Joshi) dan Rancchoddas "Rancho" Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan). Film ini mengisahkan kehidupan selama berkuliah di salah satu kampus terbaik di India. mereka bertiga berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda dengan membawa keunikan masing-masing.


7. The Boy I The Striped Pajamas (2008)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: http://media1.santabanta.com

Meskipun terhalang oleh pagar listrik, persahabatan antara Bruno, anak seorang Komandan Nazi dan Berna Shmuel, anak dari penjara Yahudi tetap berjalan baik. Bahkan, Bruno menggali lubang di bawah pagar listrik untuk mencari ayah Shmuel yang hilang. Kisah yang sangat menyentuh dengan segala perbedaanya.


8. The Cure (1995)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto : asmapakhi.files.wordpress.com


Film ini menceritakan dua sahabat bertetangga yang sama-sama kesepian. Dexter (Joseph Mazelo) seorang anak yang terinfeksi virus HIV/AIDS yang disebabkan oleh transfusi darah saat bayi dan Erik (Brad Renfro) seorang anak pendatang baru. Keduanya pun menjadi sering meluangkan waktu untuk bersama-sama menjelajah hutan dekat rumah mereka, karena keinginan Dexter untuk menciptakan ramuan obat yang bisa menyembuhkan sahabatnya.


9. The Perks of Being a Wallflower (2012)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan
foto: http://stargayzing.com


Film ini menceritakan kisah cinta dan persahabatan antara seoramg anak introvert dan tidak memiliki teman Charlie (Logan Lerman) dengan anak populer di sekolahnya Sam (Emma Watson) dengan Patrick (Ezra Muller) yang juga kakak tiri Sam. Inti dari film ini sebenarnya perjalanan Charlie untuk mengatasi masalah yang dimilikinya dibantu oleh dua orang sahabatnya ini.


10. The Intouchables (2011)

10 Film ini mengajarimu akan arti persahabatan foto: http://200movies1woman.com

Merupakan film Prancis yang di ambil dari kisah nyata. Menceritakan tentang dua orang sahabat yang terbentuk dari hubungan Philippe ( Francois Cluzet) yang menderita penyakit di mana bagian tubuhnya yang dapat merespons rasa hanya dari leher ke atas, namun kaya materi dengan  Driss (Omar Sly), imigran asal Senegal  dari strata sosial berbeda yang kemudian menjadi pengasuh sekaligus sahabat Philippe. Cerita di film The Intouchables ini penuh dengan keceriaan, kehangatan dan persahabatan yang dijunjung tinggi.