Brilio.net - Film detektif Korea menjadi salah satu film bergenre aksi dan thriller yang bisa membuat para penontonnya bergidik. Film-film tersebut menampilkan kisah-kisah yang menyeramkan terkait penculikan dan bahkan pembunuhan.

Selain itu, film detektif Korea juga tak kalah memuat teka-teki misterius atas sebuah kasus dan dibarengi dengan suasana yang amat mencekam. Berbagai teka-teki tersebut kemudian menjadi salah satu pemantik atas plot cerita.

Tidak hanya itu, latar cerita kadangkala disarikan dari kisah nyata yang pernah terjadi dan tak jarang hadir dengan apa adanya. Selain itu, film detektif Korea membuat para penontonnya ikut bersama menyusun puzzle-puzzle misteri hingga kasus-kasus di dalam film terpecahkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (28/1), berikut 11 film detektif Korea yang penuh teka-teki misterius dan mencekam.

1. Salvation (2021).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Salvation berkisah tentang Choi Seok-jae, seorang detektif yang tidak yakin dengan kasus bunuh diri seorang wanita bernama Jin-Sook. Mayat tersebut ditemukan di sebuah danau dan polisi menganggapnya sebagai kasus bunuh diri. Seok-jae tak percaya dengan kesimpulan polisi dan membuatnya untuk memutuskan menyelidiki kasus itu sendiri.

Suatu malam, dia mengalami kecelakaan mobil dan tidak sadarkan diri. Ketika terbangun, dan menemukan dirinya di aula doa yang aneh. Ia melihat orang-orang berdoa dengan sungguh-sungguh untuk keselamatan dan menemukan bahwa seorang pria bernama Ban Hyo-Jung memimpin mereka. Kebenaran mengejutkan tentang kematian Jin-sook terungkap saat Choi Seok-jae menggali lebih dalam dan mengetahui lebih banyak tentang tempat dia berada, serta ritual aneh yang diadakan oleh orang-orang yang mengunjungi aula.

2. Me and Me (2020).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Me and Me menceritakan Hyeong-goo, seorang detektif yang menyelidiki sebuah kasus kebakaran di sebuah desa. Kebakaran tersebut menimpa rumah milik pasangan suami istri Soo-hyeo dan Yi-young yang turut meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Hyeong-goo mencurigai kasus kebakaran tersebut bukan karena kecelakaan. Ia pun memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut. Suatu hari, ia terbangun di rumah tersebut dalam kondisi yang berbeda. Rumah tersebut berdiri lagi dan ia tak lagi menjadi seorang detektif. Perlahan, di dunia baru tersebut, ia tahu siapa pelaku yang membakar rumah pasangan suami istri tersebut.

3. Extreme Job (2019).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika suntuk dengan pekerjaan, barangkali Extreme Job menjadi tontonan menarik untuk mengambil jeda. Film yang mengisahkan sekelompok detektif mencoba menangkap sekelompok penjahat yang terorganisir dengan baik. Karena itu, para detektif tersebut kemudian menyamar menjadi seorang pengusaha kedai restoran ayam.

Namun, hal yang tak pernah duga adalah kedai ayam tersebut malah laris manis dan upaya menangkap penjahat menjadi tidak fokus lagi. Dipenuhi dengan dialog-dialog kocak, film ini berhasil menampilkan kekonyolan para karakternya.

4. Dark Figure of Crime (2018).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Dark Figure of Crime merupakan film yang terinspirasi oleh episode ke-869 dari Unanswered, sebuah program televisi investigasi Korea Selatan, yang menceritakan kisah nyata yang terjadi di Busan. Dalam program tersebut diceritakan bahwa pembunuhan tidak pernah dilaporkan, mayat tidak pernah ditemukan, dan investigasi tidak pernah terjadi.

Film ini mengisahkan Kim Hyung-min, seorang detektif Busan yang tidak peduli dengan promosi jabatan di kepolisian, tetapi punya dedikasi tinggi untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya. Suatu waktu, ia bertemu Kang Tae-oh, seorang informan yang ternyata membawa Hyung-min pada sebuah kasus pembunuhan korban tanpa identitas.

5. Forgotten (2017).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Forgotten berkisah tentang pria bernama Jin-suk. Ia memiliki keluarga yang bahagia bersama ayah, ibu dan kakak laki-lakinya, Yoo-suk. Jin-suk sangat mengagumi dan menyayangi kakaknya. Menurut pandangan Jin-suk, Yoo-suk adalah sosok kakak sempurna dengan kecerdasan dan bakat luar biasa.

Sampai suatu hari, Yoo-suk tiba-tiba diculik oleh sekelompok orang tak dikenal dan membuat Jin-sook khawatir. Ia pun menyewa detektif untuk kasus tersebut, tapi tak membuahkan apa pun. Sembilan belas hari kemudian, Yoo-suk kembali ke rumah, tapi ia tak mengingat apa saja peristiwa yang dialaminya. Sejak saat itu, kakak-beradik ini melakukan investigasi sendiri apa yang selama ini terjadi.

6. The Outlaws (2017).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

The Outlaws merupakan sekuel pertama dari film The Roundup yang akan tayang pada 2022 ini. Film yang dibintangi Ma Dong-seok atau Don Lee berkisah tentang sebuah peristiwa nyata yang terjadi pada 2004 dan 2007 hingga kemudian dikenal dengan Insiden Heuksapa.

Film ini mengisahkan pertarungan antara geng lokal dan seorang detektif yang sudah lama mengincar gangster tersebut. Film ini direncanakan akan segera rilis pada paruh kedua 2022 ini.

7. Phantom Detective (2016).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Phantom Detective berkisah tentang Hong Gil-Dong, seorang agen detektif ilegal yang bekerja sama dengan Presiden Hwang. Mereka berdua bekerja sama untuk menjatuhkan orang jahat yang pernah dikendalikan oleh mendiang ayah Presiden Hwang. Gil-Dong mampu melacak hampir semua orang, kecuali Kim Byeong-duk yang bisa menghindarinya selama 20 tahun.

Byeong-duk merupakan orang yang membunuh ibu Gil-Dong saat Gil-Dong sendiri masih berumur 8 tahun. Sejak saat itu, ia terus memburu Byeong-duk sampai kapan pun di tengah kesibukannya untuk melakukan misi yang diperintahkan oleh Presiden Hwang.

8. The Accidental Detective (2015).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

The Accidental Detective berkisah tentang Dae-man (Kwon Sang-Woo) dan Detektif Senior Noh (Sung Dong-Il) yang dituduh telah bersekongkol dengan pembunuh teman mereka sendiri. Hal ini kemudian membuat kedua orang ini jengkel dan melakukan investigasi sendiri.

Saat mereka menyelidiki kasus tersebut, tiba-tiba kasus pembunuhan kedua terjadi lagi. Dae-Man dan Senior Noh berusaha mengungkapkan siapa pelaku sebenarnya.

9. Man On High Heels (2014).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Man On High Heels berkisah tentang Yoon Ji-wook, seorang detektif yang mampu mengungkapkan banyak kasus pembunuhan dan dikenal sebagai orang yang tanpa tedeng aling-aling dengan para penjahat. Namun, di balik penampilannya yang keren dan macho terdapat rahasia yang harus disembunyikan dari dunia tempat dia tinggal. Ji-wook terlahir sebagai laki-laki, dan dia ingin menjalani hidupnya sebagai seorang wanita sejak masa remajanya.

Ji-wook mencoba untuk menekan keinginan batin ini, tetapi sia-sia. Ji-wook akhirnya mencapai titik di mana dia tidak bisa lagi menyembunyikan siapa dia sebenarnya, dan memutuskan untuk mengambil risiko dan mendapatkan operasi penegasan gender. Belum sempat melakukannya, krisis tak terduga muncul dan mengganggu rencananya.

10. Cold Eyes (2013).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Cold Eyes menceritakan tentang sebuah tim pengawas polisi berteknologi canggih, mencoba melumpuhkan sekelompok perampok bank yang kejam. Dalam film ini, Detektif Hwang menjadi pimpinan operasi kepolisian bersama Yoon-joo dengan kemampuan observasi dan hafalannya.

Detektif Hwang dan Yoon-joo bertugas untuk mengalahkan kelompok kriminal James. Namun, para detektif tersebut kemudian menghadapi masalah ketika para kelompok kriminal menggunakan topeng saat merampok bank. Berkat sebuah sebuah teknologi canggih, pihak kepolisian bisa melacak wajah-wajah yang terlibat dalam perampokan.

11. Children (2011).

Film detektif Korea teka-teki berbagai sumber

foto: imdb.com

Children mengisahkan lima orang anak yang pergi ke Gunung Waryong pada 26 Maret 1991 untuk menangkap katak. Namun, mereka tak pernah kembali dan dinyatakan hilang tanpa jejak. Sebelas tahun kemudian, pada 2002, tulang-tulang yang diidentifikasi sebagai anak-anak yang hilang dahulu, ditemukan di gunung yang sama.

Sejak penemuan tersebut, pihak kepolisian memutuskan untuk menyelidikinya. Pihak detektif kepolisian menyatakan bahwa pada malam anak-anak tersebut menghilang, ada seorang pemuda misterius yang juga naik ke gunung tersebut. Pemuda tersebut kemudian ditangkap dan hampir melarikan diri. Film thriller detektif ini berhasil memotret sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi di Korea Selatan.