Brilio.net - Berbicara soal keuangan, merupakan hal penting bagi individu maupun bagi kelompok, apalagi jika berkaitan dengan perusahaan. Kesalahan manajemen keuangan bisa berakibat menumpuknya utang dan ambruknya sebuah perusahaan. Nah, hal semacam itulah yang coba diangkat oleh drama Korea berikut ini.

Drama-drama Korea ini merupakan drama Korea yang hadir dengan genre romantis maupun komedi. Drama tersebut dikemas dengan beragam cerita dan alur, tetapi dengan fokus atau menyisipkan hal soal keuangan. Drama-drama Korea ini menjadi salah satu bahan edukasi penting bagi generasi yang mulai melek dengan pentingnya mengelola keuangan, mulai dari yang konvensional hingga soal saham dan pajak.

Drama-drama tersebut berlangsung seru dan membuat drama ini merupakan drama terbaik yang mengisahkan soal keuangan. Tidak hanya itu, drama ini juga mengisahkan berbagai problem yang dihadapi terkait masalah-masalah keuangan seperti korupsi dan juga penyalahgunaan jabatan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (12/1), berikut 9 Drama Korea terbaik rating tertinggi sepanjang masa soal keuangan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Tracer (2022).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Suka tentang dunia keuangan dan perpajakan? Nah, drama Korea Tracer bisa menjadi salah tontonan menarik soal dunia perpajakan yang selalu dipastikan berurusan dengan keuangan. Tracer mengisahkan kehidupan Hwang Dong-joo, kepala divisi 5 perpajakan di Layanan Pajak Nasional. Ia bekerja keras untuk melacak uang yang disembunyikan dari layanan pajak. Timnya termasuk Seo Hye-young, yang memiliki kepribadian yang cerah dan bosnya adalah Oh-young.

Sementara itu, In Tae-joon adalah direktur kantor pajak daerah, pria yang ambisius yang telah mencapai puncak kariernya melalui tindakan korup dan ilegal, sambil mempertahankan sikap sombongnya. Dong-joo dalam drama ini akan mengusut kasus-kasus internal orang perpajakan yang telah menyalahgunakan jabatannya untuk memperkaya diri. Drama Korea Tracer tayang mulai 7 Januari 2022 dapat disaksikan di jaringan TV MBC dan Wavve yang merupakan sebuah platform penyedia layanan streaming asal korea Selatan.

2. Itaewon Class (2020).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Apakah seorang narapidana punya masa depan? Nah, Itaewon Class berkisah tentang Park Sae-ro-yi yang berusaha membunuh Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Karena kasus tersebut, Sae-ro-yi kemudian dipenjara selama beberapa tahun. Sementara itu, Oh Soo-ah, pacar Sae-ro-yi ditawari beasiswa universitas oleh Jang Dae-hee hingga kemudian menjadi Kepala Perencanaan Strategis Jangga Group.

Meskipun menjadi narapidana, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan Jangga Group. Setelah beberapa tahun menjalan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang.

3. Money Game (2020).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Money Game berkisah tentang tiga orang yang bekerja di Komisi Jasa Keuangan dan Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan untuk menyelamatkan Korea Selatan dari krisis keuangan Asia pada 1997. Salah satu hal menarik dari drama ini adalah soal analisis soal keuangan marko dalam lingkup sebuah negara dan bagaimana negara tersebut bisa bebas dari wabah IMF yang menyangkut keuangan negara.

4. The World of the Married (2020).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

The World of the Married mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter kedokteran keluarga yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan. Ia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya. Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee).

Walaupun secara umum mengisahkan konflik dan perselingkuhan, drama ini juga mengisahkan bagaimana pentingnya perencanaan keuangan keluarga dan tercatat secara terbuka untuk pengeluaran-pemasukan setiap bulannya.

5. Search: WWW (2019).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Search: WWW berkisah tentang cerita tiga wanita berusia akhir tiga puluhan, Bae Ta-mi, Cha Hyeon, dan Song Ga-kyeong yang bekerja di dua perusahaan portal web kompetitif teratas: Unicon dan Barro. Mereka bertiga dikenal sebagai pekerja yang cemerlang di masing-masing perusahaan.

Namun, kecemerlangan karier tersebut melahirkan beragam intrik dan mulai mengganggu kehidupan pribadinya. Selain itu, kehidupan romantis yang bertemu satu sama lain membuat kehidupan mereka saling terhubung walaupun bekerja di dua perusahaan yang saling bersaing.

Selain mengisahkan tentang persaingan dunia bisnis, drama ini juga mengisahkan bagaimana sebuah perusahaan mengelola uang yang dimilikinya secara efektif. Hal ini penting dilakukan agar bisnis tidak salah pasar dan menyebabkan perusahaan bangkrut.

6. Pegasus Market (2019).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Pegasus Market berkisah tentang Moon Seok-goo yang bekerja sebagai manajer di Pegasus Market dalam kondisi yang memprihatinkan. Kemudian datang Jeong Bok-dong yang ditunjuk sebagai CEO baru yang dipecat dari Daema Group. Kedatangan Bok-dong tersebut membuat Seok-goo berharap Pegasus Market bisa lebih baik di kemudian hari tanpa tahu apa rencana sebenarnya Bok-dong di perusahaan tersebut.

Drama Pegasus Market mengisahkan bagaimana sebuah iklim perusahaan mengelola konflik antara bos dan pegawai. Selain itu, drama ini mengisahkan bagaimana manajemen keuangan sebuah perusahaan menjadi hal penting untuk membuat Pegasus kemudian memiliki banyak pelanggan.

7. Chief Kim (Good Manager) (2017).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Chief Kim atau Good Manager berkisah tentang Kim Sung-ryong yang bekerja sebagai Akuntan Publik Bersertifikat yang biasa mengelola keuangan sebuah kelompok. Ia kemudian bekerja sebagai kepala departemen akuntansi perusahaan TQ. Namun, ternyata, perusahaan barunya tersebut punya segudang masalah, terutama soal penggelapan uang yang menyebabkan gaji karyawan sebagai hak dasar terbengkalai. Ia kemudian membuat transformasi baru untuk perusahaan tersebut dan melawan semua bentuk korupsi dan hal-hal yang tidak rasional di perusahaan.

8. Misaeng (Incomplete Life) (2014).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Misaeng: Incomplete Life berkisah kehidupan Jang Geu-rae yang bekerja sebagai pekerja magang di One International, sebuah perusahaan perdagangan besar. Di perusahaan tersebut, Geu-rae bertemu bosnya, manajer Oh Sang-shik, yang gila kerja dan memiliki kepribadian hangat; rekan magang Ahn Young-yi, yang menarik kemarahan rekan-rekannya karena kredensial pendidikannya yang mengesankan dan dengan menjadi sangat kompeten dalam tugas apa pun; dan Jang Baek-gi, rekan kerja culun yang sifat cemasnya menutupi ambisi batinnya.

Selain mengisahkan beragam pekerja kantor yang berbeda karakter, drama ini juga mengisahkan ilmu bisnis perusahaan dan juga bagaimana seorang pekerja mengelola keuangannya hingga bisa mengasah kemampuan dalam dunia kerja.

9. Midas (2011).

Drama Korea soal keuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

Midas berkisah tentang Kim Do-hyun, seorang pria cerdas dan ambisius yang bekerja sebagai manajer keuangan selama tiga tahun. Ambisi menjadi kaya raya membuat Do-hyun mencari pekerjaan yang lebih baik dan lebih membuatnya makmur. Saat menjalani proses mewujudkan impian tersebut, Do-hyun banyak mengalami hal-hal tidak terduga dan membuatnya paham bahwa kesuksesan tidak semudah dikata. Selain mengisahkan kehidupan personal Do-hyun, drama ini juga mengisahkan tentang ilmu bisnis, pasar saham, sampai persoalan keuangan dunia.

(brl/guf)