Brilio.net - Dinasti Joseon menjadi salah satu tema yang cukup banyak menjadi latar drama Korea. Hal ini terbukti dari cakupan tema tersebut yang membentang dari sejarah awal dinasti hingga ambruknya dinasti terlama di Korea tersebut.

Drama-drama tersebut tampil dengan beragam genre, mulai dari genre sejarah sampai genre romantis dengan menyisipkan kisah cinta dalam sebuah cerita sejarah. Selain itu, drama-drama tersebut juga diperankan oleh para pemain yang tak diragukan lagi kualitas aktingnya.

Drama Korea kerajaan era Joseon menjadi tontonan menarik sembari mempelajari deretan sejarah Korea dari masa ke masa. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (10/1), berikut 11 drama korea kerajaan era Joseon, masa awal hingga keruntuhannya.

1. The King of Tears, Lee Bang-won (2021-2022).

drama korea Joseon berbagai sumber

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: imdb.com

Drama Korea Taejong Yi Bang-won merupakan kisah yang diangkat dari fakta sejarah yang benar-benar terjadi di Korea. Drama ini mengangkat kisah Yi Bang-won, Raja Taejong yang menjadi raja ketiga dari Dinasti Joseon. Selain mengisahkan sosok Yi Bang-won sebagai raja, drama ini juga menampilkan kisah sejarah berdirinya Dinasti Joseon.

Dinasti Joseon berdiri saat Dinasti Goryeo resmi tumbang pada 1392 Masehi. Yi Bang-won punya peranan penting saat dinasti ini baru saja berdiri dengan memperluas pengaruhnya. Drama ini menampilkan proses peralihan Dinasti Goryeo ke Dinasti Joseon.

2. The Great Seer (2012).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

The Great Seer menghadirkan kisah fiksi pada masa pemerintahan raja King Gongnim dari dinasti Goryeo, tentang intrik politik dan peperangan yang berujung pada berakhirnya kekuasaan dinasti tersebut. Berakhirnya kekuasaan Goryeo menandakan dimulainya kekuasaan dinasti Joseon yang membuka lembaran baru bagi masa depan Korea.

3. Dong Yi (2010).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Dong Yi merupakan drama Korea berlatar kerajaan yang mengisahkan Dong Yi (Han Hyo-joo), seorang perempuan dari golongan Cheonmin atau kasta rendah pada masa dinasti Joseon. Keluarganya dibunuh karena sebuah fitnah politik dan menjadikan Dong Yi gadis sebatang kara. Dong Yi kemudian diasuh seorang Gisaeng bernama Seol-hee (Kim Hye-jin) dan saat dewasa menjadi selir yang diakui oleh kerajaan Joseon.

4. The Red Sleeve (2021).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea The Red Sleeve mengisahkan seorang putra mahkota bernama Yi San (Lee Jun-ho atau Junho 2PM) yang menjadi penerus utama kerajaan. Oleh sebab itu, Yi San berusaha keras untuk menjadi raja yang sempurna. Namun, kehati-hatiannya mulai sirna setelah bertemu perempuan ambisius bernama Sung Deok-im (Lee Se-young) di pengadilan.

Drama Korea The Red Sleeve menjadi salah satu drama Korea yang banyak ditonton dan berhasil memuncaki drama Korea terpopuler pada awal Desember 2021. Capaian ini tentu saja berkat kerja keras semua pihak yang berhasil menampilkan cerita yang menarik, tidak hanya bagi masyarakat Korea Selatan, melainkan juga untuk seluruh penggemar drama Korea di seluruh dunia. Meraih atensi yang cukup tinggi, The Red Sleeve diputuskan untuk ditambah satu episode lagi.

5. Tale of Nokdu (2019).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Berlatarkan dinasti Joseon, serial ini berkisah tentang seorang pria yang menyamar sebagai seorang wanita untuk memasuki desa misterius khusus wanita guna mencari kebenaran tentang kelahirannya. Di desa tersebut, ia kemudian bertemu dengan seorang wanita muda yang tidak ingin menjadi kisaeng atau wanita penghibur agar bisa membalas dendam pada keluarganya.

6. Queen for Seven Days (2017).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Queen For Seven Days menceritakan tentang kisah nyata seorang Lady Shin yang harus naik dan turun dari takhtanya dalam kurun waktu tujuh hari karena digulingkan oleh lawan politiknya. Cerita dalam drama ini dimulai saat Lee Yoon yang naik tahta menjadi raja untuk menggantikan ayahnya. Queen For Seven Days hadir dengan penuh intrik dan juga kisah percintaan yang menarik antara Lee Yoo dan suaminya yang masih menjadi bagian dari pemerintahan lawan politiknya.

7. Jewel in the Palace (2003).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Jewel in the Palace atau yang juga dikenal dengan judul The Great Jang-geum ini mengisahkan seorang juru masak dapur yatim piatu yang kemudian menjadi dokter wanita pertama raja. Saat wanita memiliki pengaruh kecil di masyarakat, juru masak magang muda Jang-geum berusaha untuk mempelajari rahasia masakan Korea dan obat-obatan untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakitnya. Drama ini didasarkan pada kisah nyata Jang-geum, tabib kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon.

8. Sungkyunkwan Scandal (2010).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Cerita drama Sungkyunkwan Scandal berlatar pada era Dinasti Joseon, ketika para perempuan tak diizinkan mengenyam pendidikan. Dikisahkan Kim Yun-hee (Park Min-young) adalah seorang gadis yang cerdas dan mandiri. Sejak ayahnya meninggal, ia menjadi tulang punggung keluarganya. Ia kemudian menyamar sebagai laki-laki untuk bisa bekerja dan bisa ikut sebagai peserta pengganti yang sebenarnya ilegal. Ia pun mendaftar ke sebuah lembaga pendidikan tinggi dan bertemu dengan Gu Young-ha (Song Jong-ki), yang ternyata menyimpan perasaan kepada Yun-hee.

9. Rookie Historian Goo Hae-ryung (2019).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Rookie Historian Goo Hae-ryung berkisah tentang Goo Hae-ryung, seorang wanita cerdas yang hidup di era Dinasti Joseon dan ingin menjadi seorang sejarawan. Namun, saat itu, status wanita masih dianggap sebagai kelas dua yang tidak boleh memiliki status sosial lebih tinggi daripada laki-laki. Walaupun begitu, hal itu tidak membuatnya menyerah. Sampai suatu ketika, Hae-ryung bertemu dengan Dowon Yi-rim, pangeran kerajaan yang hobi membaca buku dan diam-diam menulis novel menggunakan nama samaran. Pertemuan tersebut kemudian membuat mereka saling nyambung dan merasa cocok satu sama lain.

10. Flower Crew: Joseon Marriage Agency (2019).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Flower Crew: Joseon Marriage Agency mengisahkan Ma Hoon, Young-soo, dan Do Joon, kelompok agensi pernikahan paling sukses di Joseon bernama Flower Crew. Lee Soo, putra seorang pandai besi, ingin menikahi temannya Gae-ttong, seorang gadis supel dan periang, dan meminta Flower Crew untuk membantunya mengatur pernikahan. Namun, Ma Hoon, pemimpin Flower Crew, terus menerus menolaknya hingga akhirnya dia melihat hati Lee Soo yang tulus untuk Gae-ttong dan setuju untuk mengatur pernikahan mereka. Pada hari pernikahan, Lee Soo ditangkap dan dipilih sebagai Raja Joseon secara tiba-tiba. Kelompok agensi ini pun mengalami krisis pemimpin dan membuat mereka harus menjalankan pekerjaan tersebut tanpa Ma Hoon.

11. Mr. Sunshine (2018).

drama korea Joseon berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine mengisahkan tahun-tahun terakhir Dinasti Joseon sebelum akhirnya dijajah oleh pihak luar. Drama ini mengisahkan saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon. Itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine. Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan.

(brl/red)