Brilio.net - Salah satu hal menarik dari drama kolosal Korea yakni mampu menampilkan kisah kolosal dengan cara yang menarik. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggabungkan cerita berlatar sejarah dengan cerita romantis.

Penggabungan tersebut membuat drama Korea tersebut bisa dinikmati oleh orang Korea sendiri maupun orang-orang di berbagai negara sekalipun. Karena itu, hal ini membuat drama kolosal Korea dikenal luas dan mampu meraih atensi yang cukup tinggi.

Drama-drama tersebut berhasil menampilkan kisah yang manis dan dapat membuat siapa saja yang menontonnya ikut tersenyum dengan cerita-cerita tersebut.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (6/1), berikut 11 drama kolosal Korea yang penuh kisah romantis dan bikin baper abis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. The Red Sleeve (2021).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Red Sleeve merupakan drama Korea romantis dan sejarah yang menceritakan catatan roman istana kekaisaran antara wanita istana Sung Deok-im (Lee Se-young), yang ingin melindungi kehidupan yang telah dia pilih, dan kaisar Yi San (diperankan oleh Lee Junho 2PM), yang mengutamakan bangsa sebelum cinta. Drama ini mengisahkan kehidupan kaisar Yi San yang bertahta sebagai raja sekaligus kisah romantisnya dengan Sung Deok-im.

2. Moonshine (2021).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Moonshine merupakan drama Korea yang mengisahkan sejarah larangan alkohol pada era Joseon. Moonshine merupakan jenis minuman keras yang diproduksi secara tradisional yang dianggap ilegal. Karena itu, siapapun memproduksi dan bahkan meminumnya dapat berbuah penjara. Drama ini menggambarkan periode hukum larangan meminum dan mengedarkan alkohol paling ketat dalam sejarah Joseon. Walaupun dipenuhi dengan berbagai ketegangan, drama ini juga dipenuhi dengan cerita romantis antara Yoo Seung-ho dan Lee Hye-ri

3. Royal Secret Inspector & Joy (2021).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Secret Royal Inspector & Joy merupakan drama yang mengisahkan agen rahasia kerajaan yang berasal dari rakyat jelata pada era Dinasti Joseon. Karakter Ra Ian, seseorang bernasib mujur karena mengemban amanah raja yang didambakan banyak orang. Dalam perjalanan kisahnya, Ra Ian akan bertemu dengan Kim Joy, seorang perempuan tangguh yang dengan bangga sudah bercerai dengan suaminya yang kasar dan tak bisa diandalkan. Drama Korea ini berhasil mendapatkan sambutan meriah saat pertama kali tayang karena hadir dengan cerita yang menarik.

4. The Crowned Clown (2019).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Crowned Clown mengisahkan cerita yang terjadi pada pertengahan periode Joseon. Saat itu, ketika pergolakan dan perebutan kekuasaan di sekitar takhta telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Karena itu, untuk menghindari mereka yang berencana untuk membunuh sang raja, raja pun menempatkan badut yang sama persis sepertinya di atas takhta.

Saat badut mulai memainkan peran, istana menjadi kacau karena musuh raja dibingungkan oleh kreativitas penipu dan lingkaran sekutunya yang senang melihat raja mereka menjadi penguasa sesuai keinginan mereka. Dibalut dengan intrik kerajaan, drama ini juga menampilkan sisi romantis dari seseorang yang menyamar sebagai raja tersebut.

5. My Sassy Girl (2017).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

My Sassy Girl berkisah tentang Gyeon Woo, seorang sarjana di kota dingin Korea. Karena kepintarannya, ia disebut sebagai "harta nasional Joseon". Pada suatu hari, ia bertemu dengan Putri Hye-myung yang punya reputasi buruk di publik era Dinasti Joseon karena ibunya dipaksa turun takhta dari Ratu Joseon. Awalnya, pertemuan tersebut berlangsung panas dan membuat mereka saling bermusuhan. Namun, karena Hye-myung sering keluar-masuk istana, lambat laun mereka pun akrab hingga kemudian saling menyimpan perasaan dan saling jatuh cinta.

6. Queen For Seven Days (2017).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Queen For Seven Days menceritakan tentang kisah nyata seorang Lady Shin yang harus naik dan turun dari takhtanya dalam kurun waktu tujuh hari karena digulingkan oleh lawan politiknya. Cerita dalam drama ini dimulai saat Lee Yoon yang naik tahta menjadi raja untuk menggantikan ayahnya. Queen For Seven Days hadir dengan penuh intrik dan juga kisah percintaan yang menarik antara Lee Yoo dan suaminya yang masih menjadi bagian dari pemerintahan lawan politiknya.

7. The Emperor: Owner of the Mask (2017).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Selama dinasti Joseon, putra Raja Yi Yoon yang telah lama ditunggu-tunggu lahir, tetapi sebagai ganti nyawanya, raja akan menyerahkan kekuasaan Biro Penyediaan Air kepada masyarakat rahasia "Grup Pyunsoo" yang mengendalikan pemerintah. Raja menutupi wajah Putra Mahkota dengan topeng dan membesarkannya secara diam-diam untuk melindunginya dari Kelompok Pyunsoo.

Enam belas tahun kemudian, Putra Mahkota Yi Sun, yang tumbuh sebagai pemuda terhormat, melepas topengnya dan meninggalkan istana secara diam-diam untuk pergi ke kota untuk mencari tahu mengapa dia bertopeng sejak dia lahir. Tujuannya adalah untuk bertemu dengan cendekiawan Master Woo Bo yang merupakan satu-satunya orang yang tahu mengapa. Di tempat Woo Bo, Yi Sun bertemu dengan Han Ga-eun, putri Wakil Hakim Han, salah satu murid Master Woo Bo dan teman masa kecil Yi Sun. Ia punya pengetahuan yang luas tentang tanaman obat. Sejak saat itu, hubungan Yi Sun dan Han Ga-eun berlangsung intens.

8. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Rye mengisahkan saat Go Hae-jin terlempar ke masa lalu saat gerhana matahari total. Ia terbangun dalam tubuh seorang Hae Soo yang hidup saat Dinasti Goryeo masih berdiri pada 941 M. Hae Soo merupakan salah satu pangeran dari keluarga Wang yang berkuasa dan selama pemerintahan Raja Taejo.

Moon Lovers merupakan drama Korea yang menggabungkan perjalanan waktu dan reinkarnasi sehingga Hae Soo mengetahui takdir para pangeran dan ia mencoba mengubah jalannya sejarah. Drama ini ditutup dengan plot twist yang sama sekali tak terduga dan membuat para penonton ikut merasakan hal pilu yang dialami Hae Soo.

9. Love In The Moonlight (2016).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Love in the Moonlight merupakan drama Korea yang didasarkan novel Moonlight Drawn by Clouds yang pertama kali tayang di Naver pada 2013. Drama ini menghadirkan kisah masa depan tentang pertumbuhan Putra Mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) dari seorang anak laki-laki menjadi raja yang dihormati dan hubungannya yang tidak mungkin dengan kasim Hong Ra-on (Kim Yoo-jung). Kisah cinta terlarang mereka menjadi salah satu hal menarik dalam drama Korea Love in the Moonlight ini.

10. Moon Embracing The Sun (2012).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Embracing The Sun menceritakan kisah cinta Raja Lee Hwon dan seorang peramal bernama Shaman Wol atau yang dikenal dengan nama Heo Yeon-woo. Mereka berdua pertama kali bertemu saat mereka masih remaja. Kala itu, Wol masih bernama Heo Yeon-woo dan dikenal sebagai putri bangsawan, sedangkan Lee Hwon menjadi putra mahkota. Mereka hampir saja menikah, tetapi hal itu digagalkan oleh Ibu Suri yang ingin menjodohkan Lee Hwon dengan Yoon Bo-kyung. Ibu Suri pun menyusun rencana jahat untuk membunuh Yeon-woo hingga dibuat hilang ingatan dan menjadi seorang peramal yang ada di luar istana

11. The Princess' Man (2011).

Drama kolosal Korea kisah romantis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Princess' Man mengisahkan cinta tragis antara anak gadis dari Pangeran Sooyang dan anak dari Kim Jong-seo. Kim Seung-yoo (Park Shi-hoo), anak dari Kim Jong-seo, adalah seorang pria yang tampan dan bijaksana yang memiliki kualitas seorang bangsawan. Sementara itu, putri Seryeong (Kim Young-cul), anak gadis dari Raja Sejo, alias Pangeran Sooyang (Kim Young-chul), merupakan wanita yang ceria dan penuh semangat dengan rasa keingintahuan besar dan kepribadian tegas. Mereka saling jatuh cinta, tapi kemudian mereka mengetahui jika kedua orang tua mereka adalah musuh bebuyutan. Drama ini disebut sebagai versi Romeo dan Juliet dari Dinasti Joseon.

(brl/lin)