Brilio.net - Selain dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai, industri hiburan seperti drama Korea juga sering meraih banyak penghargaan bergengsi. Hal ini dapat dilihat dari capaian masing-masing drama yang tampil dengan begitu menarik.

Selain penghargaan lokal, penghargaan tersebut juga didapatkan dari penghargaan internasional seperti halnya Squid Game yang berhasil meraih Gotham Awards untuk kategori Breakthrough Series pada 29 November 2021. Selain Squid Game, ada banyak lagi drama yang berhasil meraih capaian yang membuat drama-drama tersebut tak diragukan lagi.

Drama-drama tersebut masih menjadi rekomendasi terbaik dan tak diragukan lagi kualitasnya. Baik kualitas dari segi cerita hingga kualitas pada pemainnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (6/1), berikut 11 drama Korea yang bagus, borong penghargaan bergengsi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Squid Game (2021).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak tayang pertama kali pada 17 September 2021, Squid Game berhasil menarik animo penonton di seluruh dunia. Tidak hanya itu, serial drama survival ini berhasil menjadi fenomena dunia dan di beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

Selain berhasil mencapai popularitas layaknya demam Korea lainnya, Squid Game juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan. Squid Game berhasil memenangkan Gotham Awards untuk kategori Breakthrough Series – Long Form yang digelar pada 29 November 2021 lalu. Selain itu, drama ini juga memenangkan Hollywood Music in Media Awards, People's Choice Awards, dan AFI Awards.

2. When The Camellia Blooms (2020).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Serial drama bergenre komedi-romantis dengan tambahan unsur thriller ini berkisah tentang perjuangan hidup yang berat dan rumit yang harus dilalui oleh Oh Dong-baek (Gong Hyo-jin), seorang ibu tunggal yang baru pindah ke kota kecil di Ongsan. Dong-baek membuka sebuah bar bernama Camellia. Enam tahun kemudian, Dong-baek bertemu Hwang Yong-sik (Kang Ha-neul) yang ceria dan menyatakan cinta kepadanya. Dong-baek tidak membalas cintanya, tapi Yong-sik tetap merayu. Namun, hubungan tersebut tidak direstui ibu Yong-sik. Sampai suatu ketika, Dong-baek menjadi target pembunuhan berantai dan Yong-sik berusaha sekuat tenaga sebagai seorang polisi untuk melindungi orang yang dicintainya.

Drama ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti 13th Korean Media Awards dan KBS Drama Awards pada 2019. Selain itu, drama ini juga berhasil memenangkan Grand Prize di 56th Baeksang Arts Awards dan 7th APAN Star Awards pada 2021.

3. The World of the Married (2020).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

The World of the Married mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter keluarga yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan. Ia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya. Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee).

Drama ini berhasil menjadi salah satu drama bertema perselingkuhan yang meraih atensi publik yang cukup tinggi. Selain itu, drama ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti 56th Baeksang Arts Awards dan 2nd Asia Contents Awards serta meraih Grand Prize di 7th APAN Star Awards pada 2020.

4. Hyena (2020).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Hyena merupakan drama Korea yang mengisahkan dua pengacara dari Song & Kim Law Firm, yang melayani 1 persen teratas kelas menengah yang menggunakan jasa hukum. Namun, walaupun bekerja di tempat yang sama, kedua pengacara ini bertolak belakang dan sering kali saling bermusuhan.

Jung Geum-Ja (Kim Hye-Soo) dikenal sebagai hyena yang kejam, yang terombang-ambing antara hukum dan pelanggaran hukum. Jung Geum-Ja mengejar uang dan kekuasaan, tidak peduli apakah tindakannya ilegal atau kriminal. Saingannya adalah Yoon Hee-Jae (Ju Ji-Hoon) yang dikenal keras kepala dan juga keras terhadap prinsip yang dipegangnya.

Selain berhasil menampilkan drama yang cukup mendebarkan, Hyena juga berhasil meraih beberapa penghargaan seperti 2nd Asia Contents Awards dan SBS Drama Awards pada 2020.

5. Extracurricular (2020).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang tersebut dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut. Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis tersebut ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai. Drama ini berhasil memenangkan 57th Baeksang Arts Awards untuk kategori Best New Actress (TV).

6. Hospital Playlist (2020-2021).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Hospital Playlist merupakan drama Korea Netflix yang sudah tayang selama dua musim dan berhasil membius para penontonnya dengan kisah-kisah menarik. Drama ini menghadirkan banyak kisah haru dan beragam komedi yang dilakukan para tokohnya. Hospital Playlist berfokus pada lima sahabat yang bertemu di sekolah kedokteran. Selain itu, drama ini juga mengisahkan berbagai tantangan hidup yang dilakukan para tokohnya, termasuk saat mereka semua membesarkan anaknya masing-masing, pernikahan yang gagal, keputusan mengubah karier, hingga masalah keluarga lainnya.

Hospital Playlist berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi. Drama ini pernah meraih Brand of the Year Awards, Melon Music Awards, dan Mnet Asian Music Awards pada 2020. Selain itu, Hospital Playlist juga meraih penghargaan APAN Star Awards untuk kategori Best New Actress pada 2021.

7. Kingdom (2019-2021).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Kingdom merupakan serial drama Korea misteri thriller yang tayang pada Januari 2019. Serial lengkap Kingdom terdiri dari Kingdom (2019), Kingdom Season 2 (2020), dan Kingdom: Ashin of the North (2021). Drama ini dimulai dari periode Joseon abad pertengahan Korea. Dikisahkan seorang Putra Mahkota Lee Chang (Joo Ji Hoon) yang mencoba menyelidiki wabah misterius yang menyebar di seluruh negaranya. Drama ini berhasil meraih beberapa penghargaan di 2nd Asia Contents Awards 2020 untuk kategori Best Actor, Best Writer, dan Technical Award.

8. Crash Landing On You (2019).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Crash Landing on You mengisahkan saat Yoon Se-ri, seorang pebisnis perempuan di bidang fesyen terdampar di daerah Korea Utara tanpa sengaja. Hal itu terjadi saat paralayang yang ia gunakan terbang tanpa kendali setelah diterpa badai angin yang cukup besar. Se-ri kemudian ditemukan oleh Kapten Ri Jeong-hyeok, seorang kapten tentara Korea Utara yang diam-diam menolong Se-ri.

Di tengah usaha tersebut, hubungan Kapten Jeong-hyeok dan Se-ri semakin erat dan punya perasaan khusus satu sama lain. Namun, hubungan dua negara Korea yang tak akur, membuat hubungan ini pun dianggap sulit untuk diteruskan. Drama ini berhasil meraih beberapa penghargaan seperti 15th Seoul International Drama Awards, 3rd Annual Global TV Demand Awards, dan Grand Prize di 7th APAN Star Awards pada 2020. Selain itu, drama ini meraih Grand Prize kembali di Korea Communications Commission Broadcasting Awards pada 2021.

9. Stranger (2017).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Stranger berkisah tentang Hwang Si-mok yang menjalani operasi otak ketika dia masih kecil. Operasi tersebut menyebabkannya kurang memiliki emosi yang baik. Saat dewasa, Si-mok bekerja sebagai jaksa yang rasional, dingin, dan juga kesepian. Dia juga satu-satunya jaksa yang tidak terlibat korupsi. Suatu hari, sesosok mayat dilempar ke hadapannya. Dia bertemu dengan Letnan Polisi Han Yeo-jin di TKP pembunuhan. Mereka bekerja sama memberantas korupsi di kejaksaan dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai tersebut.

Drama Stranger ini berhasil menarik perhatian banyak orang karena berhasil mengisahkan drama detektif dengan baik. Selain itu, drama ini berhasil meraih Grand Prize di 1st Seoul Awards pada 2017 dan 54th Baeksang Arts Awards pada 2018.

10. Goblin (2017).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih dikenal dengan Goblin berkisah saat Kim Shin (Gong Yoo), seorang goblin yang diberkahi keabadian yang ingin mengakhiri hidupnya. Hal ini dikarenakan keabadian yang dimiliki Kim Shim malah menjadi kutukan bagi dirinya sendiri. Satu-satunya cara untuk bisa mengakhiri hidupnya, Kim Shim harus memiliki pengantin goblin dan mencabut pedang yang ada dalam tubuhnya. Lebih dari sembilan abad kemudian, dia akhirnya bertemu dengan istrinya, Ji Eun-tak (Kim Go-eun), dan keduanya memulai hubungan romantis.

Selain menampilkan kisah romantis yang jauh sekali berbeda, Goblin berhasil meraih beberapa penghargaan. Goblin berhasil meraih penghargaan seperti di First Brand Awards, 11th Korean Cable TV Awards, 5th Annual DramaFever Awards, dan Grand Prize di 53rd Baeksang Arts Awards pada 2017.

11. Descendant of the Sun (2016).

Drama Korea yang bagus penghargaan berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris.

Selain menampilkan kisah romantis antara tentara dan dokter yang berhasil memukau penonton, drama ini juga berhasil meraih beberapa penghargaan. Drama ini berhasil meraih penghargaan seperti Baeksang Arts Award Grand Prize dan Korea Drama Awards for Best Drama pada 2016.

(brl/tin)