Brilio.net - Selain berhasil dengan genre romantis, drama Korea tidak absen untuk menampilkan drama yang tersambung dengan isu saat ini. Salah satu yang juga menjadi fokus cerita drama Korea adalah isu kesehatan mental.

Drama-drama Korea yang menghadirkan cerita kesehatan mental merupakan salah satu cara agar penyakit jenis ini dianggap sebagai sebuah penyakit yang membutuhkan seorang profesional seperti psikolog atau psikiater. Selain itu, dalam berbagai cerita dalam drama ini, penyakit mental bukan penyakit tunggal dan punya beragam jenis.

Karena itu, melalui drama-drama yang dihadirkan dalam drama Korea ini akan membuat banyak orang punya perhatian pada kesehatan mental. Selain itu, harapannya, perilaku toxic dan beracun yang tanpa sadar sering kali dilakukan bisa disadari sebagai perilaku yang tidak baik dan harus dihentikan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (10/1), berikut 15 drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental, bikin pikiran adem.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. You Are My Spring (2021).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

You Are My Spring merupakan drama Korea yang mengangkat isu inner child. Drama ini mengisahkan Kang Da-jeon (Seo Hyun-jin), seorang manajer hotel menjalin hubungan khusus dengan Ju Young-do (Kim Dong-wook) saat terlibat dalam kasus pembunuhan di hotel yang mereka tempati. Mereka tinggal di hotel yang sama, walaupun Ju Young-do ada di lantai yang berbeda tepat di bawah lantai kamar Kang Da-jeon.

Melalui Joo Young-do (Kim Dong-wook), Da-jeon dan Young-do pun berkonsultasi terkait kondisi mental dan kejiwaan mereka. Sampai pada sebuah kesimpulan, mereka mengalami apa yang disebut sebagai inner child, sebuah trauma masa kecil yang masih tersimpan dalam memori mereka. Drama ini tampak menampilkan cerita dan isu yang menarik.

2. It's Okay to Not Be Okay (2020).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

It's Okay To Not Be Okay mengisahkan Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun) yang tinggal bersama kakak laki-lakinya Moon Sang-tae (Oh Jung-se) yang memiliki disabilitas mental autisme. Mereka sering berpindah dari kota ke kota sejak Sang-tae menyaksikan pembunuhan ibu mereka.

Gang-tae bekerja sebagai penjaga di bangsal psikiatri di setiap tempat mereka menetap. Saat bekerja di rumah sakit, ia bertemu dengan seorang penulis buku anak-anak terkenal, Ko Moon-young (Seo Yea-ji), yang dikabarkan memiliki gangguan antisosial. Mereka kemudian bersahabat dan saling bercerita satu sama lain.

3. Forest (2020).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Forest mengisahkan Kang San-hyeok, anggota dari 119 tim penyelamat khusus. Dia tampan dan pintar, tapi dia tidak ingat masa kecilnya. Sementara itu, Jung Young-jae merupakan seorang residen bedah yang antusias.

Kang San-hyeok dan Jung Young-jae bertemu di hutan misterius. Meski tidak mau, mereka harus hidup bersama di hutan misterius. Tinggal di sana, mereka menemukan kesenangan kecil. Kang San-hyeok dan Jung Young-jae segera mengungkap rahasia tentang diri mereka dan hutan.

4. Soul Mechanic (2020).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Soul Mechanic mengisahkan sebuah tim psikiater yang percaya pada penyembuhan dan tidak hanya merawat pasien yang sakit. Drama ini menceritakan Lee Shi-Joon yang menjadi seorang psikiater yang mencoba menyembuhkan luka emosional orang lain. Ia sangat bersemangat untuk membantu semua pasien yang datang padanya.

Sampai suatu ketika, ia bertemu dengan Han Woo-joo yang menjadi seorang pasien bermasalah. Han Woo-joo adalah seorang bintang musik yang sedang naik daun dan ia sulit sekali mengatur emosinya, apalagi ketika dalam keadaan marah.

5. Beautiful Love, Wonderful Life (2019).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Beautiful Love, Wonderful Life berkisah tentang empat orang yang mencari cinta dan kebahagiaan. Kim Cheong-ah, pernah bekerja penyiar yang penuh ambisi dan menikah dengan Do Jin-woo, seorang CEO sebuah perusahaan. Selain itu, Moon Tae-rang, seorang koki dan kakak tertua dari keluarga yang terdiri dari anak angkat. Moon Hae-Rang, adik perempuan Moon Tae-Rang yang bekerja sebagai sekretaris untuk Do Jin-woo.

Keempat orang tersebut terjalin dalam tiga keluarga yang berhubungan satu sama lain. Mereka sering kali mengalami berbagai masalah yang dapat membuat mereka pusing. Tanpa seorang tahu, Cheong-ah pernah mengalami depresi yang membuatnya hampir bunuh diri pada saat masa sekolah. Namun, Cheong-ah kemudian menemukan harapan hidupnya lagi setelah pertemuan Goo Joon-hwi membuatnya berdamai dengan masa lalunya.

6. My Mister (2018).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

My Mister mengisahkan Lee Ji-an, seorang perempuan muda miskin yang terbebani utang dan harus berjuang dengan depresi yang dialaminya untuk tetap bertahan agar bisa terus merawat neneknya yang sakit.

Di sela waktu tersebut, ia bekerja paruh waktu. Ia kemudian bertemu dengan Park Dong-hoon, salah satu atasannya yang juga sama-sama punya nasib menyedihkan. Ia dikenal sebagai orang yang terlalu baik sehingga bisa sering dibohongi oleh karyawannya sendiri. Mereka kemudian menjalani hubungan platonis yang memungkinkan bersahabat secara mesra dan saling mendukung satu sama lain.

7. Chocolate (2018).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Chocolate mengisahkan saat Lee Kang, seorang ahli bedah saraf yang tumbuh di sebuah desa tepi pantai. Awalnya, ia bercita-cita menjadi seorang juru masak andal. Ia dikenal sebagai seorang yang dingin, walaupun sebenarnya ia seorang pribadi yang hangat.

Lee Kang kemudian bertemu dengan Moon Cha-young yang ternyata mengingatkannya dengan seseorang yang mirip saat ia kecil. Ia pernah bertemu Cha-young di sebuah restoran di sebuah desa tepi laut dan memberikannya sebuah masakan. Hal inilah yang kemudian di masa depan membuat Cha-young menjadi seorang koki terkenal. Kepingan kenangan tersebut membuat mereka bertemu di sebuah bangsal rumah sakit pada suatu waktu.

8. Gangnam Beauty (2018).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Gangnam Beauty berkisah tentang Kang Mi-rae yang memiliki kepribadian sangat pemalu karena dianggap punya penampilan jelek. Ia diejek oleh orang-orang dan bahkan diintimidasi saat bersekolah. Lambat laun setelah bertahun-tahun menyelesaikan sekolah yang penuh trauma tersebut, Mi-rae tampil cantik setelah operasi plastik.

Namun, perubahan penampilan tersebut tidak menghilangkan kepribadian pemalunya. Saat ia mulai masuk universitas, orang-orang masih mengejek dan bahkan menghinanya. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Do Kyung-seok di kampus yang sama dan tidak menilai seseorang dari penampilannya. Kyung-seok kemudian menyukai Mi-rae dan menjalin hubungan khusus yang kelak menyembuhkan inferioritas dalam diri Mi-rae.

9. Kill Me, Heal Me (2015).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Kill Me, Heal Me mengisahkan Cha Do-hyun, pewaris bisnis generasi ketiga sebuah keluarga kaya, mengalami gangguan identitas disosiatif (sebelumnya dikenal sebagai gangguan kepribadian ganda) setelah beberapa peristiwa traumatis yang mengancam jiwa. Ia kemudian mencoba untuk mendapatkan kembali kendali atas hidupnya dengan bantuan Oh Ri-jin, seorang residen psikiatri tahun pertama yang cantik dan bersedia membantunya secara diam-diam.

Namun, Ri-jin ternyata punya saudara kembar yang bernama Oh Ri-on, seorang penulis yang bertekad mengungkapkan kehidupan orang kaya yang tidak bermoral dan sering mengikuti Do-hyun ke mana pun. Sejak saat itu, Do-hyun menjadi perhatian utama saudara kembar yang punya misi berbeda ini.

10. Hello Monster (2015).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello Monster mengisahkan profiler genius Lee Hyun yang sudah bertahun-tahun belajar di luar negeri dan kembali ke Korea Selatan. Anehnya, semua ingatan selama masa kecil di negara asalnya tersebut tak berbekas sama sekali.

Lee Hyun bersama Cha Ji-an sering terlibat dalam serangkaian kasus pembunuhan yang dilakukan oleh seorang psikopat. Lee Hyun kemudian perlahan tahu bahwa adiknya yang sudah lama ditinggalkan bertahun-tahun menjadi seorang pembunuh berdarah dingin dan menyasar korbannya secara acak. Selain menegangkan, drama ini menampilkan kisah seorang kakak yang berusaha untuk mencegah dan mengobati adiknya yang menjadi seorang pembunuh berdarah dingin.

11. Dr Frost (2015).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Dr Frost berkisah tentang Baek Nam-bong, yang menjadi profesor psikologi saat siang hari dan menjadi bartender pada malam harinya. Nam-bong dijuluki Dr. Frost karena rambutnya memutih sebelum waktunya. Ia mengalami frontal lobe injury atau cedera lobus frontal saat masih kecil dan membuatnya bisa bernalar ke tingkat paling jenius.

Namun, cedera tersebut sekaligus membuatnya tidak dapat merasakan empati, cinta, kesedihan, dan sulit merespons secara emosional. Walaupun dengan emosi yang tak bisa dikendalikan, ia punya kemampuan deduktif yang luar bisa dan menjadi rekan tak resmi detektif veteran Nam Tae-bong untuk memecahkan kasus.

12. Hyde, Jekyll, Me (2015).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Hyde, Jekyll, Me bercerita tentang tiga kisah cinta tiga karakter di antara dua manusia. Goo Seo-jin dan Robin adalah dua karakter dalam satu tubuh. Ia adalah seorang hartawan sekaligus chaebol generasi ketiga yang telah menjalankan taman hiburan bernama “Wonder Land”. Selain itu, ia akan menjadi CEO Wonder Group berikutnya, konglomerat yang dimiliki keluarganya.

Walaupun hidup dengan berlimpah harta kekayaan, ia mengalami memiliki gangguan berkepribadian ganda (disosiatif) yang membuatnya menjadi karakter lain saat detak jantungnya melebihi 150. Jika hal itu terjadi, situasi tersebut mengubah Seo-jin yang dingin, sinis, dan kejam menjadi Robin yang berjiwa bebas, lembut, baik hati dan suka menolong.

Hidup Seo-jin perlahan berubah saat ia bertemu dengan Jang Ha-na. Sejak pertama kali bertemu, detak jantung Seo-jin meningkat drastis dan membuatnya berubah menjadi pria baik hati dan menjadi penolong Ha-na saat diculik oleh penjahat misterius.

13. Heart to Heart (2015).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Heart to Heart berkisah tentang Cha Hong-do yang menderita fobia sosial dan memiliki masalah dengan wajah memerah parah. Selain itu, ia memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan belajar dari buku dan internet. Suatu hari, nenek Cha Hong-do meninggal. Neneknya adalah satu-satunya kontaknya dengan dunia luar. Cha Hong-do kemudian mulai melakukan pekerjaan rumah tangga sebagai pembantu, tetapi menyamar sebagai wanita tua.

Melalui sebuah insiden, dia bertemu dengan seorang psikiater, Ko Yi-seok, seorang psikiater yang menderita Inferiority complex yang membuatnya selalu rendah diri walaupun sudah terkenal. Perasaan tersebut merupakan salah satu akibat dari trauma saat remaja yang sampai membuatnya tidak mampu menjalin hubungan dengan lawan jenis. Pertemuan tersebut membuat mereka kemudian saling terbuka dengan persoalan masing-masing dan menjadi teman bicara yang bisa mendengarkan dengan baik.

14. It’s Okay, That’s Love (2014).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

It's Okay, That's Love merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Jae-yeol, penulis novel misteri terlaris dan DJ radio yang suka bermain dengan arogan. Ia mengalami gangguan obsessive–compulsive disorder (OCD) atau gangguan obsesif-kompulsif yang membuatnya terus merasa cemas. Drama ini akan terus mengisahkan kehidupan Jae-yeol dan sampai akhirnya mengetahui siapa Jae-yeol yang sebenarnya dengan cara mengejutkan. Tanpa sadar penonton akan dibawa pada siapa pelaku pembunuhan tragis di keluarga Jae-yeol dan dipastikan berakhir dengan memilukan.

15. Good Doctor (2013).

Drama Korea terpopuler bertema kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Good Doctor mengisahkan Park Si-On (Joo Won) yang seorang sarjana autis dengan memori rinci dan keterampilan spasial. Ia kemudian segera masuk rumah sakit sebagai residen bedah anak, tetapi mengalami kesulitan untuk membuktikan nilainya kepada dokter lain karena autisme dan kemampuan emosionalnya. Si-On kemudian berhasil dalam waktu yang cukup singkat hanya enam bulan untuk membuktikan dirinya bisa menjadi seorang dokter dan menjadi rival Si-On yang kemudian membuatnya jatuh cinta.

(brl/tin)