Brilio.net - Tema thriller dalam drama maupun film menempati ruang tersendiri di hati penikmatnya. Tak terkecuali drama Korea bertema pembunuhan, juga menarik animo penonton setia. Selain itu, drama dengan tema ini kerap mendapatkan penghargaan bergengsi untuk sinema di Korea Selatan.

Drama serial bertema pembunuhan tersebut dibuat dengan berbagai versi dan cerita yang tidak monoton. Hal ini membuat pengalaman penonton sama sekali berbeda untuk setiap drama serial. Karena itu, drama-drama tersebut layak diapresiasi atas kerja keras dan kreativitas para kru dan pemainnya.

Walaupun beberapa di antaranya sudah tayang tahun lalu, drama serial tersebut masih layak ditonton hingga saat ini. Mulai dari kasus pembunuhan yang dilakukan oleh psikopat yang tiba-tiba menjadi orang biasa yang tanpa punya beban psikologis, hingga pengungkapan kasus pembunuhan yang melibatkan pasangan suami-istri. Penasaran drama apa saja yang layak ditonton ulang?

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (11/1), berikut tujuh drama Korea thriller tentang pembunuhan yang raih banyak penghargaan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Voice.

Drama Korea thriller tentang pembunuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Voice pertama kali tayang pada 14 Januari 2017 dan berhasil berlangsung sampai musim keempat pada 18 Juni 2021. Drama serial yang mengisahkan Pusat Layanan Telepon Darurat 112 menjadi salah satu drama yang paling mendebarkan. Nyawa korban yang menghubungi nomor darurat tersebut ada di tangan operator dan tim yang terlibat ketika ada korban menghubungi mereka. Bahkan, waktu satu menit pun bisa menjadi penentu korban bisa selamat atau tidak. Drama ini berkisah tentang cara kedua orang yang tampaknya bertentangan bekerja sama mengusahakan waktu emas menggunakan suara si Pembunuh sebagai petunjuk. Drama ini berhasil memenangkan nominasi pada 2017 untuk kategori Penghargaan Bintang Drama untuk Jang Hyuk sebagai pemeran utama.

2. Beyond Evil.

Drama Korea thriller tentang pembunuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Beyond Evil mengisahkan dua orang polisi pemberani dan pernah kenal kata takut dalam kamus hidupnya. Lee Dong-sik (diperankan oleh Shin Ha-kyun) dipertemukan dengan Detektif Han Joo-won (diperankan oleh Yeo Jin-goo) yang baru saja pindah ke kantor yang sama. Mereka pun kemudian terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan berantai di sebuah kota kecil yang sudah terjadi 20 tahun yang lalu dan mengubah kehidupan Lee Dong-sik. Saat mereka mencoba untuk mengungkapkan siapa pelaku pembunuhan tersebut, mereka harus melihat banyak sisi tersembunyi dari orang-orang yang terlibat. Misteri demi misteri membawa mereka pada sebuah kesimpulan yang tak pernah mereka duga. Beyond Evil berhasil meraih 8 penghargaan di Baeksang Arts Awards ke-57 dan memenangkan 3 nominasi di antaranya berhasil menang. Drama Terbaik, Skenario Terbaik, dan Aktor Terbaik untuk Shin Ha-kyun.

3. Criminal Minds.

Drama Korea thriller tentang pembunuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Criminal Minds merupakan remake dari serial Amerika dengan judul yang sama dan tayang pada 26 Juli 2017. Drama ini mengisahkan sekelompok profiler yang sangat terlatih dalam tim Investigasi Kriminal Nasional (NCI) fiksi yang melacak penjahat untuk menyelesaikan kasus. Cerita dimulai saat setahun setelah kesalahan penting yang menghasilkan bom, meledak di sebuah rumah sakit. Kejadian tersebut menewaskan beberapa petugas SWAT dan membuat kepercayaan pemimpin tim NCI Kang Ki-hyung terguncang. Ia kembali bekerja setelah istirahat panjang dan langsung terseret ke dalam kasus pembunuhan berantai yang mengharuskan tim NCI untuk bekerja sama dengan Unit Kejahatan Kekerasan dari kepolisian setempat. Mereka bertemu petugas polisi temperamental Kim Hyun-joon, yang tampaknya memiliki dendam pahit terhadap Ki-hyung. Drama ini berhasil masuk dalam dua nominasi dan kedua berhasil menjadi pemenang. Pertama pada 2017, Lee Joon-gi berhasil memenangkan Penghargaan luar biasa di Penghargaan Artis Asia. Sementara yang kedua, Lee Joon-gi kembali menjadi aktor terbaik pada 2018 dalam rangka Penghargaan Tahunan Soompi ke-13 pada 2018.

4. Remember.

Drama Korea thriller tentang pembunuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Remember pertama tayang pada 9 Desember 2015 dan berhasil menyuguhkan cerita yang menarik. Drama ini mengisahkan Seo Jin-woo yang mengidap hyperthymesia yang memungkinkannya mengingat hampir setiap hari dengan detail sempurna. Kemampuan tersebut membuatnya berjuang untuk membebaskan Seo Jae-hyuk, ayahnya dari segala tuduhan kasus pembunuhan. Sementara itu, Seo Jae-hyuk mengalami penyakit Alzheimer yang membuatnya hilang ingatan. Empat tahun kemudian, Jin-woo berhasil menjadi pengacara dan menemukan serta menyeret pelaku sebenarnya ke penjara. Namun, suap-menyuap tak bisa dihindari karena pelaku merupakan orang berpengaruh. Ia terus berusaha bagaimana caranya membuktikan secara hukum bahwa ayahnya tidak bersalah dalam kasus pembunuhan yang selama ini dituduhkan. Drama serial ini dinilai sukses dan berhasil menyabet beberapa penghargaan penting. Dari 10 nominasi penghargaan yang didapat pada 2016, 3 di antaranya berhasil menjadi pemenang.

5. Mouse.

Drama Korea thriller tentang pembunuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Mouse menjadi salah satu drama Korea bergenre thriller yang berkisah tentang pembunuhan berantai. Drama serial ini mengisahkan Jung Ba-Reum (diperankan oleh Lee Seung-Gi) yang dikenal sebagai perwira polisi pemula yang jujur dan punya komitmen dengan keadilan. Ia harus bekerja sama dengan Ko Moo-chi (diperankan oleh Lee Hee-joon) untuk menangkap seorang pembunuh berantai yang juga membunuh ibunya Ko Moo-chi. Namun, saat mereka berdua sudah menemukan pelakunya, pembunuh tersebut tiba-tiba perilakunya berubah drastis. Hal ini membuat kedua orang polisi tersebut kebingungan. Sebab mengangkat cerita tersebut, serial drama Mouse ini berhasil menduduki peringkat ketiga di paruh pertama tahun 2021 sejak tayang pada 3 Maret 2021.

6. The Girl Who Sees Smells.

Drama Korea thriller tentang pembunuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Girl Who Sees Smells merupakan drama serial Korea yang diangkat dari dari webtoon KTOON dengan judul yang sama Seo Soo-kyung a /k/a Man Chwi. Drama yang tayang pada 1 April 2015 ini, berhasil memuncaki peringkat Contents Power Index (CPI) untuk drama paling berpengaruh pada tahun tersebut. Drama ini mengisahkan pembunuhan berantai yang coba diungkapkan oleh Choi Mu-gak (diperankan oleh Park Yoo-chun). Satu-satunya motivasi terkuat Mu-gak karena adik perempuannya terbunuh dalam sebuah pembunuhan misterius yang memakai Barcode. Kasus yang sama juga menimpa Choi Eun-seol (diperankan oleh Shin Se-kyung) dan secara ajaib ia selamat dari pembunuhan aneh tersebut. Sejak saat itu, kedua orang tersebut kehilangan indera penciumannya dan tidak bisa merasakan aroma apa pun. Selain memuncaki peringkat Contents Power Index (CPI) untuk drama paling berpengaruh, pada tahun 2015, drama serial ini juga meraih 8 nominasi penghargaan dan 4 di antaranya berhasil menjadi pemenang.

7. Flower of Evil.

Drama Korea thriller tentang pembunuhan berbagai sumber

foto: imdb.com

Flower of Evil mengisahkan Baek Hee-sung (Lee Joon-gi) yang menyembunyikan identitas aslinya dari Cha Ji-won (Moon Chae-won) yang tak lain adalah istrinya sendiri sekaligus yang berprofesi sebagai seorang detektif. Dilihat orang lain, mereka seperti keluarga yang harmoni dan seperti keluarga yang sempurna dengan seorang putri yang cantik. Namun, saat Cha Ji-won bersama rekan-rekannya melakukan penyelidikan, mereka menemukan bukti yang kuat keterlibatan Hee-sung dalam sebuah kasus pembunuhan. Penemuan ini menjadi dilema bagi Ji-won karena menyangkut orang yang selama ini ia cintai dan menjadi teman hidupnya di dalam rumah. Sebab mengangkat cerita yang menarik ini, Flower of Evil berhasil menyabet 3 penghargaan penting dari 11 nominasi yang didapatkan dari kurun waktu 2020-2021.

(brl/tin)