Brilio.net - Film Korea menjadi salah satu film yang dapat menembus penonton internasional. Apalagi, setelah film Parasite berhasil meraih penghargaan Piala Oscar pada 2020. Film Korea kemudian tidak perlu mengganti bahasanya agar bisa diterima oleh penonton dari berbagai negara. Walaupun lewat subtitle terjemahan, film Korea kemudian bisa menembus batas jarak tersebut.

Selain itu, film-film Korea berhasil menampilkan cerita-cerita menarik dan membuat banyak orang yang tidak menguasai bahasa Korea pun bisa paham dengan alur cerita tersebut. Tidak hanya itu, cerita-cerita yang ditampilkan merupakan fenomena yang sering dirasakan banyak orang.

Karena itu, film-film tersebut layak ditonton dan dapat menjadi tontonan awal tahun yang menarik. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (3/1), berikut 11 film drama Korea terbaik versi IMDb, Parasite raih penghargaan Oscar.

1. Escape from Mogadishu (2021).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Escape from Mogadishu merupakan adaptasi dari peristiwa nyata saat dua wakil kedutaan dari Korea Selatan dan Korea Utara terjebak di Perang Saudara di Somalia pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Film ini mengisahkan upaya dan kerja sama dari dua kedutaan tersebut untuk bisa melarikan diri dari konflik tersebut. Kerja sama tersebut menjadi hal yang menakjubkan di tengah kondisi negara yang punya hubungan diplomatik yang kurang akur. Film ini berhasil memenangkan 21 penghargaan di berbagai momen. Selain itu, film ini skor 7,1 di IMDb.

2. Parasite (2019).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Keluarga Kim Ki-taek beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram. Suatu hari Kim Ki-woo, anak laki-laki tertua direkomendasikan Min-hyuk, sahabatnya yang tak lain adalah seorang mahasiswa di universitas bergengsi. Ki-woo diminta untuk menjadi guru les yang dibayar mahal. Sampai suatu ketika, tawaran tersebut Ki-woo jalani dan menyamar sebagai mahasiswa Universitas Yonsei untuk bisa melamar pekerjaan di keluarga Park yang dikenal kaya raya. Pertemuan tersebut berjalan lancar dan membuat satu per satu keluarga Ki-woo juga diboyong ke rumah keluarga kaya ini dengan tipu muslihat. Film ini menjadi salah satu film dengan komedi gelap yang susah ditebak. Selain itu, film ini berhasil memenangkan penghargaan Piala Oscar pada 2020. Film ini pun berhasil meraih skor 8,6 di IMDb.

3. A Taxi Driver (2017).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

A Taxi Driver mengisahkan Kim Man-seob seorang sopir taksi yang harus menemani seorang reporter Jerman Peter yang sedang meliput langsung kerusuhan yang terjadi di Gwangju, Korea Selatan. Walaupun penuh bahaya, Kim Man-seob tak punya pilihan selain mengambil penumpang tersebut dan ia mau membayar mahal. Sembari menemani reporter tersebut, Man-seob berusaha sekuat tenaga untuk bisa menghindari pihak keamanan Korea yang sudah berjaga-jaga di berbagai pos penjagaan. Film ini menjadi salah satu dokumentasi sosial yang merekam kerusuhan terbesar yang pernah terjadi di Korea Selatan pada 1980-an. Film ini pun berhasil meraih skor 7,9 di IMDb.

4. The Handmaiden (2016).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

The Handmaiden merupakan film yang ditulis oleh legenda film Korea Selatan Chan-Wook Park. Berlatar saat Jepang menduduki Korea, film ini mengisahkan seorang perempuan bernama Izumi Hideko (Kim Min-hee) yang mempekerjakan seorang pembantu yang nantinya akan merebut kekayaannya bersama seorang karyawan lain. Film yang juga mengusung genre thriller ini penuh liku-liku, selalu tak terduga karena karakternya terus-menerus saling menusuk dan narator film ternyata tidak bisa diandalkan untuk menjadi pengawal cerita. Film ini menampilkan cerita yang sulit ditebak dan menampilkan adegan yang sama sekali tak terduga. Film ini pun berhasil meraih skor 8,1 di IMDb.

5. Miracle in Cell No. 7 (2013).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Miracle In Cell No. 7 mengisahkan kehidupan Lee Yong-goo, seorang ayah penyandang disabilitas mental yang dituduh melakukan penculikan, kekerasan seksual, hingga pembunuhan. Ia kemudian diancam hukuman mati dan akan hidup di penjara seumur hidupnya. Padahal, ia masih mempunyai seorang putri cerdas yang masih berusia enam tahun dan apa yang dituduhkan belum terbukti sepenuhnya. Selama dalam sel, Lee Yong-goo bertemu dengan penghuni lain.

Sejak masuk penjara, ia sangat rindu dengan anaknya, begitupun sebaliknya. Agar hubungan anak-bapak bisa terjalin kembali, teman penghuni sel membantu mereka mempertemukan Lee Yong-goo dan anaknya. Mereka perlu menyiapkan trik dan teknis super cerdas. Film ini menampilkan berbagai proses hukum, mulai dari memeriksa tempat kejadian perkara, hingga proses persidangan yang menguras emosi. Selain itu, film ini berhasil membuat banyak penontonnya menangis haru melihat perpisahan antara ayah penyandang disabilitas mental dengan putrinya yang cerdas. Film ini pun berhasil meraih skor 8,2 di IMDb.

6. Hope (2013).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Hope merupakan film yang menceritakan kisah malang So-won, seorang gadis muda yang mengalami pemerkosaan hingga hampir mati saat perjalanan ke sekolah. Saat dalam kondisi yang hampir tidak berdaya, ia kemudian berhasil memanggil ambulans dan ia pun berhasil mendapat pertolongan. So-won kemudian didiagnosis mengalami gejala gangguan stres pasca-trauma yang membuatnya mengira bahwa sang ayah adalah pelakunya. Film ini menampilkan bagaimana keluarga penyintas bisa menjalani kehidupan yang sama sekali berbeda setelah kejadian yang tak diinginkan menimpa putri yang mereka cintai. Film ini pun berhasil meraih skor 8,3 di IMDb.

7. Mother (2009).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Mother merupakan film yang mengisahkan perjuangan seorang ibu saat anak yang mengalami disabilitas mental tiba-tiba menjadi pelaku pembunuhan. Hanya bermodal sedikit bukti, anak tersebut ditetapkan menjadi tersangka dan akan menerima hukuman selama empat tahun. Sang ibu bersama pengacaranya kemudian berusaha untuk mencari bukti lain untuk membuktikan bahwa anaknya tidak bersalah. Film ini berhasil meraih skor 7,8 d IMDb.

8. Silenced (2011).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Silenced diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di Gwangju Inhwa School, sebuah sekolah berkebutuhan khusus di Korea Selatan. Film ini mengisahkan Kang In-ho, seorang guru seni di Benevolence Academy di kota fiksi Mujin, Provinsi Jeolla Utara yang baru saja masuk. Ia sangat bersemangat dengan pekerjaan barunya ini, tetapi anak-anak di sekolah tersebut malah menjauhinya. Namun, In-ho tidak begitu saja menyerah dan terus mengambil simpati murid-muridnya. Sampai kemudian para murid bersedia bercerita, In-ho kemudian tahu bahwa para muridnya telah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan para guru dan staf administrasi.

Gambaran dalam film ini kemudian membuat publik marah dan membuat kasus yang benar-benar terjadi ini dibuka kembali dan dilakukan penyelidikan. Selain itu, pada Oktober 2011, Majelis Nasional Korea Selatan menghapus undang-undang pembatasan kejahatan seks terhadap anak di bawah umur dan orang berkebutuhan khusus. Film ini pun berhasil meraih skor 8,1 di IMDb.

9. Poetry (2010).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Poetry merupakan film yang mengisahkan seorang wanita tua berusia 60-an (Yun Jung-hee) yang bekerja bekerja sebagai pengasuh untuk seorang pria disabilitas dan membesarkan cucunya sendirian. Dia harus menanggung serangan penyakit Alzheimer dan juga mengetahui bahwa cucunya adalah salah satu penyerang seorang gadis sekolah menengah pertama yang bunuh diri. Ia menjalani kehidupan sehari-harinya dan memenuhi impian seumur hidupnya menjadi penyai dan mulai mengambill kelas puisi dan menulis puisi. Film ini berhasil meraih skor 7,8 di IMDb.

10. Bedevilled (2010).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Bedevilled mengisahkan Kim Bok-nam, seorang anak gadis yang polos, tetapi punya sisi gelap dalam dirinya yang tinggal di sebuah desa di di pulau terpencil. Di pulau tersebut, ia bertemu dengan penduduknya yang kejam dan tujuh orang dari lima keluarga yang berlibur di pulau tersebut menjadi target pembunuhan. Saat semua orang yang terjebak dalam pulau ini ingin segera pergi, tetapi mereka sudah tidak punya waktu lagi. Mereka mau tak mau harus menghadapi semua risiko yang ada di pulau misterius tersebut.

11. Spring, Summer, Fall, Winter... and Spring (2003).

Film drama Korea terbaik versi IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Film ini dibagi menjadi lima segmen (musim tituler), masing-masing segmen menggambarkan tahap dalam kehidupan seorang biksu Buddha pemula dan guru yang lebih tua. Segmen-segmen tersebut kira-kira berjarak sepuluh hingga dua puluh tahun, dan masing-masing akis berlangsung selama pergantian musim. Cerita terungkap dengan sederhana, tetapi implikasi dari tindakan karakter diam-diam dikomentari oleh kehadiran simbol dan ikonografi Buddhis. Film ini berhasil meraih skor 8 di IMDb.