Brilio.net - Drama Korea sekolah tidak hanya menampilkan kisah-kisah romantis para remaja. Kenangan masa sekolah tidak selalu berisi kenangan manis bermain dan belajar di sekolah. Beberapa cerita lainnya juga sering kali menampilkan kisah tragis ataupun kekerasan yang menimpa anak sekolah, baik yang dilakukan oleh teman sendiri atau yang dilakukan oleh elemen dari sekolah.

Drama-drama Korea sekolah tersebut merekam berbagai hal yang paling mungkin terjadi. Seperti kasus kekerasan yang kemudian menyebabkan kematian salah satu murid di sekolah. Kasus yang kemudian menjadi kasus hukum yang melibatkan kekuasaan pihak sekolah dan juga intrik politik pengadilan.

Selain itu, drama Korea sekolah tersebut menampilkan kisah-kisah thriller yang barangkali sulit untuk dibayangkan dan bahkan untuk dinalar dengan baik saat di dunia nyata.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (7/1), berikut 11 drama Korea sekolah yang mendebarkan, tidak hanya kisah romantis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. All of Us Are Dead (2022).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Bagaimana jadinya jika sekelompok siswa terjebak di sebuah sekolah lantaran manusia zombi sedang mengepung mereka? Hal itulah yang akan menjadi tesis dasar dari drama Korea All of Us Are Dead. Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon Naver Now at Our School karya Joo Dong-geun yang pernah dipublikasikan pada 2009 dan 2011. Drama ini bakal menjadi drama thriller yang akan mengawali drama Korea Netflix pada 2022.

2. How to Buy a Friend (2020).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea How to Buy a Friend mengisahkan dua murid SMA membuat surat perjanjian yang memungkinkan mereka mengambil keuntungan satu sama lain. Layaknya remaja seusianya, Park Chan-hong (Lee Shin-young) menghabiskan hari-hari dengan berbagai kegiatan di sekolah. Ia rajin menulis dan berharap suatu saat akan menjadi seorang penulis. Sementara itu, ia punya teman bernama Eom Se-yoon (Kim So-hye) yang dikenal sebagai murid populer. Berbeda dengan Chan-hong, Se-yoon tidak suka mata pelajaran apa pun dan cenderung malas serta tidak peduli dengan segala hal terkait sekolah. Namun, mereka berdua kemudian terlibat dalam kasus pengungkapan misteri kematian kekasih Heo Don-hyuk.

3. Extracurricular (2020).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut. Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis itu ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai.

4. Class of Lies (2019).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Class of Lies mengisahkan seorang pengacara bernama Kim Moon-hyeok (Yoon Kyung-san) yang mendapat tugas untuk mengungkap kasus pembunuhan di sekolah elit. Tugas ini diberikan oleh pimpinan sekolah demi memperbaiki citra mereka di mata publik. Saat bertugas, Moon-hyeok menghadapi berbagai hal sulit yang tak pernah diketahui banyak orang tentang sekolah elit tersebut.

5. Beautiful World (2019).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Beautiful World berkisah tentang seorang anak laki-laki yang terluka parah karena insiden kekerasan di sekolah dan keluarganya yang mencari kebenaran serta memperjuangkan keadilan atas namanya. Semua bermula saat Park Sun-ho, anak Park Moo-jin dan Kang In-ha mengalami kekerasan dan bullying di sekolahnya sampai membuat anak tersebut hampir bunuh diri dan terluka parah. Moo-jin yang juga menjadi guru di sebuah sekolah menengah dan In-ha sebagai penjual roti segera melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib. Tak disangka, pelaku kekerasan tersebut adalah anak dari keluarga kaya dan juga ketua yayasan sekolah. Kedua orang tua Sun-ho berusaha keras agar kasus itu segera diproses dan menolak keinginan pihak sekolah untuk menutup kasus tersebut.

6. Nightmare Teacher (2016).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Nightmare Teacher berkisah saat seorang wali kelas mengalami kecelakaan dan harus digantikan oleh guru pengganti bernama Han Bong-gu di sekolah Yosan High. Guru pengganti tersebut membawa aura misterius yang menakutkan setiap kali memasuki kelas. Tampaknya, Han Bong-gu dapat membaca pikiran para siswa. Sejak saat itu, suasana kelas tak lagi asyik, tetapi terbawa dengan suasana mistis dan menakutkan.

7. Solomon's Perjury (2016).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Solomon's Perjury berawal dari seorang siswa bernama Lee So-woo (Seo Young-joo) yang secara mengejutkan ditemukan tewas di halaman sekolah. Polisi dan pihak sekolah sepakat bahwa itu adalah kasus bunuh diri. Namun, beberapa hari kemudian, sebuah surat yang berisi pernyataan seorang saksi dikirimkan pada Ko Seo-yeon (Kim Hyun-soo), ketua kelas So-woo yang sekaligus putri seorang detektif polisi senior, menyatakan bahwa So-woo tidak bunuh diri, melainkan mati dibunuh oleh Choi Woo-hyuk (Back Cheol-min), berandalan sekolah yang kebetulan ayahnya adalah pria yang berpengaruh dan memiliki kuasa, CEO Choi (Choi Joon-Yong).

Perbedaan pemikiran dan kepentingan antara "orang dewasa" (pihak sekolah, orang tua, kepolisian) dengan "anak muda" (siswa sekolah) membuat Seo-yeon memutuskan untuk menyelidiki sendiri kasus kematian So-woo bersama dengan teman-temannya.

8. Who Are You: School 2015 (2015).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Who Are You: School 2015 Go Eun-byul dan Lee Eun-bi (keduanya diperankan oleh Kim So-hyun) saudara kembar identik yang sempat berpisah karena diadopsi keluarga lain ketika usia lima tahun. Eun-bi tinggal di Love House, sebuah panti asuhan di Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan, tempat yang memandangnya sebagai sosok ibu. Namun, dia menyembunyikan fakta bahwa dia diintimidasi di sekolah oleh sekelompok gadis jahat yang dipimpin oleh Kang So-young dan para guru menutup mata seolah tidak mengetahui kejahatan tersebut.

Di sisi lain, Go Eun-byul belajar di Sekang High School, sekolah bergengsi dan menjadi swasta termahal di Seoul's Gangnam District. Mereka berdua punya kehidupan berbeda dan terkadang terhubung satu sama lain, baik di sekolah maupun saat mereka mau tidur di tempat tidurnya.

9. Schoolgirl Detectives (2014).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Schoolgirl Detectives mengisahkan lima siswa perempuan di Seonam Girls' High School. Ahn Chae-yool, gadis berkelas, baru di sekolah; Yoon Mi-do, pemimpin yang dikenal sebagai orang aneh di sekolah; Lee Yee-hee, yang ingin menjadi aktris atau idola banyak orang; Kim Ha-jae, pakar komputasi; Choi Sung-yoon, tukang roti dan suka perdamaian jika terjadi perselisihan.

Mereka berlima membentuk klub detektif dan berangkat untuk memecahkan misteri di sekitarnya. Tanpa diduga mereka terlibat dalam beberapa kasus intimidasi, aborsi, dan bunuh diri akibat depresi karena perundungan yang dilakukan oleh pegawai dan siswa sekolah yang mereka tempati.

10. Dream High (2011).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Dream High berkisah tentang enam siswa di Kirin High School berbagi mimpi menjadi idola K-pop. Selama tahun-tahun sekolah, mereka belajar bagaimana mengembangkan keterampilan menyanyi, menulis lagu, dan menari sambil menjalani pertumbuhan pribadinya masing-masing. Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan dan kelemahan, tetapi mereka berusaha untuk debut dengan dukungan dan bimbingan satu sama lain. Selain itu, rasa cinta di antara mereka yang terus bersama menjadi hal yang tak bisa mereka hindarkan.

11. White Christmas (2011).

Drama Korea sekolah yang mendebarkan berbagai sumber

foto: imdb.com

White Christmas mengisahkan sekelompok pelajar SMA yang menerima surat anonim berisi kata-kata kasar dan ancaman. Park Mu-yeol, seorang siswa teladan pertama kali menerima surat tersebut. Selain itu, Jo Young-jae, adalah seorang pembully dan sering menyerang siswa lain untuk menutupi ketidakpercayaan dirinya.

Sementara itu, Yoo Soo adalah seorang siswa yang menjadi bulan-bulanan teman-temannya yang melampiaskan emosinya. Pada saat semua siswa sedang liburan, ancaman yang pernah dapat dari surat anonim tersebut menjadi kenyataan dan membuat salah satu siswa tewas secara misterius.

(brl/red)