Brilio.net - Segala aktivitas rutin setiap hari di kamar mandi biasanya melibatkan menyikat gigi, membersihkan wajah dengan sabun, mencuci rambut dengan sampo dan tentu saja membersihkan wajah. Tapi kalau kamar mandi kamu tidak menggunakan bak mandi alias shower, salah satu aktivitas yang nggak boleh kamu lakukan adalah mencuci muka.

Menurut seorang ahli perawatan kulit mengungkapkan bahwa mencuci wajah di bawah pancuran shower, dapat merusak kulit muka. Menurut HelloGiggles, kulit wajah merupakan kulit yang paling sensitif. Sedangkan saat mandi dengan shower, kamu nggak bisa memastikan air yang kamu gunakan sudah berada pada suhu yang tepat untuk wajah kamu.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari metro.co.uk, Jumat (4/3), ahli kesehatan kulit Dr Tanzi mengungkapkan pada The Gloss bahwa daripada mencuci muka di bawah pancuran shower lebih baik mencuci muka di wastafel.

"Kamu bisa mengukur suhu lebih efektif dan harus menggunakan air hangat suam-suam kuku. Jangan air dingin," jelasnya.

BACA JUGA: Ini jawaban paling logis soal cewek tidur pakai bra aman atau nggak

Biasanya sih, seseorang memang mandi di shower menggunakan air panas. Tapi mencuci wajah dengan air panas dapat menyebabkan kerusakan kulit, membuat kulit dehidrasi dan kering dalam jangka panjang. Sebagai tambahan, kalau kamu memiliki kulit yang rentan atau sensitif terhadap air panas hanya akan membuatnya jadi lebih buruk karena melebarkan pembuluh darah dan kapiler. Ujung-ujungnya muka kamu jadi lebih mudah berjerawat.

Dan satu lagi, mencuci wajah di kamar mandi menggunakan shower berarti akan ada lebih banyak air di wajah daripada kamu mencuci wajah di wastafel. Ya nggak?