Brilio.net - Menstruasi adalah perjuangan bulanan yang harus dilalui semua wanita di seluruh dunia. Mulai dari munculnya kram di perut, mood yang bisa berubah-ubah sampai kalap 'pingin makan' apa aja yang ada di depan mata. Ternyata saat menstruasi tak hanya melibatkan hal itu, kebiasaan buang air besar juga terpengaruh.

Kamu harus memahami dulu bahwa menstruasi pada dasarnya terdiri dari darah, cairan vagina, sel-sel kekebalan tubuh dan sel-sel dari uterus. Sebuah studi yang menganalisis darah selama periode menstruasi menunjukkan ada 385 protein yang unik dan tak benar-benar ditemukan dalam cairan vagina atau di salah satu sirkulasi darah dalam tubuh manusia.

Nah, selanjutnya dilansir brilio.net dari wittyfeed, Rabu (17/2), mengapa banyak wanita bisa sering buang air besar selama menstruasi? Alasannya karena prostaglandin yang merupakan sejenis hormon yang memicu kontraksi di rahim. Pada sebagian orang, adanya kontraksi ini juga berlanjut hingga ke usus yang menyebabkan sering buang air besar. Jadi pergerakan usus nggak dirasakan semua wanita. Hal ini hanya terjadi saat wanita menghasilkan prostaglandin berlebihan ketika menstruasi.

Selain karena pengaruh hormon, ternyata kalau kamu stres atau sedang cemas bisa meningkatkan kebiasaan buang air besar kala menstruasi. Menurut Jennifer Gunter, MD, dokter ahli obstetri dan ginekologi dari San Fransisco, ada lebih banyak sel saraf di dalam saluran pencernaan dibandingkan di otak atau tulang belakang kamu. Jadi kalau kamu cemas, usus bisa berfungsi di luar kendali.

Masih bingung? Untuk lebih lanjut kamu bisa lihat penjelasan di video ini:

Loading...