Brilio.net - Punya microwave di rumah bisa jadi penolong ketika kamu ingin memanaskan kembali makanan semalam. Tapi peralatan elektronik ini dibuat bukan untuk semua benda lho. Ada item tertentu yang seharusnya jangan pernah kamu masukkan ke dalam microwave.

Selain item tertentu yang perlu diperhatikan, penting juga untuk mencatat kemasan makanan kamu, seperti bahan-bahan tertentu yang bisa saja berisi sejumlah bahan kimia seperti benzena dan xilena atau zat karsinogen lainnya. Kemasan yang mengandung BPA sangat berbahaya karena dapat menyebabkan ketidakstabilan hormon, infertilitas, dan penyakit jantung serta otak.

Namun, ketika berbicara soal nutrisi dari makanan, kamu nggak perlu khawatir saat harus memanaskannya dengan microwave. Meskipun beberapa orang percaya bahwa memanaskan makanan dengan microwave dapat menghilangkan kandungan nutrisi.

Menurut laman New York Times, metode pemanasan dengan microwave nggak jauh berbeda dengan metode pemanasan lainnya. Bahkan microwave lebih menghemat waktu memasak dan lebih efektif untuk menjaga kandungan nutrisi daripada metode pemanasan lainnya.

Nah, yang perlu kamu khawatirkan dari penggunaan microwave adalah benda-benda berikut ini. Seperti dilansir brilio.net dari Bustle, Rabu (13/4) ini dia benda yang nggak boleh kamu masukkan ke dalam microwave. Perhatikan, ya!


1. Wadah plastik

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Memanaskan makanan di wadah plastik adalah kesalahan besar dan sangat berbahaya. Ketika kamu memanaskan makanan dengan wadah plastik terutama yang terbuat dari zat kimia yang disebut bisphenol-A (BPA), dapat memicu lepasnya senyawa penyebab kanker (karsinogen) yang kemudian akan meresap langsung ke makanan dan tertelan olehmu.


2. Bungkus plastik

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Sama halnya dengan wadah plastik, bungkus plastik juga jangan kamu masukkan ke dalam microwave. Jika kamu mendapati makanan kemasan yang tertulis 'panaskan', pastikan terdapat label yang tertulis 'microwave safe'. Tapi sebaiknya tetap usahakan untuk tidak membiarkan bungkus plastik menyentuh makanan saat harus dipanaskan.


3. Styrofoam

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Meskipun beberapa styrofoam secara khusus diberi label 'microwave safe', tetap saja styrofoam adalah jenis lain dari kemasan plastik yang mengandung bahan kimia yang dapat larut ke dalam makanan kamu. Apalagi kalau nggak ada label 'safe', kandungan dari styrofoam seperti benzen, karsinogen, dan styrene bisa bereaksi dengan cepat begitu makanan dimasukkan ke dalam styrofoam bahkan sebelum pemanasan dilakukan. Uap panas dari makanan akan memicu reaksi kimia ini terjadi lebih cepat.


4. Air Susu Ibu (ASI)

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa ASI yang dipanaskan dalam microwave menunjukkan penurunan aktivitas enzim yang sehat dan 18 kali lebih tinggi pertumbuhan E-coli dari ASI yang nggak dipanaskan dalam microwave. Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyarankan untuk tidak memanaskan ASI dalam microwave karena dapat memanaskan ASI secara merata sehingga menghasilkan 'hot spot' yang dapat membakar mulut bayi.


5. Aluminium Foil

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Benda logam, termasuk aluminium foil, dikenal untuk memancarkan bunga api dan terbakar. Aluminium foil menyerap panas sangat cepat dalam microwave. Hal ini dapat menyebabkan percikan api yang dapat menekan sesuatu yang lain dalam oven dan timbullah api.


6. Daging

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Meskipun nggak apa-apa buat memanasakan daging, tapi menempelkan daging mentah dalam microwave dapat menimbulkan masalah. Alasannya daging nggak bisa masak secara merata sehingga meninggalkan beberapa bagian yang mentah atau setengah matang. Selain itu, penggunaan microwave untuk memasak daging mentah dapat menyebabkan bakteri menyebar di dalam daging sehingga berbahaya bagi kesehatan kamu.


7. Wadah dari restoran China

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Pernah membawa pulang makanan untuk dari restoran China? Biasanya sih makanan yang kamu pesan akan dimasukkan ke dalam wadah seperti ini. Nah, wadah ini sama halnya dengan aluminium foil juga bisa memicu api ketika dimasukkan ke dalam microwave. Jadi jangan berpikir wadah ini aman ya!


8. Kantong kertas berwarna cokelat

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Paper bags berwarna cokelat juga termasuk dalam bahan yang nggak aman untuk dimasukkan ke dalam microwave. Kantong kertas berwarna cokelat ini dapat menyebabkan kebakaran serta dapat memancarkan asap beracun.


9. Buah

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Ini mungkin nggak terdengar terlalu menarik untuk memasukkan buah dalam microwave. Jelas, kamu pasti sudah mengetahuinya. Tetapi jika untuk beberapa alasan kamu perlu memanaskan buah, microwave bukan tempat yang tepat untuk melakukannya. Buah nggak bisa bertahan pada suhu microwave karena terlalu panas.


10. Telur

benda jangan masuk microwave © 2016 brilio.net

Beberapa artikel secara online menyarankan untuk membuat telur rebus secara cepat dengan menggunakan microwave. Namun para ahli menyarankan agar hal ini tidak dilakukan, kecuali jika kamu ingin berurusan dengan telur yang meledak. Tuh, malah jadi ribet urusannya kan?

Nah, jika dari kesepuluh benda ini masih membuatmu ragu, selalu periksa kemasan untuk mencari label yang mengatakan 'microwave safe' ya. Kalau kamu masih nggak yakin, pilihlah metode pemanasan lainnya selain menggunakan microwave. Semoga bermanfaat, guys!