Brilio.net - Gorengan bisa jadi makanan favorit setiap orang. Siapa sih yang nggak suka gorengan. Selain harga yang murah meriah,rasa yang renyah bikin gorengan jadi primadona anak-anak kos saat tanggal tua. Makanya tak heran jika pedagang gorengan menjamur di berbagai ruas jalan.

Nah, saat membeli gorengan pernah nggak sih kalian mengamati bungkusnya? Biasanya penjual akan menggunakan kantong plastik dan kertas koran untuk membungkusnya. Nah bagi yang sering membeli gorengan dengan bungkus koran patut hati-hati nih.

Pasalnya membungkus gorengan dengan koran itu bisa berbahaya buat kesehatan lho. Kok bisa? Simak deh penjelasannya di bawah ini seperti yang brilio.net lansir dari Zeenews, Jumat (25/3):

1. Bisa menyebabkan kanker

Tahu nggak sih jika minyak pada gorengan menempel pada tulisan di koran bisa membuat tintanya luruh. Ujung-ujungnya zat kimia pada tinta akan menempel pada gorengan dan masuk ke tubuh. Padahal tinta itu tak boleh masuk dalam tubuh karena mengandung zat bersifat karsinogenik yang berpotensi menyebabkan kanker.

Loading...

2. Berpengaruh buruk pada paru-paru dan ginjal

Koran juga mengandung yang grafit yang berpotensi menjadi racun jika masuk dalam tubuh. Dan jika grafit sudah lama bersemayam dalam tubuh akan membuat paru-paru dan ginjal ikutan rusak.

3. Mengganggu pencernaan tubuh dan hormon

Tinta pada koran mengandung banyak zat kimia yang berbahaya salah satunya pelarut yang dapat membuat pencernaan menjadi terganggu. Tak hanya itu saja pelarut kimia itu juga bisa membuat keseimbangan hormonmu terganggu lho.

Meski begitu kamu jangan khawatir lalu ngambek nggak mau beli gorengan lagi. Kamu bisa tetap menikmati gorengan dengan nyaman kok. Caranya adalah mengganti bungkus kertas koran dengan tissue khusus dapur atau kertas minyak. Kalau tidak ada kamu bisa menggunakan kertas putih tanpa tulisan dari tinta.