Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang kerap dilakukan saban harinya. Entah itu yang berkaitan dengan hal yang dianggap remeh ataupun hal yang cukup serius. Padahal, ada banyak kebiasaan yang ternyata tak baik untuk dilakukan dan malah sebaiknya dihindari. Nah, berikut 13 kebiasaan yang kerap dilakukan manusia dan sebaiknya dihindari, seperti dikutip brilio.net dari mensfitness.com, Jumat (1/4):

1. Menahan kentut

kebiaaan yang ternyata buruk © 2016 brilio.net

-foto: duniaq.com-

Banyak orang yang sering sekali melakukan kebiasaan ini. Alasan tak ingin mengganggu teman yang ada di dekatnya atau tak mau malu jika ditertawakan. Padahal, menahan kentut ternyata bisa menyebabkan kembung yang berlebihan dan ketidaknyamanan perut. Jadi, lebih baik kamu keluarkan hasrat kentutmu itu. Tentu dengan menyingkir dari keramaian.

Loading...

2. Menggigit kuku

kebiaaan yang ternyata buruk © 2016 brilio.net

-foto: wpdentalgroup.com

Banyak orang yang menggigit kukunya ketika merasa cemas dan rasa tidak aman. Padahal banyak tersimpan bakteri di bawah ujung kuku, baik itu bakteri Salmonella, E. Coli, atau bakteri lain yang bisa menyebabkan flu. Ujung kuku yang memuat banyak bakteri juga bakal menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

3. Keramas terlalu sering

kebiaaan yang ternyata buruk © 2016 brilio.net--foto: emgn.com

Keramas setiap hari ternyata tak baik untuk rambut. Hal itu bisa menyebabkan rambut cepat rapuh. Dengan tak mengeramasi rambut terlalu sering, sebenarnya kamu telah menjaga agar natural oil pada rambut dapat bekerja. Tapi tentu hal ini harus disesuaikan dengan aktivitasmu.

4. Makan terlalu banyak protein

kebiaaan yang ternyata buruk © 2016 brilio.net-foto: sehatfresh.com

Kelebihan dosis protein ternyata bisa menyebabkan dehidrasi berlebih dan kehilangan kalsium yang berakibat buruk bagi ginjal. Tentu kelebihan protein juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

5. Mengonsumsi terlalu banyak kafein

kebiaaan yang ternyata buruk © 2016 brilio.net

-foto: phandroid.com

Kafein yang direkomendasikan untuk dikonsumsi tak lebih dari 300 miligram setiap hari. Ada juga yang menyebut jika konsumsi kafein setiap hari tak lebih dari 200 miligram. Meski begitu, masih banyak orang yang melebihi takaran yang direkomendasikan itu. padahal terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, kecemasan, dan stres di siang hari. Jangka panjangnya, kelebihan kafein dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baru tahu kan? Sekarang KLIK NEXT untuk tahu kebiasaan lainnya.