Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang kerap dilakukan saban harinya. Entah itu yang berkaitan dengan hal yang dianggap remeh ataupun hal yang cukup serius. Padahal, ada banyak kebiasaan yang ternyata tak baik untuk dilakukan dan malah sebaiknya dihindari. Nah, berikut 13 kebiasaan yang kerap dilakukan manusia dan sebaiknya dihindari, seperti dikutip brilio.net dari mensfitness.com, Jumat (1/4):

1. Menahan kentut


foto: duniaq.com

Banyak orang yang sering sekali melakukan kebiasaan ini. Alasan tak ingin mengganggu teman yang ada di dekatnya atau tak mau malu jika ditertawakan. Padahal, menahan kentut ternyata bisa menyebabkan kembung yang berlebihan dan ketidaknyamanan perut. Jadi, lebih baik kamu keluarkan hasrat kentutmu itu. Tentu dengan menyingkir dari keramaian.

2. Menggigit kuku


foto: wpdentalgroup.com

Banyak orang yang menggigit kukunya ketika merasa cemas dan rasa tidak aman. Padahal banyak tersimpan bakteri di bawah ujung kuku, baik itu bakteri Salmonella, E. Coli, atau bakteri lain yang bisa menyebabkan flu. Ujung kuku yang memuat banyak bakteri juga bakal menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

3. Keramas terlalu sering



foto: emgn.com

Keramas setiap hari ternyata tak baik untuk rambut. Hal itu bisa menyebabkan rambut cepat rapuh. Dengan tak mengeramasi rambut terlalu sering, sebenarnya kamu telah menjaga agar natural oil pada rambut dapat bekerja. Tapi tentu hal ini harus disesuaikan dengan aktivitasmu.

4. Makan terlalu banyak protein



foto: sehatfresh.com

Kelebihan dosis protein ternyata bisa menyebabkan dehidrasi berlebih dan kehilangan kalsium yang berakibat buruk bagi ginjal. Tentu kelebihan protein juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

5. Mengonsumsi terlalu banyak kafein


foto: phandroid.com

Kafein yang direkomendasikan untuk dikonsumsi tak lebih dari 300 miligram setiap hari. Ada juga yang menyebut jika konsumsi kafein setiap hari tak lebih dari 200 miligram. Meski begitu, masih banyak orang yang melebihi takaran yang direkomendasikan itu. padahal terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, kecemasan, dan stres di siang hari. Jangka panjangnya, kelebihan kafein dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baru tahu kan? Sekarang KLIK NEXT untuk tahu kebiasaan lainnya.

2 dari 2 halaman


6. Menonton TV sebelum tidur


foto: reverie.com

Banyak orang yang sengaja menonton TV agar bisa tertidur hingga akhirnya TV masih hidup sampai terbangun. Ternyata hal itu tak baik. Cahaya terang dari TV dapat merangsang otak dan mengganggu melatonin, yakni hormon yang dibuat oleh kelenjar pineal yang ada di otak. Tayangan TV juga bisa menyebabkan kamu tiba-tiba terbangun dari tidur.

7. Makan sebelum olahraga


foto: mensfitness.com

Makan besar hingga satu jam sebelum olahraga bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Sebelum olahraga, hindari makanan tinggi serat dan tinggi lemak yang membutuhkan waktu lama untuk mencerna serta menyebabkan kram dan kelesuan. Jika kamu lapar sebelum olahraga, makanlah makanan kecil dan mudah dicerna seperti buah.

8. Duduk terlalu banyak dalam sehari


foto: emgn.com

Biasanya jika sudah serius dalam bekerja, orang bisa duduk seharian di depan komputer. Ternyata hal itu tak baik untuk kesehatan. Duduk terlalu lama tanpa dibarengi variasi bisa menyebabkan risiko penyakit jantung dan obesitas. Sering-seringlah berdiri dan beranjak dari tempat dudukmu dalam jangka waktu tertentu.

9. Terus menatap layar sepanjang hari


foto: corcodilos.com

Mata kering dan perih menjadi masalah yang sering dialami oleh orang yang beraktivitas di depan komputer seharian. Untuk menghindari computer vision syndrome, pastikan jaga jarak pandang komputer dan sesekali alihkan fokus matamu.

10. Menggendong ransel terlalu berat

foto: emgn.com

Menggendong ransel yang isinya berlebih ternyata berbahaya. Hal itu bisa menyebabkan sakit pada bahu dan mati rasa pada jari. Tekanan dari beratnya ransel bisa menyalur ke bagian bawah kulit dan disalurkan pada syaraf kulit bernama brachial plexus nerves. Karena tekanan tersebut, saraf lebih sensitif dan bisa rentan rusak karena beban dari ransel.