×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Susah BAB? Pijat area tubuh ini biar perutmu nggak begah

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Susah BAB? Pijat area tubuh ini biar perutmu nggak begah

foto: naturecare.com.ng

Teknik pijat ini juga dianjurkan untuk wanita hamil.

05 / 04 / 2016

Brilio.net - Terkadang kamu merasa susah buang air besar (BAB), iyakan?  Selain berupaya minum obat pencahar atau makan makanan yang memperlancar BAB, kamu bisa lho memijat bagian tubuh tertentu.

Sebagaimana dikutip brilio.net dari laman Women's Health, Senin (4/4), kamu bisa memijat area perineum. Perineum adalah area kulit tubuhmu yang memisahkan area 'pribadi'-mu dengan anus. Menurut studi baru dalam Journal of General Internal Medicine, area ini adalah titik tekan yang ketika dipijat dapat meringankan sembelit.

Perlu kamu ketahui, sembelit adalah keluhan paling umum terjadi, sekitar 19% dari kita mengalaminya. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa sembelit lebih banyak menyerang wanita daripada pria. Maka dari itu, kamu bisa mempraktikkan teknik pijat tersebut.

Teknik pijat ini juga dianjurkan pada wanita hamil untuk membantu merilekskan area pribadi dan anus. Selain itu juga mencegah kerobekan selama persalinan. Penelitian juga berteori bahwa pijatan mampu mengendurkan area perut juga.

Dalam penelitian ini, 100 subjek yang mengalami sembelit dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi info tentang pengobatan standar, sedangkan yang lain menerima info pilihan pengobatan plus diajari pijat perineum ini.

Loading...

Setelah empat minggu, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang mempraktikkan pijat mengalami fungsi usus yang baik ketimbang kelompok pertama. Partisipan yang melakukan pijat mengatakan teknik ini membantu memecah atau melunakkan tinja, dan 82% mengatakan mereka terus melakukannya secara rutin selepas penelitian berakhir.

Walau para peneliti menganjurkan para dokter untuk menganjurkan pasien sembelitnya memijat perineum di samping banyak makan makanan berserat dan olahraga, mereka juga mendorong penelitian lebih lanjut ada. Hemmm... sepertinya patut dicoba ya, guys! Jangan lupa cuci tangan setelah memijit biar nggak diare.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more