Brilio.net - Kamu pasti nggak asing lagi dengan yoghurt. Tapi sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan tahu susu atau yang sering disebut curd. Nah,  baik tahu susu maupun yoghurt sebenarnya sama-sama bagus untuk kesehatanmu karena kandungan nutrisinya.

Selain sama-sama merupakan olahan susu. Terus apa perbedaan keduanya, ya? Berikut sedikit beda tipis antara yoghurt dan tahu susu.

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Difference Between, Kamis (24/3), yoghurt adalah produk susu yang dibuat dari fermentasi bakteri pada susu sehingga menghasilkan asam laktat. Sedangkan tahu susu adalah produk susu yang didapat dari proses pengentalan akibat dicampur zat asam yang dapat dimakan. Zat asam ini diperoleh dari semisal jus lemon atau cuka, kemudian disaring cairannya.

Bicara kandungan nutrisinya, yoghurt mengandung kalsium, fosfor, riboflavin-vitamin B2, yodium, vitamin B12, pantothenic acid-vitamin B5, zinc, kalium, protein, dan molibdenum.

Yoghurt juga punya kandungan probiotik tinggi yang bisa menyokong jangka hidup seseorang lebih lama, dalam artian badannya lebih sehat. Bakteri dalam yoghurt juga bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan tahu susu, empat onsnya saja selain mengandung probiotik, juga mengandung 111 kalori, 12 gram protein, 5 gram lemak, dan 3 gram karbohidrat. Tahu susu juga mengandung sejumlah vitamin A, E, dan K, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin B12, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, fluoride, selenium lemak jenuh, dan asam oleat.

Kalau rasa yoghurt itu agak asam, maka tahu susu sedikit lebih asam dari yoghurt. Keduanya dapat dimakan langsung atau disandingkan dengan makanan lain. Misalnya yoghurt dijadikan pengganti krim dari banyak resep kue, sedangkan tahu susu bisa dicampur dalam sandwich.

Nah, kamu mau cobain yang mana?