Brilio.net - Apakah kamu tipikal orang yang suka menilai orang dari pandangan pertama? Kalau iya, ternyata kamu nggak sendirian. Hampir kebanyakan orang pasti punya kesan terhadap orang yang ditemuinya pertama kali. Lalu apa kesan tersebut?

Dikutip brilio.net dari brightside.me, Rabu (8/6), Amy Cuddy, seorang profesor Harvard Business School telah mempelajari kesan pertama bertemu bersama rekan psikolognya, Susan Fiske dan Peter Glick, selama lebih dari 15 tahun. Mereka telah menemukan pola dalam interaksi ini.

Dalam buku barunya, "Presence," Cuddy menyebut jika saat bertemu dengan orang pertama kali, seseorang akan melemparkan dua pertanyaan.

Pertanyaan pertama: Dapatkah saya memercayai orang ini?

Pertanyaan kedua: Dapatkah saya menghormati orang ini?

Loading...

BACA JUGA: 5 Kondisi yang dilakukan cowok ketika jatuh cinta, benar nggak ya?

Dalam penelitiannya, kebanyakan orang profesional akan melihat kompetensi seseorang saat pertama bertemu. Tak cuma itu, mereka juga akan melihat apakah lawan bicaranya itu cukup pintar dan berbakat ataukah tidak. Tak hanya itu, empati dan kemampuan seseorang menjadi hal yang akan dilihat saat pertama bertemu.

Jika kamu mencoba tak memberi kesan mendalam saat pertama kali bertemu, bisa jadi kamu akan sulit membangun hubungan yang baik dengan orang tersebut. Sebelum kamu mengharapkan orang lain menghargai dirimu, terlebih dahulu buat diri kamu untuk bisa dihargai, diandalkan, dan dipercaya. Hal ini tentu akan sangat berguna saat kamu berada di dunia pekerjaan.