Brilio.net - Membeli dan menyantap makanan yang nggak kamu masak sendiri di rumah sebaiknya perlu untuk selalu berhati-hati. Pasalnya, di beberapa negara termasuk Indonesia pernah muncul beberapa kasus penemuan bangkai hewan dan benda menjijikkan dalam produk makanan yang dibeli. Produk makanan tersebut cenderung kepada makanan kemasan, makanan cepat saji, sampai makanan kaki lima yang jadi favorit masyarakat.

Nah, berikut ini 12 bangkai hewan serta benda menjijikkan yang pernah ditemukan dalam produk makanan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (2/4):

1. Kodok mati dalam kaleng pepsi

Warga Amerika Serikat, Fred DeNegri sedang memanggang daging di rumahnya, setelah itu dia membuka sekaleng pepsi dan segera meneguknya karena merasa haus. Setelah diminum, dia malah tersedak karena rasa pepsi tersebut berubah menjadi berlendir. Dia langsung membawanya ke wastafel dan mengeluarkan isi pepsi sampai benda aneh berwarna hitam muncul.

DeNegri segera membawa Pepsi itu ke FDA untuk pengujian laboratorium. Setelah diselidiki, dia menerima hasil uji laboratorium dari Food and Drug Administration Office of Regulatory Affairs yang menyimpulkan bahwa benda aneh berwarna hitam itu adalah kodok mati.

2. Bangkai tikus dalam saus kari

Dilansir dari baklol, Cate Barret membeli sebotol saus kari dari sebuah toko lokal. Apesnya, dia malah menemukan bangkai tikus dalam saus favoritnya itu. Padahal saat itu dia tengah meyiapkan makan malam untuk dirinya sendiri dan pacarnya. Saat menuangkan saus dalam panci, dia melihat ada yang kental. Setelah diaduk, dia melihat benda yang tampak seperti kumis dan ekor. Kemudian dia mengeluarkan isi saus dan menemukan bangkai tikus. Pasangan itu langsung kembali ke toko dan memprotes adanya bangkai tikus dalam saus pada manajer toko. Manajer toko pun meminta maaf dan mengatakan akan melakukan pemeriksaan.

3. Serpihan kain goni dalam roti

Seorang wanita asal Irlandia Utara menemukan bagian dari sarung tangan dalam sepotong rotinya. Awalnya dia tidak menyadarinya, sampai mulai malahap roti itu. Ia lalu melaporkan kejadian itu pada dinas kesehatan setempat. Ternyata, roti yang dibeli dari toko lokal itu penuh dengan serpihan kain goni. Produsen roti yang jorok itu akhirnya mendapat denda sebesar 750 poundsterling.

4. Kecoa di salah satu menu makanan cepat saji

McDonald kembali menjadi sorotan media sosial. Pengguna Reddit dengan nama Link BoyJT memesan hash brown di restoran cepat saji dan merasa ada benda yang aneh di baliknya. Ternyata itu adalah kecoa. Jelas saja, ia tak jadi memakannya dan menunjukkan kepada manajer restoran. Meski ia dijanjikan untuk mendapatkan makanan yang sama secara gratis ketika order di waktu selanjutnya, tapi ia memilih untuk tak benar-benar datang dan menagih janji si manajer restoran.

5. Kecoa dalam makanan ringan

Seorang pria nyaris memakan kecoa yang ditemukan dalam makanan ringan bernama Golden Boy. Kecoa itu sangat sulit ditemukan karena seperti sudah dilapisi dengan biji wijen sehingga menyatu dengan isi snack. Kecoa baru ditemukan setelah pria tersebut melahap 1/3 snack. Kecoa itu bahkan memiliki biji wijen di atasnya yang berarti sudah ada sejak produsen makanan membuat snack tersebut, bukan?

6. Tikus dalam roti tawar

Stpehen Forse dari Kodlington, Oxfordshire, Inggris, membeli roti di sebuah toko pada bulan Januari 2009. Dia sangat shock ketika menemukan tikus mati di bagian ujung roti tawar saat akan membuat sandwich untuk anak-anaknya. Sebagai permintaan maaf atas kelalaian untuk memastikan semua tahapan produksi, Premier Foods sebagai produsen roti memberi ganti rugi berupa uang.

Menjijikkan banget ya? KLIK NEXT untuk melihat yang lebih bikin mual!

2 dari 2 halaman


7. Potongan jari manusia dalam frozen custard

Seorang pria menemukan potongan jari dalam custard beku (sejenis dessert) yang dibelinya dari sebuah toko bernama Kohl's Frozen Custard. Penjual toko mengatakan potongan jari itu milik seorang pekerja yang terluka dalam mesin pengolahan makanan. Pemilik toko, Craig Thomas, membenarkan perkataan tersebut dengan mengatakan bahwa memang pernah ada yang karyawan berusia 23 tahun yang mengalami kecelakaan kerja. Karyawan itu jarinya terpotong mesin dan potongan itu menghilang bersama custard yang tengah diproduksi.

8. Kodok dalam sayuran beku

Pada tahun 2010, Tim Hoffman dan sang istri menemukan seekor kodok dalam kantong sayuran beku yang mereka beli di toko kelontong. Mereka terkejut ketika membuka bungkus sayuran tiba-tiba menemukan seekor kodok yang ikut membeku dengan sayur. Segera, mereka menghubungi kantor FDA di Amerika Serikat untuk dilakukan penyelidikan. Toko di mana sayuran beku mereka beli langsung mengeluarkan recall dan melakukan pemeriksaan untuk semua produk tersebut.

9. Kotoran manusia dalam es krim

Sebuah keluarga menggugat koki dari Coogee Bay Hotel di Sydney karena menyajikan kotoran manusia dalam es krim yang mereka pesan. Mereka merasakan es krim tersebut memiliki rasa yang aneh dan pahit. Setelah diinvestigasi oleh departemen makanan setempat, akhirnya ditemukan adanya kotoran beku dalam es krim coklat pesanan mereka. Steve Whyte dan istrinya Jessica mengalami sakit parah setelah makan es krim kotoran manusia itu. Mereka pun melayangkan gugatan sampai dengan USD 1 juta pada koki yang bersangkutan.

10. Kepala ayam di Happy Meal McDonalds

Seorang ibu di Amerika memesan dua paket Happy Meal untuk anaknya yang berusia 6 dan 8 tahun. Saat mereka makan paket yang berupa ayam, si anak tampak tidak tertarik dengan paket itu. Seperti biasanya, si ibu yang harus menghabiskannya. Ketika akan melahap, si anak yang berusia 8 tahun berteriak dan menyuruh sang ibu untuk jangan memakan ayam itu. Si ibu terkejut karena yang hampir dimakannya tampak seperti kepala ayam. Akhirnya ibu tadi menuntut USD 100.000 pada McDonalds.

11. Kelelawar dalam sereal

Sebuah merek sereal ternama, Mini-Zimties, harus rela tercoreng namanya ketika dilaporkan seorang pria dari Jerman yang menemukan kelelawar dalam sekotak sereal di tahun 2012. Nyatanya, laporan pria itu pun didukung dengan hasil penyelidikan yang menyatakan bahwa kelelawar itu masuk ke kotak sereal ketika proses pengepakan.

12. Ekor tikus dalam rawon

Seorang ibu rumah tangga, Umy Yoga, menemukan tikus di dalam menu makanan rawon yang dibelinya dari sebuah warung di dekat pasar tradisional. Temuan ini lalu ia unggah di media sosial Facebook dan membuat banyak netizen tercengang saat melihat foto-foto hewan yang tampak seperti tikus dalam rawon. Meski Umy juga belum memberikan pernyataan lebih lanjut ketika brilio.net mencoba menghubunginya. Tapi lewat media sosial miliknya, Umy mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat membeli makanannya di warung daerah Pasar Tradisional Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur.