Brilio.net - Buat kamu yang suka film petualangan, pasti familiar dengan film The Hobbit. Di mana kampung halaman manusia berukuran mini Frodo Baggins sang pemeran utama dan Bilbo memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Tempat asal mereka atau biasa dikenal dengan Hobbiton memang hanya sekadar dalam dongeng panjang. Bentangan alam peternakan sapi yang hijau di sekitar kota Waikato di Matamata, Kota Auckland di New Zealand digunakan untuk menggambarkan kawasan Shire yang tenteram di Middle-earth, Desa Hobbiton diciptakan di sini.

Namun, kamu tak perlu jauh-jauh ke Auckland ke New Zealand untuk menyaksikan pemandangan ala desa para Hobbit tersebut. Di Indonesia ada salah satu lokasi yang sangat indah dengan bebukitan yang bakal membawa kamu flashback ke film The Hobbit. Tempat yang masih jarang dikunjungi wisatawan ini bernama Kawah Wurung, Bondowoso.

Tak usah ke New Zealand tuk lihat desa para hobbit, Indonesia juga ada

foto: istimewa/brilio.net 2016

Kawah Wurung yang terletak di Kota Tape ini memiliki hamparan rumput hijau dan bukit-bukit mungil ala desa para Hobbit. Meski tak nampak rumah-rumah mini layaknya di film, kamu tetap akan tersihir oleh indahnya panoraman Kawah Wurung tersebut. Saat brilio.net berkunjung ke tempat ini, memang butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Loading...

BACA JUGA: Lagi, 15 wisata Indonesia yang mirip dan nggak kalah dari luar negeri

Kamu bisa merasakan atmosfer nyata dari film The Hobbit yang sangat fenomenal tersebut. Tak lagi beranggapan pemandangan Hobbiton hanya ada dalam dongeng. Kamu hanya butuh waktu 2,5 jam untuk mencapainya dari pusat Kota Bondowoso. Tarif masuk ke area kawah wurung ini pun sangat murah dan cocok di kantong kamu.

Tipsnya, usahakan datang saat pagi hari untuk menikmati gradasi cahaya sinar matahari yang sangat menakjubkan di bukit-bukit kecil Kawah Wurung, dan jangan lupa membawa bekal karena masih jarang warung di area Kawah Wurung. Satu lagi, ingat untuk cintai alam sekitarmu dan jangan kamu kotori dengan sampah, bawa turun sampahmu guys.