Brilio.net - Beberapa waktu yang lalu, dunia maya sempat diramaikan dengan foto Presiden Joko Widodo yang sedang duduk termenung di Raja Ampat, Papua. Foto tersebut pun membuat netizen ingin menguak lebih dalam wisata di wilayah nusantara paling timur tersebut.

Papua merupakan bagian paling timur Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Papua memiliki segudang keindahan alam yang rasanya tak kalah dengan destinasi wisata terkenal lain di Indonesia. Bahkan, mungkin dapat bersaing dengan objek wisata di luar negeri. Memang dari semuanya, Raja Ampat lebih terkenal dibanding lainnya karena selain memiliki keindahan mirip di Maladewa, Raja Ampat lebih sering diekspos media daripada tempat wisata lainnya. Menurut penelusuran brilio.net Senin (25/1), ini dia wisata keren lainnya di Tanah Papua

1. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

surga papua © 2016 brilio.netfoto: triptrus.com

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman laut terluas di Indonesia dengan spesies yang beragam. Lokasinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Daya tarik utamanya adalah berenang bersama Hiu Paus. Selain itu kamu juga bisa menikmati pantai, air terjun, dan kolam air panas yang ada di sekitar taman nasional ini.

Loading...

2. Pantai Amai

surga papua © 2016 brilio.netfoto: yukpegi.com

Pantai Amai adalah tempat wisata yang tepat bagi kamu yang menginginkan ketenangan. Pantai ini memang relatif sepi, namun bukan berarti tak menarik. Di ujung pantai, ada muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu di sini. Selain snorkeling dan berenang kamu juga bisa menginap di kawasan pantai ini. Ada penginapan yang telah didesain menyerupai rumah panggung.

3. Pulau Mansinam

surga papua © 2016 brilio.net

foto: travelingyuk.com

Terletak di kawasan Teluk Doreri sebelah selatan Kota Manokwari, Pulau Mansinam merupakan tempat wisata menarik sekaligus sebagai objek pembelajaran sejarah masa lalu. Ada beberapa peninggalan zaman lampau yang ada di tempat tersebut. Dengan pantai jernih dan hamparan pasir putih yang luas, kamu dapat bermain di pesisir atau berenang-renang di pinggiran pantai. Ketika kamu menyelam ke dasar laut, maka akan menemukan beberapa bangkai kapal yang karam atau juga melihat-lihat peninggalan berupa bangunan zaman dahulu, seperti situs gereja, perumahan, sumur tua sampai dengan Makam Zendeling.

4. Lembah Baliem

surga papua © 2016 brilio.net

foto: indonesia-tourism.com

Lembah Baliem merupakan lembah yang berada di Pegunungan Jayawijaya, lembah ini berada di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut. Selain pemandangannya yang indah, daya tarik wisata Lembah Baliem adalah festival Lembah Baliem yang diadakan setiap bulan Agustus selama tiga hari.

5. Danau Sentani

surga papua © 2016 brilio.netfoto: lokawisata.info

Berkunjung ke Danau Sentani bisa jadi sesuatu yang menyenangkan, Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan latar belakang pegunungan. Berkeliling danau dengan menaiki perahu sambil menikmati hembusan angin di Danau Sentani adalah pengalaman yang indah. Di sekitar danau ini terdapat lukisan batu dan sisa-sisa peninggalan perang dunia II. Keren banget!

6. Teluk Triton

surga papua © 2016 brilio.netfoto: topindonesiaholidays.com

Teluk Triton adalah salah satu dari sekian banyak destinasi pantai di alam Papua Barat dengan segudang keindahan di dalamnya. Terletak di Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Teluk Triton terkenal dengan surga bawah laut dan juga gambar-gambar kuno zaman prasejarah. Tidak hanya wisata pantai dan bawah lautnya, bentangan tebing karang di sekitar Teluk Triton juga menyimpan cerita panjang peradaban manusia berupa lukisan-lukisan zaman prasejarah seperti yang biasa didapati di kebanyakan tebing-tebing di Amerika Latin.

7. Puncak Carstensz

surga papua © 2016 brilio.netfoto: MAPALA UPN Yogyakarta

Bagi kamu pecinta kegiatan mendaki gunung, mungkin ini bisa jadi salah satu alternatif wisatamu. Salah satu yang dimiliki Papua yaitu Puncak Jaya Wijaya atau Puncak Carstensz, puncak ini merupakan salah satu yang tertinggi di muka bumi. Di puncaknya terdapat gletser atau salju abadi yang menarik minat para pendaki.