Brilio.net - Kawasan polder air hitam di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi salah satu kawasan objek wisata bagi masyarakat dengan penambahan sejumlah fasilitas pendukung.

"Polder air hitam sebenarnya berfungsi tidak hanya menjadi wadah penampungan air, tetapi bisa menjadi tempat rekreasi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Samarinda. Untuk itu, Pemkot Samarinda harus mengelolanya dengan baik," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, Senin (18/1).

Bahkan, lanjut dia, di sekitar polder bisa dikelola untuk pembinaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sehingga selain dapat menambah pendapatan asli daerah dari sektor wisata, para pengusaha kecil juga mendapat tambahan penghasilan dan pembinaan lebih matang.

Menurut Awang, lokasi polder air hitam yang masih cukup luas, asri dan indah tersebut, di salah satu titiknya bisa dikembangkan untuk pembinaan UMKM, sementara di sejumlah titik lainnya bisa dimanfaatkan untuk kawasan rekreasi keluarga.

"Di sekitar polder bisa dibangun aneka taman lengkap dengan tepat duduknya, termasuk area khusus untuk jogging dan bersepeda. Selanjutnya di sekeliling polder dibuat tempat berjualan produk UMKM. Jika hal ini bisa dilakukan, tentu Samarinda semakin lebih baik," katanya dikutip Antara.

Loading...

Lanjut Awang, warga yang ingin bertamasya, bersepeda dan berjalan-jalan baik pagi maupun sore hari di kawasan polder air hitam yang udaranya segar tersebut, bisa sambil membeli aneka makanan dan minuman jika Pemkot Samarinda menatanya dengan baik.

"Jadi, tidak hanya polder air hitam yang bisa dikelola seperti ini, tetapi semua polder yang ada di Samarinda sehingga Samarinda tidak kekurangan lokasi wisata. Waduk Benanga di Samarinda Utara juga bisa dikemas lebih baik," pungkas dia.