Brilio.net - Menjadi travel blogger mungkin menjadi salah satu impian banyak anak muda di Indonesia. Selain bisa mengeksplorasi berbagai destinasi wisata, profesi ini juga cukup menjanjikan dari sisi finansial. Tapi untuk menjadi “penjelajah” tempat-tempat wisata dan menceritakan kisah perjalanannya, termasuk di media sosial, bukan persoalan gampang.

Butuh usaha keras dan tentu saja dana yang tidak sedikit. Selain itu dibutuhkan kejelian melihat keunikan tempat wisata untuk dijadikan bahan cerita. Yang tak kalah penting, kemampuan fotografi dan videografi juga harus mumpuni di era digital seperti sekarang.

Meski tidak harus menjadi fotografer atau videografer profesional, namun paling tidak seorang travel blogger mesti mampu menangkap lansekap dan keindahan tempat wisata yang akan dijadikan objek visual untuk melengkapi kisah perjalanannya agar menarik disimak publik.

Cerita sukses inilah yang dilakoni Rian Budi Santoso, travel blogger yang cukup dikenal dikalangan traveler. Lewat berbagai kisah yang diunggah di media sosial miliknya, cowok single kelahiran Jawa Tengah, 31 Mei 1993 ini memiliki ratusan ribu pengikut di instagramnya. Foto-foto kisah perjalanannya pun keren abis.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

Loading...

Tapi kesuksesan Rian menjadi travel blogger bukan datang begitu saja. Berawal dari hobi fotografi dan traveling, penyandang gelar sarjana bisnis manajemen lulusan Universitas Tarumanegara, Jakarta ini mengawali passion-nya itu sejak beberapa tahun lalu. Tak disangka kegemarannya itu justru mengantarkan dia sebagai travel blogger sukses seperti sekarang.      

Kini tidak jarang Rian bisa traveling gratis karena disponsori berbagai brand atau travel agent. Asyik banget kan. “Seringkali jadwal traveling aku bentrok dengan kerjaan lain seperti event yang tiba-tiba saja diundang. Saat itu aku dilema banget, bingung antara pilih job dapat uang, atau harus traveling mencari konten,“ kata Rian dalam sebuah acara di salah satu Mall Jakarta beberapa waktu lalu.

Nah seperti apa ya kisah Rian yang sukses menjadi travel blogger. Yuk langsung aja kita simak deretan 10 potretnya.

1. Tahu nggak sih, Rian sudah mulai keliling dunia di umur 18 tahun loh!

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

2. Saat traveling Rian juga selalu memperhatikan gaya fashion yang selalu kece. Satu ciri khasnya, sering memakai topi bulat dari rotan, terutama saat liburan summer.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

3. Siapa sangka kalau Rian itu lulusan S1 Manajemen Bisnis Universitas Tarumanagara Jakarta, akhir 2019 lalu. Ia lulus dengan Nilai IPK yang sangat memuaskan yaitu dengan nilai skripsi sempurna 4,00 atau A. Sudah ganteng, pinter juga ya!

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

4. Rian pernah bekerja sebagai visual merchandiser di sebuah fashion retail Jakarta. Pantes aja style dan fashion-nya kece.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

5. Meski bukan fashion blogger, tapi Rian kerap menghadiri acara fashion show di Jakarta ataupun Bali. Ternyata minat fashion-nya cukup tinggi.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

6. Ternyata Rian adalah fans berat Ariana Grande loh. Ia sampai tiga kali nonton konsernya, plus mengkoleksi ratusan merchandisenya. Segitunya ya.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

7. Rian juga punya bakat terpendam di dunia tarik suara. Ia pernah mengikuti paduan suara dengan ciri khas suara tenor dan bass. Bahkan ia juga pernah beberapa kali bernyanyi di sebuah cafe dan juga meng-cover lagu sambil bermain piano lewat akun instagramnya.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

8. Tahu nggak sih cowok yang satu ini pernah menjadi bintang iklan salah satu merek minuman air mineral ternama, termasuk beberapa iklan brand lain.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

9. Diam-diam Rian juga punya bisnis properti mulai dari apartemen mewah hingga perumahan elite di Jakarta. Bisnisnya ini mendapat dukungan keluarga

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net

10. Kendati sudah sukses, ternyata Rian masih jomblo. Wah masih ada kesempatan nih buat para cewek.

Rian Travel Blogger © 2020 brilio.net