Brilio.net - Kecanggihan teknologi internet kini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Termasuk urusan mencari uang. Lihat betapa pesatnya pekembangan online shop dan juga e-commerce belakangan ini? Bahkan perusahaan e-commerce bisa meraup untung hingga miliaran Rupiah. Selain itu, online shop kecil di media sosial sekalipun menghasilkan uang yang lumayan banyak.

Tapi tahu tidak kalau kamu bisa menghasilkan uang dari blog? Meskipun ada banyak pilihan untuk benar-benar menghasilkan uang dengan blogging, kamu harus memastikan memegang teguh dan setia pada serangkaian kriteria tertentu. Jika bisa melakukan itu, maka kemungkinan akan berhasil dalam jangka panjang.

Kamu harus membuat blog hebat dengan konten yang bermanfaat. Menghasilkan uang dari blog memang selalu bicara tentang konsistensi. Sejauh mana kamu konsisten dalam membuat konten yang dicari banyak orang, mengikuti trending, dan lain-lain. Jika bisa konsisten, meraup pundi Rupiah dari blog bukan sesuatu yang mustahil.

Ada beberapa cara yang bisa kamu pakai agar blog kamu bisa menghasilkan uang. Berikut ini deretan tipsnya, seperti brilio.net lansir dari liputan6.com, Senin (28/10).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Membuat konten yang menarik secara terjadwal.

menghasilkan uang dari blog © pixabay.com

foto: pixabay.com

Jangan hanya membuat konten sesekali saja. Atau beberapa kali dalam sebulan. Kamu harus bisa konsisten membuat banyak konten dalam setiap bulannya dan terjadwal. Sesuaikan target yang bisa diposting. Misalnya, dalam sebulan harus memroduksi berapa artikel dan harus terjadwal jam postingnya. Semakin banyak artikel yang diposting, semakin besar kemungkinan untuk menghasilkan banyak uang.

2. Tinjau pertumbuhan audiens.

menghasilkan uang dari blog © pixabay.com

foto: pixabay.com

Mengembangkan blog tidak melulu soal konsistensi membuat konten menarik. Kamu juga perlu mengenali dan meninjau audiens atau pembaca. Lihatlah pada artikel-artikel yang banyak dibaca orang. Kira-kira, orang suka dengan konten artikel yang seperti apa.

Membangun hubungan baik dengan pembaca juga diperlukan. Bisa dengan cara membalas komentar yang dituliskan di media sosial atau di blog itu sendiri.

3. Bangun narasi cerita yang kuat.

menghasilkan uang dari blog © pixabay.com

foto: pixabay.com

Untuk diketahui, banyak orang yang ternyata kepo dengan cerita pengalaman orang lain. Kamu bisa memanfaatkan itu dengan membuat artikel dengan narasi cerita yang kuat. Semakin baik mengonsep cerita, semakin besar kemungkinan orang untuk merespons blog kamu.

4. Menarik pembaca secara strategis.

menghasilkan uang dari blog © pixabay.com

foto: pixabay.com

Beriklan memang diperlukan dalam membangun sebuah blog. Meskipun itu hanya blog pribadi, namun beriklan di media sosial menjaring pembaca-pembaca baru juga memengaruhi tingkat pengunjung di blog. Atau kalau mau modal sedikit, kamu bisa iklankan blog kamu ke jejaring sosial macam Facebook atau Instagram.