Brilio.net - Colokan headphone yang ada di smartphone kamu merupakan komponen penting. Tanpa colokan itu, kamu nggak bisa menikmati alunan lagu atau suara dari video seorang diri. Kalau tak dicolok, suaranya bakal keluar lewat speaker handphone dan bakal terdengar sampai ke mana-mana. Bagi yang doyan pakai headphone atau headset, kebersihan lubang pada colokan tentu harus diperhatikan.

Sayang, tak seluruh pengguna smartphone merawat atau membersihkan bagian itu. Padahal, kondisi lubang audio jack yang bersih dapat menunjang kemampuannya. Colokan yang kotor membuat performa dari headphone tak maksimal. Percuma beli headphone mahal kalau colokan di smartphone tak pernah dibersihkan.

Selain bikin headphone bekerja tak maksimal, colokan yang lama tak dibersihkan bisa membuat colokan itu rusak. Selain itu, kotorannya juga bisa membuat headphone yang sering dicolokkan ikut rusak juga. Nggak mau kan headphone kesayangan rusak gara-gara malas membersihkan colokan di smartphone?

Nah, berikut ini deretan cara membersihkannya seperti brilio.net lansir dari liputan6.com, Selasa (22/10).

1. Kaleng kompresor.

Loading...

cara bersihkan colokan headphone © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Bagi kamu yang kerap membersihkan komputer, mungkin sudah tak asing dengan kompresor udara berbentuk kaleng. Alat ini biasanya digunakan untuk membersihkan bagian dalam komputer. Sama seperti saat digunakan pada komputer, kamu cukup mengembuskan alat ini ke lubang itu. Salah satu keuntungan penggunaan alat ini adalah potensi kerusakan yang dihasilkan sangat kecil.

2. Kapas.

cara bersihkan colokan headphone © berbagai sumber

foto: liputan6.com

Saat memakai kapas, kamu dapat mengaitkannya ke penyangga agar bisa mengusap bagian dalam. Kamu juga bisa mengoleskan alkohol di kapas tersebut. Sebagai catatan, penggunaan alkohol saat membersihkan lubang sebaiknya tak dilakukan terlalu sering. Meski sangat membantu saat membersihkan bagian dalam, penggunaan alkohol dapat menyebabkan korosi.

3. Headphone Jack.

cara bersihkan colokan headphone © berbagai sumber

foto: techcrunch.com

Meski jarang diketahui, jack pada headphone sebenarnya dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam lubang. Kamu juga bisa mengoleskan alkohol saat membersihkan bagian tersebut. Namun, pastikan smartphone dalam keadaan mati saat memakai alkohol. Caranya, kamu cukup meletakkan sedikit alkohol pada ujung headphone jack dan mencoloknya ke lubang di smartphone.

Perlu diingat, saat menggunakan metode ini kamu harus sangat berhati-hati agar tak menyebabkan kerusakan perangkat. Selain itu, jangan masukkan cairan alkohol langsung ke bagian dalam lubang headphone.