Brilio.net - Fitur lokasi yang ada di smartphone memang punya banyak kegunaan. Salah satunya fitur tersebut dapat melacak suatu tempat tertentu secara pasti yang mungkin kamu tuju. Fitur lokasi juga sangat berguna bagi pengguna GPS. Dikarenakan dengan dukungan lokasi, fitur GPS bisa menunjukkan jalan secara akurat.

Tapi tak bisa dipungkiri, fitur itu juga membawa dampak buruk kepada penggunanya. Seperti misalnya keberadaan kamu bisa dilacak oleh orang lain ketika fitur itu aktif di smartphone. Salah satunya seperti yang diterapkan di aplikasi Facebook.

Terkadang, itu membuat penggunanya tidak nyaman jika lokasinya diungkap ke publik. Namun, fitur tersebut kadang aktif secara otomatis. Sementara itu, penggunanya banyak yang tidak tahu cara mematikannya. Akhirnya cuma bisa pasrah meski lokasinya diungkap.

Nah, jika kamu adalah pengguna yang merasa tidak nyaman saat Facebook mengetahui lokasi kamu, sebenarnya fitur tersebut bisa dinonaktifkan di background aplikasi. Tak usah khawatir, cara ini bisa diterapkan di iOS maupun Android, lho.

Untuk pengguna iOS, berikut ini cara menyetop pelacakan lokasi oleh Facebook, seperti brilio.net lansir dari liputan6 via ubergizmo pada Senin (14/10).

1. Buka aplikasi Facebook di iOS.

2. Tap ikon menu yang tempatnya ada di sudut kanan layar.

cara matikan pelacak facebook © pixabay.com

foto: ubergizmo.com

 

3. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Setting dan Privacy, kemudian pilih menu tersebut.

4. Pilih menu setting dan cari pilihan Privacy.

5. Pilih menu Location.

cara matikan pelacak facebook © pixabay.com

foto: ubergizmo.com

 

6. Langkah terakhir, pilih 'Never' jika kamu tak ingin Facebook melacak lokasi kamu. Biasanya saat memilih opsi ini, Facebook selalu menanyakan izin ketika aplikasinya perlu mengakses lokasi pengguna.

Sementara untuk pengguna Android, berikut adalah cara menghentikan fitur pelacakan lokasi di aplikasi Facebook.

1. Pilih ikon menu yang terletak di sudut kanan atas layar.

2. Cari dan pilih menu Setting dan Privacy.

3. Tap menu setting.

4. Cari dan pilih Privacy kemudian pilih Location.

cara matikan pelacak facebook © pixabay.com

foto: ubergizmo.com

 

5. Tap menu Location Access.

6. Lalu, matikan (turn off) pada Background Location untuk menghentikan pelacakan lokasi.