Brilio.net - YouTube menjadi salah satu platform berbagi video paling populer di internet. Terlebih di Indonesia, pengguna YouTube tiap tahunnya meningkat. Baik sang kreator video, maupun penontonnya terus bertambah. Bahkan bagi beberapa orang, YouTube dijadikan tempat mencari pundi-pundi Rupiah. Ya, YouTuber jadi profesi yang banyak dipilih oleh milenial sekarang ini.

Sebagai penonton, kamu pasti sering cari video-video tertentu yang diinginkan. Namun, jejak pencarian itu bakal tersimpan di history alias riwayat pencarian. Terkadang ini membuat penggunanya nggak nyaman. Oleh sebab, privasi saat berseluncur di YouTube terganggu orang lain yang sengaja maupun tak sengaja melihatnya.

Untuk menghilangkan rasa khawatir kamu, Google sebagai pemilik layanan YouTube sudah menyertakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menghapus history tontonan. Fitur ini tentu membuat jejak privasi pengguna bisa dihilangkan seketika tanpa khawatir ada orang lain yang melihat.

Bagaimana caranya? Biar tidak penasaran, simak trik singkat berikut seperti brilio.net lansir dari liputan6.com pada Jumat (25/10).

1. Setelah masuk ke laman YouTube, buka opsi "History" yang berada di bagian kiri laman. Nantinya akan muncul riwayat tontonanmu. Pilih opsi "Manage All Activity" yang berada di bagian kanan laman.

Loading...

2. Setelah dipilih, maka muncul laman baru. Kamu akan dibawa ke laman "Google My Activity", dan harus memilih kotak bagian kanan (Choose to delete automatically) yang berada di bawah "YouTube History".

cara hapus history youtube © mashable

foto: liputan6.com

3. Nanti akan muncul kotak yang berisi tiga opsi untuk menghapus history video YouTube kamu secara manual, hingga video 3 bulan dan 12 bulan lalu lamanya.

4. Ketika memilih opsi untuk menghapus konten yang sudah 3 bulan atau 12 bulan lamanya, kamu akan dibawa ke halaman konfirmasi, beserta contoh video yang sudah lebih dari kurun waktu tersebut.

5. Tekan "Confirm", maka untuk ke depannya video yang lebih dari kurun waktu yang kamu pilih akan terhapus secara otomatis dari riwayat videomu.