Brilio.net - Ada banyak hobi yang bisa ditekuni, salah satunya adalah menulis. Dari hobi bisa juga merambah ke bisnis. Menulis bisa jadi media yang tepat untuk kamu mendapatkan pundi-pundi uang. Sebab kamu bisa memamerkan tulisanmu ke orang lain. Bisa melalui media sosial, seperti situs blog. Tuangkan skill menulismu pada situs blog pribadi. Jika hasil blogmu menarik dari segi tulisan maupun desainnya, pastinya blogmu akan terkenal. Lalu kamu bisa mendapatkan tawaran iklan maupun sponsor.

Ada banyak orang terkenal bermula dari blog, Raditya Dika misalnya. Kepiawaiannya dalam menulis cerita, ia tuangkan mulanya di blog. Setelah itu pria yang akrab disapa Radit itu sukses menjadi penulis handal hingga saat ini. Kendati demikian, buat kamu yang masih pemula di dunia penulisan, kamu bisa memulainya dengan cara sederhana. Seperti cerita sehari-hari yang sudah kamu lalui.

Apa saja kegiatanmu dan hal menarik apa yang pernah kamu lalui selama ini. Supaya lebih menarik, tulis dengan gaya bahasa yang lucu dan santai. Karena blog itu sifatnya tidak kaku seperti tugas kantor. Setelah cukup terbiasa menulis, kamu bisa mengarang cerita menarik sesuai seleramu. Misalnya kamu bisa menulikan kisah fiktif romansa penuh cinta diselingi komedi atau horor. Genre romantis disebut-sebut jadi kisah yang masih banyak diminati orang.

Nggak perlu cemas masalah modal, karena saat ini masih banyak situs penyedia blog gratis. Seperti Medium, Blogspot, WordPress, Wix.com, Tumblr, lain sebagainya. Lalu bagaimana cara membuat blog gratis dan bisa semenarik mungkin? Tenang saja, simak cara membuat blog gratis yang berbeda dari blog lainnya seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (6/12).

1. Pilihlah situs yang ingin kamu pakai, misalnya blogspot atau blogger. Buka website blog tersebut. Ketikkan pada kolom URL, www.blogger.com.

Loading...

2. Setelah masuk ke laman utama blog, pilih atau klik tombol 'create your blog'.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net

3. Kamu akan diminta mengakses blog menggunakan akun email. Masukkan alamat email kamu dan juga passwordnya.

4. Kemudian kamu akan diarahkan untuk mulai membuat akun blog.

5. Masukkan nama blog yang ingin kamu gunakan. Lalu klik atau pilih menu 'continue to Blogger'.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net

6. Pada halaman kata pengantar, pilih menu setting lalu atur semua profil pribadimu.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net

7. Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard. Pada laman dashboard ini kamu bisa menuliskan judul serta alamat blog. Selanjutnya klik create blog.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net

8. Tuliskan judul yang sesuai, sekaligus alamat atau link blog utama yang kamu inginkan. Lalu pilih 'create blog' lagi.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net

9. Kamu akan dibawa langsung ke dashboard utama blog. Kamu bisa melakukan pengaturan terlebih dulu dengan menu yang sudah tersedia di samping kiri.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net

10. Kamu juga bisa langsung menuliskan apa yang ingin kamu tulis. Caranya klik menu 'new post' di bagian atas.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net

11. Setelah selesai menulis, kamu bisa langsung membagikan pada semua orang. Klik tombol 'publish' di bagian sisi kanan atas.

Cara membuat blog gratis, mudah, unik, dan menarik pixabay.com

foto: Brilio.net-

12. Jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan yang sudah kamu buat di blog, kamu bisa mengklik 'visit blog' atau pilih dengan centang tulisan lalu klik 'view' atau bisa juga dengan mengetik alamat blog yang kamu buat. Blog kamu pun sudah berhasil dibuat.

Membuat blog unik dan menarik supaya pembaca sering berkunjung.

Selain jadi ajang curhat santai, blog juga bisa jadi media untuk menunjukkan kemampuan atau skillmu. Mengelola blog itu mudah namun butuh ketelatenan dan trik-trik khusus. Pastinya supaya orang betah membaca tulisanmu lalu mereka dengan senang hati minat membagikan blogmu pada orang lain. Berikut cara mudahnya seperti dilansir dari lifehack.org.

1. Tampilkan info kontak dengan jelas. Letakkan nama penulis di bagian atas, supaya mudah dibaca. Kalau perlu tambahkan foto, email, hingga nomor telepon (jika kamu ingin orang-orang menghubungimu). Supaya lebih lengkap, tambahkan juga nama pengguna IM, IG, Facebook, dan info kontak lainnya. Jangan lupa tampilkan tautan 'Tentang Penulis' dengan jelas.

2. Aktifkan kolom komentar. Izinkan orang lain untuk saling berkomunikasi melalui blogmu. Balaslah komentar yang masuk dari pembaca, buat seinteraktif mungkin. Banyaknya komentar yang ada, menjadikan google tahu kalau blogmu itu menarik. Alhasil blogmu kan muncul pada halaman depan pada sistem pencarian google.

3. Percantik bentuk tulisanmu. Luangkan waktu ekstra untuk merangkai kata yang menarik. Buat agar orang dapat membaca apa yang kamu ketikkan. Gunakan kalimat to the poin, jangan bertele-tele, paragraf yang lebih pendek, penggunaan huruf tebal, dan lain sebagainya.

4. Gunakan penandaan (tag). Memberikan penandaan bisa membuat blogmu mudah dicari. Ini adalah teknik cerdas yang mudah kamu terapkan. Pakailah tanda yang tepat sesuai atau yang relevan dengan tulisanmu. Supaya pembaca bisa beralih ke tulisan yang satu tema menarik dengan yang telah ia baca sebelumnya.

5. Beri tautan. Misalnya saat kamu menulis ulasan tentang video lucu, bagikan tautan langsung. Teknik ini punya dua efek, yakni membuat blog lebih bermanfaat bagi pembaca dan menunjukkan kepada google bahwa blogmu hidup (secara terus menerus berbagi informasi).

6. Kenali keinginan pembaca. Kamu harus bisa membuat pembaca membutuhkanmu. Caranya adalah targetkan dulu siapa pembaca yang ingin kamu tuju. Misalnya untuk mereka yang suka seni. Maka buatlah tulisan yang setipe atau berhubungan dengan seni. Bawakan mereka informasi yang penting. Cara ini bisa membuat konten blog jadi konsisten.