Brilio.net -Ada banyak hobi yang bisa ditekuni, salah satunya adalah menulis. Dari hobi bisa juga merambah ke bisnis. Menulis bisa jadi media yang tepat untuk kamu mendapatkan pundi-pundi uang. Sebab kamu bisa memamerkan tulisanmu ke orang lain.

Rangkaian kata itu bisa melalui media sosial, seperti situs blog. Tuangkan skill menulismu pada situs blog pribadi. Jika hasil blogmu menarik dari segi tulisan maupun desainnya, pastinya blogmu akan terkenal. Lalu kamu bisa mendapatkan tawaran iklan maupun sponsor.

Ada banyak orang terkenal bermula dari blog, seperti Raditya Dika. Kepiawaiannya dalam menulis cerita, ia tuangkan mulanya di blog. Setelah itu pria yang akrab disapa Radit itu sukses menjadi penulis handal hingga saat ini. Kendati demikian, buat kamu yang masih pemula di dunia penulisan, kamu bisa memulainya dengan cara sederhana. Seperti cerita sehari-hari yang sudah kamu lalui.

Apa saja kegiatanmu dan hal menarik apa yang pernah kamu lalui selama ini. Supaya lebih menarik, tulis dengan gaya bahasa yang lucu dan santai. Karena blog itu sifatnya tidak kaku seperti tugas kantor. Setelah cukup terbiasa menulis, kamu bisa mengarang cerita menarik sesuai seleramu. Misalnya kamu bisa menuliskan kisah fiktif romansa penuh cinta diselingi komedi atau horor. Genre romantis disebut-sebut jadi kisah yang masih banyak diminati orang.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nggak perlu cemas masalah modal, karena saat ini masih banyak situs penyedia blog gratis. Seperti Medium, Blogspot, WordPress, Wix.com, Tumblr, lain sebagainya. Beberapa tidak perlu membutuhkan kemampuan teknis yang baik, cukup mengikuti beberapa panduan sederhana dan kamu sudah bisa membuat konten yang bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Lalu bagaimana cara membuat blog gratis dan bisa semenarik mungkin? Tenang saja, simak cara membuat blog gratis lengkap dengan situs penyedianya seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (6/7).

1. Menggunakan situs WordPress.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: WordPress.com

Wordpress menjadi salah satu platform blogging yang telah populer di kalangan masyarakat. Namun, situs ini terbilang sedikit lebih rumit bila digunakan untuk pemula. Cara membuat blog di Wordpress ini biasanya dilakukan oleh Blogger yang telah berpengalaman. Pada tampilannya terlihat lebih fleksibel untuk diubah sesuai keinginan pengguna. Berikut cara membuat blog Wordpress:

a. Buka website Wordpress di id.wordpress.com

b. Setelah itu klik Buat situs web.

c. Akan muncul halaman baru di mana kamu harus mengisi berbagai informasi seperti email, nama pengguna, password, serta alamat blog.

d. Isi kolom tersebut dengan berbagai informasi yang diinginkan. Lakukan sekaligus dengan memilih nama blog dan URLnya.

e. Jangan lupa juga klik link yang bertuliskan 'akan menggunakan alamat yang gratis'

f. Lalu pilih tombol Buat Blog.

g. Pihak Wordpress akan mengirim link verifikasi ke alamat email kamu. Jika sudah masuk, klik link verifikasi tersebut dan laman dasbor akan muncul. Ini menandakan bahwa blog kamu telah jadi dan sudah siap diisi.

2. Melalui situs Blogger/Blogspot.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: blogger.com

Penyedia situs untuk membuat blog gratis selanjutnya yaitu Blogger/Blogspot. Beberapa fitur yang ada di situs ini cukup mudah diikuti, terutama bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat blog tersebut. Agar lebih mudah, sebelumnya kamu harus menyiapkan akun Gmail terlebih dahulu. Barulah setelah itu kamu bisa mulai melanjutkan langkah-langkah berikut ini untuk membuat blog.

a. Buka blogger.com, lalu masukkan alamat email Google.

b. Pilih tombol Sign Up setelah memasukkan alamat email dan password.

c. Setelah itu kamu akan masuk ke laman edit profil. Di laman ini, terdapat sejumlah kolom informasi yang harus diisi untuk tampilan blog kamu.

d. Klik Buat Blog Baru.

e. Masukkan judul blog serta alamat blog yang kamu inginkan pada kolom yang telah disediakan. Agar mudah diingat, buat alamat atau URL dengan nama seunik mungkin.

f. Klik salah satu desain template dari blogspot, lalu blog pertama sudah bisa digunakan.

3. Cara membuat blog gratis lewat Medium.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: medium.com

Salah satu platform yang bisa digunakan secara gratis untuk membuat blog yaitu Medium.com. Situs ini dikembangkan oleh Evan Williams, mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang Blogger, bersama dengan Biz Stone.

Tampilan yang menarik dan terkesan minimalis membuat orang-orang betah untuk berselancar di dalamnya. Namun, bagi pemula cara membuat blog di platform ini bisa dikatakan sedikit rumit. Berikut langkah-langkahnya:

a. Buka situs medium.com pada browser desktop.

b. Klik tombol Get Started untuk membuat akun baru.

c. Pilih satu dari dua cara untuk masuk ke situs Medium, bisa menggunakan akun Google atau Facebook.

d. Jika menggunakan Gmail, kamu akan dihantarkan ke halaman login akun Google. Silakan login seperti biasa.

e. Begitu berhasil login, klik tombol Dive in untuk lanjut ke langkah berikutnya.

f. Kemudian, pilih 3 topik yang paling kamu sukai, lalu klik Start reading.

g. Setelah melewati fase ini, kemudian kamu bisa memulai membuat tulisan baru di Medium.

h. Klik ikon profil kamu, kemudian klik New Story. Nah, kamu sudah bisa menulis blog dan dapat membagikannya ke Twitter dan Facebook.

4. Melalui situs Webs.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: webs.com

Berikutnya, kamu bisa membuat blog gratis melalui situs Webs.com. Platform ini cukup mudah digunakan untuk membangun situs yang menarik. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan antarmuka berbasiskan browser cukup dengan melakukan drag dan drop elemen untuk menyesuaikan halaman.

Platform ini juga cocok bagi kamu yang ingin membuat web profesional seperti company profile. Agar langsung bisa dipraktikkan, berikut langkah-langkahnya:

a. Buka laman webs.com melalui desktop.

b. Pada halaman utama webs.com terdapat kolom pengisian Email, Password dan Jenis Situs yang akan dibuat. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

c. Setelah mengisi kolom, klik Get Started! untuk menuju ke halaman berikutnya.

d. Beri nama dari situs yang akan kamu buat. Lalu pilih tema dari template yang disediakan.

e. Pada halaman selanjutnya, terdapat opsi untuk memilih pages. Pages di sini merupakan salah satu fasilitas webs.com untuk memberikan user kemudahan jika ingin memberi sub pages dari masing-masing website.

f. Isi tes menulis dan checklist box Terms of Service dari webs.com.

g. Terakhir, halaman administrasi akun. Pilih nama subdomain yang kamu inginkan. Tapi kalau kamu ingin menjadi domain saja, lakukan pembayaran dari jasa penyedia domain yang sesuai jenis kebutuhan website.

h. Kemudian, desain website kamu agar terlihat lebih menarik. Klik PUBLISH pada pojok kanan atas site builder dan situs kamu sudah bisa digunakan dan diakses oleh semua orang.

5. Cara membuat blog dengan Penzu.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: penzu.com

Selain dikenal sebagai penyedia jasa untuk membuat blog secara gratis, Penzu.com juga menawarkan situs berbagi jurnal dengan tingkat keamanan yang tinggi. Pasalnya, situs ini menjaga keamanan jurnal dengan proteksi password berlipat dan enkripsi militer yang sangat kuat.

Fleksibilitas yang ditawarkan juga menjadi daya tarik sendiri seperti adanya tiga jenis blog yang ditawarkan: Daily Diary (publik), Ekspresif Journal (pribadi), dan Travel Journal. Cara membuatnya cukup mudah:

a. Pertama, buka halaman website penzu.com.

b. Selanjutnya klik tombol Sign up untuk mendaftar akun yang terletak di pojok kanan atas. Isi kolom yang tersedia lalu pilih create Account.

c. Selanjutnya akan ditampilkan pilihan tema untuk cover jurnal. Pilih sesuai yang kamu inginkan. Selain itu, disana juga terdapat opsi untuk melakukan proteksi terhadap jurnal.

d. Pada langkah berikutnya, custom blog yang akan kamu buat mulai dari jenis huruf, warna latar dan lain sebagainya.

e. Kemudian, kamu akan ditawarkan untuk melakukan pengunduhan aplikasi Penzu lewat verifikasi kode nomor yang telah dikirim ke nomor ponsel kamu.

f. Blog sudah siap digunakan.

6. Cara membuat blog secara gratis dengan Weebly.

foto: webdevtwopointzero.com

Weebly.com adalah website builder yang sangat lengkap untuk membantumu untuk menyusun/membangun website secara cepat; tanpa melakukan coding. Pengguna dapat membuat website pribadi, bisnis, event, portofolio, dan blog. Tersedia juga beberapa tema yang bisa digunakan langsung tanpa harus menyusunnya dari awal. Simak langkah-langkah berikut untuk membuat blog di Weebly.

a. Buka website di https://www.weebly.com/. Lalu, klik tombol Create Your Website atau Sign Up.

b. Setelah semua informasi diisi lengkap, tekan tombol Sign up for free.

c. Pilih gambar yang bertuliskan I just need a website di sebelah kiri untuk membuat blog atau website saja.

d. Selanjutnya, kamu akan diantarkan untuk memilih jenis tema website yang ingin dibuat. Pada situs ini tersedia begitu banyak opsi tema untuk kebutuhan kamu.

e. Jika sudah memilih tema yang ingin dipakai, langsung klik tombol Start Editing di bagian pojok kanan atas. Disana kamu akan diminta melakukan kustomisasi sederhana. Ada tiga kustomisasi yang perlu dilakukan, yaitu fitur, logo, dan style website.

f. Kemudian atur nama domain. Ada tiga opsi bagian Set up your domain untuk dipilih.

g. Setelah itu, desain website sesuai dengan kebutuhan dan mulailah menulis pada blog pertamamu.

7. Menggunakan situs Wix.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: wix.com

Bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Wix.com hadir dengan menawarkan pengembangan website dari yang sangat simpel buat pemula. Menariknya, platform ini menyediakan ratusan template profesional yang berbeda dari yang lain.

Wix.com juga menawarkan beberapa aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan website sesuai dengan kebutuhan, seperti toko online dan media sosial. Berikut cara membuat blog mudah melalui Wix.com:

a. Buka halaman website wix.com.

b. Klik tombol Get Started. Jika sudah memiliki akun email atau Facebook, kamu bisa langsung registrasi dengan klik icon Sign Up dan menuliskan akun email serta password yang berlaku untuk masuk ke Wixsite.

c. Setelah registrasi, akun kamu sudah jadi.

d. Selanjutnya kamu langsung bisa membangun blog dengan fitur Website Builder yang tersedia di wix.com.

e. Isi kolom pertanyaan yang ditampilkan sesuai dengan kebutuhan kamu.

f. Langkah berikutnya, membuat desain. Terdapat dua pilihan desain. Jika ingin dibuatkan desain secara otomatis oleh Wixsite maka pilih tampilan sebelah kiri. Namun, jika ingin mendesain sendiri website kamu pilih kolom sebelah kanan.

g. Kemudian ikuti alur masing-masing pilihan dan blog siap digunakan.

8. Membuat blog dengan Postach.io.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: postach.io

Postach.io menjadi salah satu platform pembuatan website yang terintegrasi dengan beberapa aplikasi pencatatan online. Salah satu fitur dari Postach adalah integrasi dengan Evernote. Di mana kamu hanya cukup menghubungkan aplikasi catatan (Evernote) ke Postach.io dan menandai catatan menjadi Pusblised untuk bisa diakses oleh banyak orang. Untuk memudahkan cara membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Buka situs https://postach.io/ pada laman browser.

b. Klik tombol Create a Blog, Free.

c. Kemudian isi semua kolom untuk biodata akun kamu, lalu pilih Next.

d. Langkah berikutnya klik tombol Connect Notebook. Hal ini digunakan untuk menghubungkan Evernote ke Postach.io.

e. Pilih akun email yang akan dihubungkan ke Evernote.

f. Buka Evernote yang telah terhubung. Lalu, buat catatan baru di buku catatan Postach.io.

g. Tandai catatan untuk diterbitkan dan sinkronkan.

9. Cara membuat blog secara gratis lewat Livejournal.

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: livejournal.com

Belum banyak yang tahu bahwa Livejournal ternyata memulai pengembangan pada tahun 1999. Tak hanya sebuah platform, LiveJournal juga menjadi wadah dari sebuah komunitas yang memberikan ruang sendiri pada penggunanya.

LiveJournal merupakan salah satu platform yang digunakan untuk diskusi sekaligus untuk menulis. Pada situs ini juga tersedia ranking penulis yang memiliki pembaca terbanyak. Agar langsung bisa dipraktikkan, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Sebelum melakukan pendaftaran dan membuat blog di Livejournal di perlukan alamat email yang aktif baik Gmail, Yahoo atau Hotmail.

b. Kunjungi situs http://www.livejournal.com.

c. Kemudian klik Create An Account untuk memulai Register/Pendaftaran, letaknya di pojok kanan atas.

d. Isi Form Pendaftaran untuk pembuatan akun Livejournal sesuai yang disediakan.

e. Akan muncul informasi tentang konfirmasi akun yang dikirim ke email kamu. Buka email yang didaftarkan tadi lalu klik tautan aktivasi blog.

f. Nah, sekarang kamu sudah memiliki blog gratis di Livejournal dan mulailah menulis.

10. Tumblr.com

membuat blog gratis © berbagai sumber

foto: tumblr.com

Yang terakhir ada Tumblr.com. Platform ini menjadi salah satu platform penyedia jasa untuk membuat blog gratis ang cukup populer khususnya bagi anak muda msa kini. Sempat diblokir, saat ini tumblr.com sudah bisa diakses kembali.

Tumblr ternyata menjadi idola di beberapa blogger. Konten seperti gambar, video, musik, dan beberapa lainnya dapat ditampilkan dengan mudah. Pengen buat blog menarik lewat situs ini? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Buka website www.tumblr.com.

b. Pada halaman pendaftaran, isi email, kata sandi dan nama pengguna yang kamu inginkan kemudian klik tombol Sign up.

c. Ikuti proses selanjutnya, jangan lupa isi kode anti spam yang ditampilkan di layar.

d. Setelah itu, follow 5 blog yang disarankan oleh sistem untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

e. Buka layanan email yang kamu gunakan untuk mendaftarkan akun kemudian lakukan konfirmasi. Melalui tautan konfirmasi tersebut kamu akan dihantarkan kembali ke panel dashboard. Lalu, lakukan kustomisasi sederhana dengan klik Customize.

f. Di panel ini juga terdapat sejumlah tool yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan blog seperti pemilihan tema, mengubah judul, deskripsi, jenis huruf, warna latar dan gambar header. Sesuaikan dengan keinginan kamu.

g. Blog ini sudah bisa kamu gunakan, coba pelajari beberapa metode memposting tulisan atau konten. Di panel dashboard ada berbagai pilihan konten, antara lain text, photo, quote, link, chat, audio dan video.

(brl/guf)

(brl/guf)