Brilio.net - Blog menjadi media yang cocok bagi mereka yang ingin menjangkau banyak orang tanpa perlu ribet dan mudah. Tinggal menulis, blogmu akan dibaca oleh jutaan orang di internet. Tak butuh keahlian spesifik seperti IT, blog gratis seperti blogger dan wordpress bisa jadi pilihan.

Blog juga bisa mendatangkan uang dengan iklan adsense atau kerjasama dengan sebuah brand. Sudah menjadi bisnis menjanjikan, blogging sekarang mulai dilirik oleh banyak orang. Blog yang sebelumnya hanya sebagai media menyampaikan pendapat, sekarang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

BACA JUGA: 6 Cara bikin grup band pakai prinsip dasar startup, wawasan baru nih

Seberapa menguntungkannya sih, menjadi seorang blogger? Usut punya usut, sebuah blog ternyata bisa terjual hingga miliaran rupiah lho. Contohnya seperti blog-blog ternama di bawah ini.

Penasaran blog apa saja yang pernah terjual hingga miliaran rupiah? Dilansir brilio.net dari TheRichest, Senin (12/8), berikut 10 blog yang dijual dan bisa laku sampai miliaran rupiah.


1. Treehugger.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Treehugger adalah blog yang berfokus pada gaya hidup keberlanjutan. Dirilis pada 2005, blog ini sangat populer hingga sekarang. Buktinya, blog ini masuk ke-20 blog paling terkenal versi Time Magazine. Dijual mahal, perusahaan Discovery Communications membeli blog ini seharga USD 10 juta atau Rp 141 miliar rupiah.


2. Bankaholics.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Johns Wu awalnya menulis blog ini hanya untuk mengulas topik perbankan yang sering menjadi momok bagi banyak orang. Setelah dua tahun mengelola blog ini, BankRate membeli blog ini seharga USD 15 juta atau Rp 212 miliar.


3. ArsTechnica.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

ArsTechnica mengulas topik teknologi yang dimulai pada 1998. Sepuluh tahun berselang pada 2008 kemarin, ArsTechnica terjual USD 25 juta atau seharga Rp 354 miliar. Berita tentang teknologi memang selalu dicari-cari oleh orang banyak di internet.


4. Livejournal.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Beda dari yang lainnya, Livejournal menawarkan pengalaman blogging laiknya media sosial. Sering digunakan di Russia, Livejournal terjual hingga USD 25 juta atau Rp 354 miliar.

Foundernya, Brad Fitzpatrick awalnya membuat blog ini hanya agar bisa berhubungan dengan teman lama. Tapi sekarang, dirinya menjadi miliuner berkat Livejournal.


5. Weblogs Inc

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Blog ini mengulas berita tentang mobil, pop culture, dan teknologi. Nggak seperti blog biasanya, situs ini menghubungkan satu blog dengan lainnya. Saking populernya, AOL membeli blog ini dengan USD 25 juga atau Rp 354 miliar.


6. Techcrunch.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Seperti namanya, blog ini berfokus ke teknologi. Sudah berdiri hingga 15 tahun, perusahaan ini pernah dijual ke AOL seharga USD 30 juta atau Rp 425 miliar.

Sekarang, situs ini hadir dengan berbagai bahasa seperti China, Prancis, Inggris, dan Jepang. Oleh karena itu, penggemarnya sekarang tersebar dari berbagai belahan dunia.


7. PaidContent.org

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Dibangun oleh seorang jurnalis bernama Rafat Ali, blog ini dibeli The Guardian seharga USD 30 juta atau Rp 425 miliar. The Guardian sendiri melihat PaidContent sebagai bagian tak terpisahkan dari lini bisnisnya. Blog ini membahas tentang berbagai topik seperti analisis, digital media, dan informasi teknologi.


8. Consumersearch.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Blog ini awalnya bertujuan untuk mengedukasi konsumen agar tidak menyesal ketika membeli sebuah produk. Segala macam ulasan produk seperti peralatan rumah, olahraga, dan lain-lain ada di blog ini. Saking bertambah populernya, blog yang sudah berdiri sejak 1999 ini terjual dengan harga USD 33 juta atau Rp 468 miliar.


9. Fotolog.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Mirip Instagram, blog yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi foto tanpa ribet. Layanannya sempat terhenti karena tidak bisa mengatasi besarnya jumlah data yang ada.

Untungnya, ada perusahaan besar yang menawarkan membeli fotolog.com dengan harga USD 90 juta atau Rp 1,2 triliun. Blog ini sekarang tersedia dalam 13 bahasa dan mampu melayani jutaan penggunanya.


10. Ugo.com

10 blog paling mahal © 2019 brilio.net

Ugo.com adalah blog yang mengulas tentang dunia gaming. Dibangun pada 1997, Ugo.com sering berganti-ganti pemilik dari satu ke yang lainnya. Terakhir, Konglomerasi Hearts membeli Ugo.com dengan harga USD 100 juta atau Rp 1.4 triliun.