Brilio.net - Tubuh manusia tak hanya menakjubkan dengan segala fungsinya. Tapi juga punya bagian tertentu yang mungkin jarang kamu perhatikan. Salah satunya lekukan yang memanjang dari bawah hidung hingga ke bibir atas bibir. Lekukan vertikal ini dikenal sebagai philtrum (filtrum) yang merupakan bagian vestigial pada manusia dan sebagian besar primata.

Organ vestigial itu apa, bisa kamu baca di sini: 7 Bagian tubuh manusia ini dipercaya bukti dari keajaiban evolusi

Meski hanya bagian vestigial pada manusia, filtrum membantu dalam mendefinisikan fitur wajah seseorang. Terutama saat mengidentifikasi anak kembar, adanya lekukan kecil ini sangat membantu. Selama trimester pertama kehamilan, wajah manusia berevolusi dan filtrum mulai terbentuk saat berlangsung perkembangan embrionik. Jika proses ini gagal, maka akan terbentuk bibir sumbing. Filtrum yang bentuknya rata dan halus bisa jadi merupakan gejala sindrom alkohol fetal atau sindrom Prader-Willi.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak video yang dilansir brilio.net dari Wittyfeed, Senin (18/4), berikut ini:

Loading...

sindrom alkohol fetal  © 2016 brilio.net

Nah, jadi fungsi filtrum bagi manusia sendiri selain sebagai fitur indah pada wajah juga memiliki fungsi untuk mempercantik bentuk bibir yang dimiliki. Sementara bagi sebagian besar primata, seperti lemur, filtrum sangat diandalkan untuk menjaga hidung tetap basah dan sebagai fitur pembantu penciuman, tidak seperti monyet dan kera.