Brilio.net - Pernah terpikir nggak, bahwa kehidupan manusia benar-benar bisa hancur seperti film-film science fiksi bertajuk kehancuran bumi dan manusia? Sampai kini memang sudah banyak teori telah dikemukakan tentang masa kehancuran.

Menanggapi hal tersebut, banyak ilmuwan yang kemudian membuat proyek-proyek tertentu yang bertujuan untuk melindungi manusia serta membuat kehidupan manusia di masa mendatang lebih baik. Tak hanya itu, beberapa proyek juga digadang-gadang untuk mengantisipasi datangnya hari kiamat.

Berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (27/6), tentang proyek sains yang sudah digagas para ilmuwan yang diklaim bisa menyelamatkan manusia di masa mendatang:

1. Proyek ReAnima.

proyek sains © 2016 brilio.net

Loading...

Proyek sains menghidupkan kembali orang yang sudah mati digagas oleh sebuah perusahaan asal Philadelphia Amerika, Bioquark, Inc. berkeinginan membangkitkan kembali orang yang sudah mati. Perusahaan ini sudah mendapat izin dari otoritas kesehatan di Amerika dan India. Proyek ini akan diujicobakan di Rumah Sakit Anupam di India.

Proyek ini sendiri didasarkan pada sebuah teori ilmiah dimana tubuh manusia tidak sepenuhnya hilang fungsinya secara keseluruhan ketika mereka meninggal dunia. Ada semacam sinyal persyarafan atau elektrik dan juga aliran darah yang masih terus berjalan bahkan ketika seseorang sudah meninggal dunia.

2. Brain.

proyek sains © 2016 brilio.net

Proyek ini bertujuan untuk melakukan pemetaan kepada otak manusia yang dikenal sangat rumit. Jika proyek ini berhasil, ke depannya penyakit yang berhubungan dengan otak seperti alzheimer, demensia, autisme dan post traumatic disorder akan bisa ditangani dengan serius, bahkan disembuhkan.

Proyek ini diperkirakan akan memakan waktu yang sangat lama, bahkan hingga puluhan tahun. Diharapkan ketika proyek ini berhasil, kehidupan manusia akan berjalan dengan sangat baik. Bahkan bisa membantu saat mereka telah tua dan kinerja otaknya menurun.

3. Membuat 'manusia super'.

proyek sains © 2016 brilio.net

Sekelompok ilmuwan berhasil menemukan cara agar mata manusia bisa melihat dalam ruangan tanpa cahaya sedikit pun. Sebagai percobaan, ilmuwan bernama Gabriel Licina meneteskan matanya dengan cairan kimia yang mereka rancang.

Cairan tersebut mengandung Chlorin e6 atau yang bisa disebut Ce6. Ini adalah zat umum yang biasa dipakai pekerja medis untuk mengobati gangguan penglihatan. Ce6 sangat sensitif terhadap cahaya. Dan inilah yang akhirnya memunculkan ide gila ilmuwan BioHacker.

4. Mars One.

proyek sains © 2016 brilio.net

Proyek ini diharapkan akan selesai pada tahun 2023 dan manusia bisa mulai tinggal di Planet Mars. Jika proyek Mars One sukses, maka dalam beberapa puluh tahun lagi akan banyak orang diungsikan ke Mars jika bumi sudah terlalu padat untuk ditinggali.

5. Millenium Seed Bank Project.

proyek sains © 2016 brilio.net

Ilmuwan membuat misi untuk mengumpulkan semua biji-bijian dari tanaman di seluruh dunia. Biji tanaman ini akan disimpan dan nantinya akan dikembangkan jika sewaktu-waktu ada tanaman yang punah.

Jika proyek ini berhasil di masa depan, maka manusia tidak akan perlu khawatir jika suatu saat ada tanaman langka yang hilang. Bahkan saat bumi hancur dan tidak ada tanaman lagi, bank biji ini akan menjadi permulaan untuk membangun hutan.

6. Moon Express.

proyek sains © 2016 brilio.net

Moon express akan menambang beberapa bahan tambang penting di satelit bumi ini, lalu mengirimnya dengan segera. Ke depannya, jika proyek ini berhasil, barang tambang yang sudah habis di bumi bisa tercukupi lagi. Saat ini beberapa barang tambang langka mulai habis di bumi.

Padahal barang tambang itu memiliki unsur kimia yang penting, yang bisa digunakan untuk membuat lensa kamera, baterai nuklir hingga lampu yang hemat energi. Jika Moon Express berhasil, manusia tidak akan kesusahan meski barang tambang di bumi ini telah habis.

7. Bunker.

proyek sains © 2016 brilio.net

Perusahaan Vivos yang didirikan oleh Robert Vicino mengenalkan proyek penyelamatan dari bencana alam maha dahsyat, ancaman perang nuklir atau peristiwa-peristiwa kiamat sejenisnya, dengan membangun sebuah bunker bawah tanah modern.

Sesuai namanya, bunker tersebut akan dilengkapi dengan sederet fasilitas mewah yang akan memanjakan penghuninya meskipun dunia di luar bunker mengalami kehancuran. Namun lokasi bunker ini belum diketahui dan belum dibeberkan ke publik.

8. Frozen Ark Project.

proyek sains © 2016 brilio.net

Frozen Ark Project adalah proyek yang digunakan untuk menyimpan sample DNA dari hewan-hewan yang ada di dunia. Hingga saat ini jumlahnya sudah mencapai 48.000 sample DNA. Di masa depan, saat teknologi kloning sudah sangat maju, hewan-hewan yang sudah punah bisa diciptakan kembali.