Brilio.net - Mustahil. Mungkin itu satu kata yang bakal keluar dari mulut kamu ketika ada temanmu yang mengaku bisa melihat seseorang meski terhalang oleh tembok. Ya kan?

Namun ternyata kini kecanggihan teknologi bakal mempermudah kamu untuk mengetahui sesuatu yang berada di belakang dinding hanya dengan bantuan Wi-Fi. Lha, kok bisa? Tentu kamu sangat penasaran dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang ini, ya kan?

Sinyal Wi-Fi tersebut telah diuji coba oleh para peneliti, sebagaimana dilansir brilio.net dari SkyNews dan The Odd and Interesting, Rabu (27/1). Peneliti yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah mengembangkan sensor yang mengirimkan sinyal radio melalui dinding. Hebatnya, sinyal radio tersebut bisa mengidentifikasi bentuk orang di balik dinding. Wow!

PERLU KAMU BACA: 'Ghost', teknologi yang memungkinkan benda ditarik ke luar layar

Teknologi ini bekerja dengan memantau sinyal radio, di mana sensor bisa bekerja optimal jika seseorang di balik dinding tersebut berjalan menuju arah sensor, namun jika menjauh maka sulit teridentifikasi. Teknologi ini baru akan meluncur pada tahun ini, dan salah satu fungsinya untuk mendeteksi keadaan darurat seperti memantau keadaan di dalam rumah.

Loading...

Saat ini, sistem ini memang diakui pembuatnya masih belum sempurna. Hasil uji coba sistem ini dapat mengidentifikasi antara lima orang dengan tingkat akurasi hingga 95,7% dan 15 orang lainnya dengan tingkat akurasi hanya 88,2%. Para peneliti juga berhasil mengidentifikasi bagian tubuh di mana seseorang bergerak sambil berdiri sekitar tiga meter.

Proses pengembangannya masih berlanjut hingga saat ini. Peneliti berharap bisa meningkatkan akurasi dan jarak jangkauan yang bisa semakin jauh. Paling tidak, sistem ini sangat bermanfaat untuk sekadar memantau keadaan di dalam rumah.

Buat kamu yang masih penasaran cara kerjanya, simak video di bawah ini dulu deh: