Brilio.net - Kamu pasti mengira hal ini absurd dan terbilang mustahil jika mendengar pernyataan kentut bisa mengantar ke bulan. Hal tersebut berlaku bagi kamu yang menjadi astronot dan baju yang kamu pakai dilengkapi dengan corong untuk menyalurkan kentut kamu keliling luar angkasa. Nah, kenyataannya hal di luar akal sehat ini memang mampu diwujudkan.

Dilansir brilio.net dari PBS Space System, Kamis (28/1). Saat kamu kentut di area hampa udara dan tanpa gravitasi serta menggunakan baju khusus dengan corongan kentut maka dapat menimbulkan dorongan. Namun, kamu butuh waktu yang lama untuk sampai ke bulan karena kentut rata-rata setiap orang adalah 1 gram dalam sehari.

Aneh tapi nyata, kentut mampu mengantarmu terbang ke bulan, wow!

Nah, butuh waktu berapa biar sampai di bulan dengan kentutmu? Menurut PBS Space System, butuh sekitar 300.000 tahun. Alasannya, dengan dengan kentut 1 gram sehari itu sangat sulit mendorong tubuh ke bulan. Kecepatan daya tolak (recoil) yang dihasilkan untuk mendorong tubuh hanya sekitar 15 cm/jam.

PBS Space System merinci penjelasannya dengan berbagai macam kemungkinan yang bakal terjadi di ruang angkasa dan mengkomparasikan situasi bila kamu ingin mendorong tubuh dengan buang air kecil maupun bersin. Anehnya, buang air kecil peluang untuk menjelajahi angkasa hingga ke bulan hampir 700 kali lebih cepat daripada kentut. Hal ini dikarenakan massa dan kecepatan keluarnya lebih besar dan berat.

Loading...

Jika kamu penasaran, simak video penjelasannya berikut: