Brilio.net - Smartphone kini jadi salah satu barang yang susah dipisahkan dari kehidupan kebanyakan orang. Bahkan mulai dari pagi hingga malam menjelang tidur seakan smartphone tak lepas dari genggaman. 

Yups, pasalnya dari satu gadget ini seseorang bisa melakukan banyak hal. Smartphone bisa digunakan untuk chatting, mengambil foto atau video, mengakses media sosial, game, dan banyak lainnya.

Tak lepas dari banyaknya manfaat smartphone tersebut, terkadang pengguna lupa merawatnya. Padahal smartphone bisa saja rusak karena usia pakainya sudah lama. Selain itu ada pula kebiasaan tak disadari yang membuat kerusakan smartphone jadi lebih cepat parahnya.

Nah, kira-kira kebiasaan apa saja yang ternyata bisa merusak smartphone dan apa solusi tepat merawatnya? Yuk, simak ulasan brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/7).

1. Jangan sembarangan instal aplikasi.

Kebiasaan tak disadari merusak smartphone © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Apakah kamu kerap menginstal berbagai aplikasi di smartphone? Mulai kini tinggalkan kebiasaan sembarangan instal aplikasi, ya! Aplikasi yang bukan berasal dari toko resmi seperti Google Play Store, berkemungkinan terserang malware. Kalau sudah dijangkiti virus, smartphone bisa cepat rusak terutama software-nya.

2. Dilarang mencampur smartphone dengan kunci dan dompet.

Kebiasaan tak disadari merusak smartphone © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Smartphone keluaran terbaru memang punya proteksi akan gesekan kunci dan dompet. Tapi jangan terlalu mengandalkannya. Gesekan dalam jangka panjang pasti membuat smartphone gampang lecet. Oleh karena itu, pisahkan kantong untuk menyimpan smartphone ya! Jangan disamakan dengan kantong untuk menaruh dompet atau kunci.

3. Smartphone tahan air dan debu.

Kebiasaan tak disadari merusak smartphone © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Aktivitas di luar ruangan terkadang membuat smartphone terkena cipratan air dan debu. Masalah ini bikin smartphone jadi cepat rusak. Untungnya smartphone Oppo A57 kini memiliki sertifikasi IPX4 dan IPX5. Artinya, OPPO A57 telah lolos dalam uji cipratan air dan tahan dari debu.

Oppo A57 hadir untuk kamu yang mementingkan desain serta kemampuannya dalam menjalankan aktivitas. Demi mendukung penggunaan yang lama, ponsel ini dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai tersebut didukung pengisian cepat hingga 33 Watt SuperVOOC yang mampu menyuplai tenaga lebih dari 50 persen dalam waktu 30 menit.

Kebiasaan tak disadari merusak smartphone © 2022 brilio.net

foto: Oppo.com

Kapasitas penyimpanan internalnya mencapai 64 GB yang dapat diekspansi hingga 1 TB. Sementara itu, smartphone ini juga mengedepankan fitur fotografi yang nggak biasa. Pada sisi kamera telah dibekali fitur Al Portrait Retouching dan 360 Fill Light. Di sisi belakang terdapat dua kamera yakni kamera utama 13MP dan kamera mono 2 MP yang bisa mendukung efek bokeh.

Didesain dengan bodi yang sangat ramping dan elegan, Oppo memiliki dua pilihan warna yang menarik yakni glowing black dan glowing green. Nah untuk pecinta musik, kamu akan dimanjakan dengan speaker stereo ultra linear yang ditandemkan dengan teknologi Dirac 3.0.

Suara speaker diklaim dapat ditingkatkan volumenya hingga 100 persen, jernih, dan bebas dari kebisingan. Makin penasaran dengan fitur-fitur lain dari Oppo A57? Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa klik di sini.

4. Perawatan baterai yang mumpuni.

Kebiasaan tak disadari merusak smartphone © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Disadari atau tidak, baterai HP yang awet ternyata juga karena faktor perawatannya yang mumpuni loh. Misalnya, kamu perlu mengisi daya sebelum benar-benar habis serta mematikan layanan yang tidak perlu seperti Wi-Fi. Sebaiknya jaga baterai tetap dingin dan matikan telepon jika terlalu panas.

5. Selalu update software smartphone.

Kebiasaan tak disadari merusak smartphone © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Malas mengupdate software bisa berakibat buruk pada perangkat smartphone. Sebab, kebiasaan ini bisa membuat smartphone jadi melambat. Updatelah sistem operasi secara rutin demi meningkatkan fungsionalitas serta keamanan dan privasi ponsel.

(brl/lak)

(brl/lak)