Brilio.net - Fenomena hamil sebelum nikah di Indonesia memang menjadi salah satu permasalahan sosial yang cukup serius. Berdasarkan data Komnas Perempuan, pada 2021 terdapat 59.709 permohonan dispensasi nikah, dimana 80% di antatanya adalah kasus hamil di luar nikah.

Hal ini menunjukkan bahwa fenomena hamil di luar nikah di Indonesia masih cukup tinggi, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Salah satu alasan yang menyebabkan fenomena ini adalah karena banyak laki-laki yang tidak bertanggung jawab. Salah satu alasan yang mempengaruhinya adalah faktor budaya dan lingkungan.

Di beberapa daerah, masih ada budaya yang menganggap bahwa kehamilan di luar nikah adalah hal tabu. Hal ini membuat laki-laki yang menghamili pasangannya merasa tidak ingin bertanggung jawab. Hal inilah yang dirasakan pengguna TikTok dengan username @hollabrownsugar_. Lewat unggahannya, ia membagikan kisah bagaimana sang kekasih tidak mau bertanggung jawab atas bayi yang tengah dikandungnya.

hamil sendirian © TikTok

foto: TikTok/@hollabrownsugar_

Dalam postingan tersebut, wanita itu mengisahkan bahwa keberaniannya mendatangi dokter kandungan membuahkan informasi bahwa ada janin di perutnya. Fakta tersebut membuatnya merasa bingung dan sedih. Sebab, beberapa bulan sebelum ini, wanita tersebut sudah putus dengan pacarnya.