Brilio.net - Jagat maya dihebohkan dengan penemuan 'kamar tidur' di dalam saluran drainase Kota Bandung oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Penemuan itu terjadi ketika mereka sedang melakukan pembersihan di sekitar Jalan Dr H Djunjunan, Bandung, Jawa Barat.

Sungguh penampakan yang tidak wajar. Di dalam terowongan gelap yang dialiri air itu terdapat kamar lengkap dengan kasur, bantal, dan beberapa pasang baju yang tergantung. Penampakan itu diunggah oleh Kadis DPU Kota Bandung, Didi Ruswandi @didi_ruswandi pada Selasa (25/8).

Viral penemuan 'kamar' di saluran drainase kota Bandung Instagram

foto: Instagram/@didi_ruswandi

 

 

"SUSAH DIPERCAYA...!
Di kolong drainase Jalan Djoendjoenan," tulis Didi Ruswandi pada unggahannya.

Pada unggahan itu terlihat jelas, sejumlah tali menggantung di langit-langit drainase. Tali-tali itu digunakan untuk menggantungkan sejumlah pakaian.

Dipan diletakkan lebih tinggi dan hampir menyentuh langit drainase agar tidak terkena air. Agar bisa mencapai dipan, diatur beberapa batu seperti jalan setapak.

"Ini drainase jalan Djoedjoenan dipakai buat rebahan, drainase jalannya ya. Gimana nggak nyangkut," ujar seseorang di balik kamera.

Viral penemuan 'kamar' di saluran drainase kota Bandung Instagram

foto: Instagram/@didi_ruswandi

 

Melihat unggahan itu, banyak warganet pula yang tak percaya di dalam sebuah terowongan gelap dan dialiri air itu tampak ada kehidupan. Mereka juga prihatin dengan kejadian ini.

"Perlu kolaborasi sama dinsos juga kayanya pak biar mereka bisa hidup di tempat lebih layak," ujar @mdhiaffa.

"Semiskin ini negara kita ya kang ," kata @regie_marthadinath.

"Masya Allah. Gegara ga ada tempat tinggal, akhirnya tinggal di saluran air... lumayan ceunah ga bayar kost.. kalau hujan langsung ngungsi," tulis @harmailisjuo.

"sedih tapi da kumaha atuh," timpal @vattromax.

Pembersihan saluran drainase menjadi kegiatan rutin yang dilakukan terutama saat mendekati musim hujan. Saluran drainase yang memiliki ukuran besar dan berada di jalanan utama menjadi target pembersihan.

Viral penemuan 'kamar' di saluran drainase kota Bandung Instagram

foto: Instagram/@didi_ruswandi

 

Pada bagian yang dijadikan sebagai 'kamar' tersebut telah ditinggikan menggunakan tanah. Agar air tidak mengalir ke bagian yang ditempati sebagai tempat istirahat itu.