Sang ibu membela diri bahwa satpam tersebut pilih kasih dalam melewatkan kendaraan. Terlihat nada ibu begitu kesal dan sedikit tinggi. Sang satpam terus meladeninya dan benar-benar tidak diizinkan lewat.

Karena perkara ini banyak netizen yang malah menghujat perilaku ibu tersebut. Pasalnya tempat mereka berdebat itu memang bukan jalan umum. Melainkan jalur cluster yang memang tidak semua orang bisa lewat.

lewat cluster © TikTok

foto: TikTok/@cebekeriting5

Jalur cluster adalah jalur yang menghubungkan beberapa cluster perumahan atau permukiman. Cluster perumahan adalah kawasan hunian yang terdiri dari beberapa rumah yang dibangun secara terencana. Jalur cluster biasanya digunakan untuk memudahkan akses penghuni cluster ke berbagai fasilitas umum, seperti sekolah, pasar, atau tempat kerja.

Secara umum, jalur cluster tidak boleh dilalui oleh umum. Hal ini karena jalur cluster merupakan akses pribadi bagi penghuni cluster.

Jalur cluster biasanya dibangun dan dikelola oleh developer perumahan. Regulasi tentang penggunaan jalur cluster di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 20/PRT/M/2016 tentang Pedoman Pengembangan Lingkungan Perumahan.

Video ini pun viral. Hingga Jumat (15/12) malam, video ini sudah menghimpun 11,5 juta penonton. Selain itu terdapat juga 198.600 akun yang memberi like. Sementara ada 17.100 komentar dan kebanyakannya berupa hujatan.

"Ibu bapak tau jalur cluster nggak sih? Ya allah," tulis akun @isnari geram.

"Temen gue yang nggak sekolah aja dibilangin wilayah cluster sekali doang ngerti. Lah ini," tulis akun @muhamaderieliandrian

"Buk itu wilayah cluster. Jadi kalau ada yang keluar masuk pakai mobil itu bisa penghuni di cluster tersebut atau tamu. Itupun di filter dan ditahan," ujar akun @klepon0270 mengajari.

 

 

@cabekeriting5 security yang sangat membagongkan.. mungkin salam pelicinnya kurang kayanya.. #pik2 #managementpik2 #securitytanjungpasir #securitypik2 #bolehlewatasalkenal suara asli - Ghostbumps