Brilio.net - Pianika, juga dikenal sebagai melodika atau keyboard harmonika, adalah alat musik tiup yang memiliki tuts seperti piano dan dimainkan dengan cara ditiup di bagian belakangnya. Alat musik cukup populer untuk pembelajaran musik di sekolah-sekolah dasar dan pemula yang ingin memahami dasar-dasar musik.

Bukan berarti bermain pianika mudah. Ada kesulitan tersendiri dalam memainkannya. Pertama-tama, pemain harus memahami tangga nada yang direpresentasikan oleh tuts. Kedua, yang tak kalah sulit, adalah memahami teknik pernapasan untuk menghasilkan nada yang tepat.

Dengan kata lain, mengombinasikan gerakan tangan di tuts dengan pernapasan bakal sulit banget buat pemula. Tak ayal, ada orang yang mencoba mencari cara mudah buat memainkannya. Misalnya seperti yang diperlihatkan akun TikTok @dioganes420, dilansir brilio.net pada Kamis (14/12).

Trik main pianika ala bocah © TikTok

foto: TikTok/@dioganes420

Dalam video itu, pengunggah memperlihatkan seorang bocah cilik yang memainkan pianika dengan cara praktis. Pertama-tama, ia meniup balon udara terlebih dahulu hingga berukuran cukup besar. Bahkan lebih besar daripada batok kepalanya sendiri.