Pemilik akun sempat menanyakan siapa sosok yang merasuki wanita berkebaya merah itu. Sebelumnya ia ditanya menggunakan bahasa Indonesia, wanita kesurupan menanggapinya dalam bahasa Sunda.

Kesurupan nyai ronggeng © 2022 brilio.net

foto: TikTok/@deramakeup

"Aku panggil Nyai ya?," kata pemilik akun. Menanggapinya, wanita yang tengah tak sadar itu mengiyakan menganggukkan kepala dengan tegas.

Hingga diyakini wanita itu ternyata dirasuki oleh makhluk supranatural Nyai Ronggeng. Dalam legenda, Nyai Ronggeng adalah seorang bunga desa di daerah Kuningan, Jawa Barat. Wanita kesurupan itu bersegera melanjutkan gerak tariannya yang dalam video diiringi dengan lantunan tembang gamelan.

Usai menunjukkan kebolehannya dalam membawakan tarian Jawa, video yang telah ditonton lebih dari 6 juta kali itu sukses bikin heboh netizen. Terlebih saat wanita kesurupan di momen prewedding itu berpamitan.

Nyai Ronggeng yang merasukinya berpamitan dan mengucapkan banyak terima kasih lewat bahasa Sunda. Sang pemilik video kemudian mengunggah ulang di Instagram miliknya. Banyak netizen memberikan komentarnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MUA Salem Brebes (@deramakeup)

 

pamitnya sopan ya kak masyaallah ,” komentar pengguna @vanilllaaaablue.

aura nya beda iya GK sih pas dia nari keliatan cantik banget,” komentar pengguna @ryena37.

Suara nya mirip Inces Syahrini lembut & sopan banget,” komentar pengguna @maganak.

ini si bukan kemasukan ya.. jatuhnya mediasi leluhurnya mungkin,” komentar pengguna @hrismaaprilia.

"Itu namanya mediasi. Orangnya ini sudah terbiasa jadi bisa mengontrol dirinya dgn sgt baik. Banyak kemungkinan: dia turunan bangsawan, atau ada perjanjian leluhurnya utk terus dijagain, & memang dia indigo. Menurutku yang isi adalah wanita bangsawan terhormat di zamannya. Mbak titip salam ya sama calon pengantennya, bilang dari salah 1 puteri kerajaan dari desa jauh," tulis @licensiaborusimbolon

cwenya bisa ngontrol , cowonya mangil nyantai banget lagi,” komentar pengguna @mustikaamalia_.