Brilio.net - Setiap rumah harus didesain dan dirawat sesuai iklim dan cuaca yang melingkunginya. Untuk rumah di dataran tinggi, misalnya, atap tak boleh dipasang terlalu tinggi. Sebaliknya, di rumah yang cuacanya panas, atap dan plafon nggak boleh terlalu rendah. 

Pemilik rumah juga harus hati-hati mendesain rumah supaya beberapa ruang tak dimasuki hewan liar dan mengganggu. Salah satu hewan yang kerap mengganggu dan bisa tinggal di beberapa rumah adalah kelelwar. Ia terutama bisa tinggal di rumah yang kerap dikerubungi serangga dan tinggal di atap yang basah atau lembab.

Jika tidak hati-hati, kelelawar bisa memenuhi rumah dan merusak material rumah dengan kotorannya yang bersifat korosif. Salah satu contohnya dapat dilihat pada video yang diunggah @chudung0044, dilansir brilio.net pada Senin (21/8).

Kuli bongkar genting penuh kelelawar © TikTok

foto: TikTok/@chudung0044

Dalam video tersebut, diperlihatkan dua orang tukang yang hendak membongkar genting rumah. Sebelum membongkar genting itu, ada suara serupa tikus di baliknya. Ternyata, ketika dibuka ada penampakan yang sangat mengejutkan.