Brilio.net - Buat pengendara yang pengin memperbarui motor tapi kepepet, suku cadang palsu kerap jadi solusi. Suku cadang palsu mengacu pada produk yang dibuat dengan tujuan meniru merek dagang terkenal atau produk asli, namun tidak memiliki kualitas dan performa yang sama.

Penggunaan sparepart palsu dapat menimbulkan sejumlah masalah serius pada kendaraan. Salah satunya, penggunaan sparepart palsu dapat mengurangi masa pakai dan performa motor, serta menyebabkan peningkatan biaya perawatan jangka panjang.

Satu hal yang paling penting, spare part palsu juga rentan dari sisi keamanan. Perihal ini patut jadi perhatian, sebab suku cadang palsu biasanya tak melewati pengujian kualitas yang ketat seperti produk asli. Alhasil, ia berpotensi lebih mudah rusak dan menyebabkan kecelakaan.

Pelek palsu bikin apes © TikTok

foto: TikTok/@blackrothom

Kalau tidak percaya, ada baiknya kamu melihat video yang diunggah oleh akun @blackrothom. Dalam video tersebut, pengunggah memperlihatkan motor yang rusak di tengah jalan karena spare part palsu, tepatnya pelek ban.

Efeknya, ban yang ia pakai lepas di tengah jalan. Penampakannya sangat mengenaskan sekaligus kocak. Kehilangan ban, motor itu jadi impoten. Ia bahkan tak bisa didorong saat hendak menepi di pinggir jalan. Perlu beberapa orang yang mengangkatnya hingga motor itu bisa diperiksa di pinggir jalan.

Pelek palsu bikin apes © TikTok

foto: TikTok/@blackrothom