Brilio.net - Tinggal di rumah kontrakan mungkin jadi salah satu pilihan bagi keluarga yang belum memiliki rumah sendiri. Selain bisa menghemat uang karena nggak perlu beli rumah mahal, kamu juga nggak perlu repot karena bisa langsung ditempati. Kamu cukup mencari kontrakan dengan harga yang sesuai budget dan kriteria.

Meski begitu, sebagai penyewa rumah kamu juga nggak boleh semena-mena ketika mengontrak di rumah yang notabene bukan milikmu. Ada hak dan kewajiban yang perlu kamu pahami dan lakukan. Termasuk menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keamanan rumah selama ditempati.

Pihak pemilik rumah juga harus mengantisipasi jika ada penyewa yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai pengalaman buruk mengontrakkan rumah ke orang lain terjadi seperti yang menimpa wanita satu ini. Dilansir brilio.net dari akun TikTok @els260, Sabtu (3/12), wanita ini kaget saat melihat kondisi rumahnya yang ditinggalkan penyewa dalam keadaan tak karuan.

"pengen nangiss rasanya pas liat kondisinya ," tulisnya di keterangan video.

cerita rumah kontrak © TikTok

foto: TikTok/@els260

Dalam video tersebut, pemilik akun memperlihatkan kondisi rumahnya sebelum dan sesudah dikontrakkan. Sebelum disewa selama dua bulan, rumah tersebut tampak bersih, rapi, dan tertata sebagaimana mestinya. Namun setelah dua bulan dikontrakkan ke orang lain, rumah itu malah berakhir mengenaskan.