Botol-botol minuman kosong menumpuk di lantai yang licin. Selain itu, tempat tidur terlihat sangat kotor dan rusak. Kondisi kamar mandi juga terlihat sangat buruk, dengan pakaian kotor yang menggunung dan air terus mengalir dari keran yang menyala.

Penampakan miris kamar kos penuh sampah TikTok

foto: TikTok/@martasiahaan98

Ketika mendapati penghuni kamar ada di dalam, sang pemilik kos pun mengungkapkan keterkejutannya.

"Kamu apa maksudnya ini? Hah? Apa maksudnya kaya gini ni?!," ujar pemilik kos sambil merekam dengan ponselnya yang dikutip brilio.net, Jumat (6/10).

Penghuni tersebut akhirnya dipaksa untuk keluar dari kamar. Diketahui, sebelumnya wanita itu tidak pernah mau membuka lebar pintu kamar kosnya.

Penampakan miris kamar kos penuh sampah TikTok

foto: TikTok/@martasiahaan98

Dalam keterangan video tersebut, pemilik kos juga menyatakan bahwa penghuni kamar itu biasanya menutup pintu kamar dan enggan mengizinkan siapapun masuk.

Hal ini pun membuat video ini seketika jadi viral dan menuai banjir komentar dari warganet. Terjadi perdebatan di kolom komentar, ada yang sepenuhnya menyalahkan kelakuan nyeleneh dari si penghuni kos. Namun beberapa komentar mencurigai bahwa penghuni kamar ini mungkin menderita hoarding disorder.

Penampakan miris kamar kos penuh sampah TikTok

foto: TikTok/@martasiahaan98

Sejumlah warganet memberikan dukungan dan pemahaman terhadap kondisi ini, mengingatkan bahwa gangguan tersebut adalah masalah kesehatan mental yang serius. Banyak pula yang mengingatkan bahwa hoarding disorder bukanlah tindakan yang disengaja atau ada niat untuk merusak, melainkan lebih merupakan gangguan kecemasan yang perlu mendapatkan perhatian medis.

"Ya Allah itu kondisi kasurnya udah hitam gitu. Keterlaluan banget ya," tulis akun @re.reree.

"Tau ih, apa nggak gatel-gatel badannya? Aku ngeliat sprei kelipet dikit aja nggak nyaman," timpal akun @idahidayati32.

"Gua juga pernah dapat anak kosan modeling gini. Anaknya ganteng padahal, bersih.. kasian punya hoarding disorder jadi kek gitu," tulis pemilik akun @drinkcoffeesocially.

"Nggak banyak orang tau apa itu hoarding disorder. Kesel sih, tapi kalo aku jadi pemiliknya sih wajar kek gitu," tulis akun @niluhaprilianiap3 memberikan empatinya.

"Ya ampun itu miris banget, itu tidurnya gimana coba?! Kalau sudah separah ini sebaiknya ditolong sih," ujar @variskham.

"Astagaa, apa gua juga ternyata hoarding disorder pas skripsian?? tapi males nyapu+mandi aja," tutur @mssfvv.

Diansir brilio.net dari situs kesehatan dan medis nhs.uk, Jumat (6/10), hoarding disorder merupakan kondisi di mana seseorang punya kecenderungan menimbun, menyimpan, dan menyembunyikan barang dalam jumlah yang berlebihan di dalam ruangannya. Barang yang ditimbun seringkali memiliki sedikit atau bahkan tidak ada nilai sama sekali yang malah terlihat seperti sampah.

@martasiahaan98 #kostviral #kostberantakan suara asli - GURU MASA KINI