Brilio.net - Apakah kamu pernah melihat ulat jati? Beberapa orang mungkin bulu kuduknya akan langsung merinding jika bertemu ulat tersebut. Namun tidak seperti seorang ibu di video TikTok ini. Lewat akun @astrissambudy, ia membagikan video yang menunjukkan bagaimana dirinya menemukan ulat jati di rumahnya.

Dalam video tersebut terlihat hal yang luar biasa. Ibu bernama Astris ini menemukan ulat jati yang seakan-akan mengepung rumahnya. Tak tahu jumlah yang pasti, tapi hampir siapapun akan bergidik saat melihatnya. Ulat tersebut berwarna hitam dan jumlahnya mungkin mencapai ribuan. Namun, Astris justru santai merekamnya.

Diketahui, ulat jati yang memiliki nama latin Hyblaea puera adalah salah satu hama utama yang menyerang tanaman jati. Ulat ini berasal dari Asia dan telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

ulat jati © TikTok

foto: TikTok/@astrissambudy

Menurut penelitian dari Departemen Pertanian Republik Indonesia, ulat jati termasuk dalam kelas Insecta, ordo, Lepidoptera, famili Sphingidae, dan genus Hyblaea. Ulat jati memiliki ciri ukuran dengan panjang sekitar 5 sampai 7 cm. Selain itu, ulat ini juga biasanya berwarna cokelat kehitaman dengan garis-garis putih di punggungnya.